Sony Memastikan Fitur Ini Akan Segera Tersedia di PS5

Sony Memastikan Fitur Ini Akan Segera Tersedia di PS5

Sony memastikan fitur Variable Refresh Rate (VRR) akan segera diluncurkan di PlayStation 5 (PS5) dalam beberapa bulan mendatang.

Fitur VRR ini akan menyinkronkan kecepatan refresh layar dengan output grafis PS5 dan mengurangi artefak visual, robekan layar, dan masalah kecepatan bingkai. Sony juga menjanjikan fitur ini juga akan tersedia untuk game yang tidak mendukung VRR.

Sony mengumumkan rencana kehadiran VRR ini saat merilis update software terbaru untuk PS5 dan PS4, seperti dikutip dari The Verge.

Gameplay di banyak game PS5 akan lebih halus karena gambar ditampilkan secara instan, grafik juga tampak lebih tajam dan input berkurang, tulis Sony dalam posting blog resminya.

“Game-game PS5 yang telah dirilis juga akan sepenuhnya dioptimalkan dengan VRR melalui patch game dan game-game masa depan juga akan mendukung VRR sejak diluncurkan,” tambah perusahaan Jepang itu.

Namun, Sony juga telah mengkonfirmasi bahwa pengguna PS5 akan dapat menerapkan penggunaan VRR pada game yang tidak secara resmi mendukung fitur tersebut dan dapat meningkatkan kualitas gambar di beberapa game.

“Jika ini menghasilkan efek visual yang tidak terduga, Anda dapat menonaktifkan opsi ini kapan saja,” jelas Sony. VRR ini seharusnya meningkatkan kualitas gambar untuk game seperti Elden Ring, yang awalnya memiliki masalah performa di PS5.

Sony tidak menyebutkan tanggal pasti kehadiran fitur VRR ini di PS5 dan hanya mengatakan bahwa fitur tersebut akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Sebagai informasi, pada awal Februari lalu, Sony mulai menguji fitur voice command di PS5 dalam tahap beta dan kini fitur tersebut telah sepenuhnya dirilis.

Mungkin Sony akan menguji beta fitur VRR dalam waktu dekat akan dirilis ke publik dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga :  AUDIO+ Menawarkan Berbagai Konten Yang Menyenangkan Dan Menarik

Dalam pembaruan perangkat lunak terbaru untuk PS5 dan PS4 yang tiba pada 23 Maret 2022, Sony telah menambahkan sejumlah fitur baru dan juga memperbarui antarmuka untuk kartu Game Base dan Trophy. Ini juga dilengkapi audio mono untuk headphone.

Khusus untuk pemilik PS5 di Amerika dan Inggris, terdapat fungsi voice command yang bisa diuji untuk membuka game dan aplikasi, serta mengontrol video dan audio yang sedang diputar.