cara membuka file null

4 Cara Membuka File Null di Android dan PC

Techs Bright

Banyak yang menganggap null adalah format file yang rusak dan tak bisa mereka buka. Padahal, cara membuka file null cukup mudah dan file tersebut masih bisa Anda gunakan sebagaimana lainnya. Bagaimana langkahnya?

Pembahasan mengenai file null akan Anda temui lebih lanjut pada artikel di bawah ini. Simak sampai selesai!

Apa Itu File Null?

Banyak yang mencari tahu apa itu format berkas null dan bagaimana cara membukanya. Saat Anda menggunakan smartphone, atau membuka berkas smartphone di komputer, Anda akan menemui format file null. Sering kali pengguna memilih untuk menghapusnya tanpa berusaha mencari tahu apa file yang terdapat di baliknya.

Memang, banyak yang keliru menganggap null sebagai pertanda file yang rusak. Oleh karena itulah sistem langsung mengubah formatnya menjadi .null.

Sebagai contoh kasus, Anda akan menemui file yang awalnya berformat gambar seperti .jpg atau .png. Tapi file tersebut corrupt atau rusak sehingga file tersebut berubah menjadi .null. Alhasil, Anda tak dapat membukanya.

Lantas, apakah Anda masih bisa membuka file dengan format null ini lagi? Jawabannya, masih.

File ini rusak karena saat perangkat lunak menemui kesalahan pada file, maka file otomatis menjadi null. Kerusakan terjadi karena beberapa faktor, mulai dari kesalahan program, waktu pemuatan file habis, hingga ketidakcocokan platform.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena file format null ini masih bisa Anda buka, kok. Simak penjelasannya.

Cara Membuka File Null

Ada beberapa cara untuk membuka file berformat null, namun pastikan Anda tahu fomat awalnya. Untuk membuka file null, mula-mula Anda harus ingat format file sebelumnya. Karena pada langkah-langkah selanjutnya, Anda akan kesulitan mendeteksi format awal file tersebut. Tapi jika tidak, Anda bisa mengikuti cara membuka file null seperti penjelasan di bawah ini.

1. Buka Seperti Membuka File Lain

Beberapa pengguna bisa membuka file dengan ekstensi null secara normal sama seperti file lainnya. Ada baiknya cara pertama ini Anda lakukan terlebih dahulu sebelum menggunakan cara lainnya. Anda bisa klik dua kali pada file null atau membukanya dengan klik kanan lalu pilih Open.

Lihat apakah file bisa terbuka atau tidak untuk memastikan perlu tidaknya menggunakan cara lainnya. Namun, jika cara pertama ini tidak berhasil, perangkat Anda tidak kompatibel membuka berkas format null ini. Cobalah cara selanjutnya.

2. Buka File Null dengan Aplikasi

Sebagian besar pengguna smartphone akan menemukan file null dalam perangkatnya dan bisa membukanya dengan aplikasi. Gunakan aplikasi yang tepat untuk melihat file null tersebut. Tapi, untuk yang ini, Anda harus tahu apa jenis file awalnya sebelum berubah menjadi null.

3. Buka File Null Lewat Notepad

Ini adalah cara membuka file null paling mudah dan Anda bahkan langsung mengetahui format aslinya. Namun, untuk membuka null menggunakan langkah  ini, sebaiknya Anda menggunakan laptop atau komputer. Jika file null itu ada di HP, silakan pindahkan terlebih dahulu ke perangkat PC Anda untuk memudahkan.

Jika sudah, berikut langkahnya:

  • Klik kanan pada file null.
  • Pilih opsi Open With…
  • Pilih opsi program Notepad. Jika pilihan Notepad tidak Anda temukan, silakan klik menu More Apps.
  •  Klik tombol OK.
  • Selesai!

File null sudah terbuka, tapi Anda hanya melihatnya berupa tulisan. Meski begitu, Anda bisa mengetahui format aslinya dan membukanya dengan cara kedua. Misalnya, formatnya docx, silakan buka dengan Microsoft Word. Begitu juga dengan format png, file null bisa Anda buka dengan Paint.

4. Menggunakan Bantuan Website

Anda juga bisa mencoba bantuan website untuk dapat membuka file berformat null ini. Cara membuka file null dengan website, adalah sebagai berikut:

  • Buka situs fileproinfo.com/tools/viewer/null.
  • Klik tombol Select NULL File.
  • Cari lalu pilih file null. Lakukan browse pada perangkat.
  •  Lewati tantangan Saya bukan robot.
  • Klik tombol Open NULL File. Tunggu proses berlangsung.
  • Selesai.

Situs tersebut akan menampilkan pratinjau file null yang Anda pertintahkan. Langkah ini cocok utuk melihat file null ketika Anda tidak punya PC. Anda bisa buka situsnya untuk lihat file null itu bahkan hanya melalui smartphone.

Itulah 4 cara membuka file null yang bisa Anda coba. Anda bisa memperbaiki file tersebut jika diperlukan, lalu mengembalikannya ke perangkat Anda. Semoga berhasil!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment