Mengenal Yandex, Search Engine Pesaing Google dari Rusia

Jika kamu sering berselancar internet, pasti sudah tidak asing dengan mesin pencari atau search engine. Pastinya kamu sudah tidak asing dengan mesin pencari sejuta umat yaitu Google. Namun, apakah kamu sudah kenal dengan mesin pencari dari Rusia yaitu Yandex?

Oleh karena itu, sangat keliru jika kamu mengatakan bahwa hanya ada satu mesin pencari di dunia. Bahkan nama Yandex sudah dapat menyaingi keberadaan Google di negara Rusia dan Asia Timur.

Penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang apa itu Yandex? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Mengenal Yandex

Sebenarnya Yandex adalah sebuah perusahaan multinasional yang berasal dari Rusia. Tidak salah jika mengatakan bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan di bidang teknologi terbesar di Rusia.

Sebagai perusahaan teknologi terbesar, ada banyak layanan yang diberikan olehnya. Bahkan terdapat lebih dari tujuh puluh layanan yang bisa kamu dapatkan dari perusahaan ini.

Selain mesin pencari, perusahaan ini juga memberikan layanan berupa e-commerce, iklan online, aplikasi seluler, navigasi bisnis hingga transportasi.

Saat ini sudah terdapat lebih dari 30 kantor serta 180 ribu orang yang bekerja di dalamnya. Seluruh kantor dan pekerja tersebut tersebar hingga ke seluruh dunia.

Yandex Image

Sejarah Singkat Yandex

Tahukah kamu bahwa ternyata sejarah Yandex sudah dimulai sejak cukup lama. Awal mula dari perusahaan ini sudah dimulai sejak awal tahun 1990-an. Pada saat itu, pendiri Yandex yaitu Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky membangun perusahaan bernama Arkadia.

Pada tahun 1993, Arkady Volozh dan temannya Ilya Sagalovich berusaha mengembangkan sebuah mesin pencari di internet. Hingga akhirnya mereka mampu mengembangkan sebuah mesin pencari dengan nama Yandex.

Nama ini sebenarnya adalah sebuah singkatan. Kepanjangan Yandex adalah ‘Yet Another iNDEXer’ atau mesin pengindeks yang lain. Nama ini masih bertahan sampai hari ini.

Pada 1997 secara resmi mesin pencari tersebut diperkenalkan kepada masyarakat umum. Saat itu mesin pencari ini dipamerkan di sebuah pameran Softools di Moskwa.

Selain mesin pencari, terdapat beberapa produk teknologi lain yang dikeluarkan perusahaan ini. Contohnya seperti e-commerce, iklan online, aplikasi untuk melakukan navigasi dan lain sebagainya.

Hal ini jugalah yang membuat nama perusahaan ini semakin berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat Rusia. Bahkan Yandex mampu mengungguli Google di Rusia. Sebab beberapa sumber menyatakan bahwa jumlah pengguna Yandex adalah lebih dari 50% di Rusia.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Kerja Artificial Intelligence

Salah satu faktor yang membuat mesin pencari ini semakin banyak digunakan adalah karena smartphone di Rusia tidak lagi menggunakan Google sebagai mesin pencari default sejak 2017.

Ditambah lagi, masyarakat Rusia cukup memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Hal ini membuat mereka bangga untuk menggunakan mesin pencari hasil buatan bangsa mereka sendiri.

Selain di Rusia, mesin pencari ini juga banyak digunakan di negara lain seperti Tajikistan, Kazakhstan dan Belarusia. Hal ini membuat Yandex masuk menjadi salah satu mesin pencari dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Mengenal Fitur Yandex

Sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia, ada banyak fitur Yandex yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah beberapa contoh dari fitur-fitur tersebut.

mengenal yandex

1. Search

Sebagai mesin pencari tentunya Yandex dapat kamu gunakan untuk mencari suatu informasi di internet. Sama seperti Google, kamu cukup menuliskan kata yang hendak dicari dan biarkan mesin pencari ini menemukan hasilnya untuk kamu.

Sama seperti mesin pencari lainnya, kamu harus tepat dalam menggunakan kata kunci ketika mencari sesuatu. Contohnya jika kamu mencari “miniatur rumah” sebaiknya tulis secara lengkap agar mesin pencari lebih memahami keinginan kamu.

Jika kamu hendak mencari resep kopi, sebaiknya tuliskan kata kunci “resep kopi” dibanding hanya menulis “kopi nikmat”. Sebab kata kunci “kopi nikmat” kemungkinan besar akan menampilkan kedai kopi dibandingkan resep kopi.

2. Gambar

Search engine Yandex juga memungkinkan kamu untuk mencari gambar di dalamnya. Oleh karena itu, kamu yang membutuhkan inspirasi gambar bisa memanfaatkan mesin pencari satu ini.

Untuk mencari gambar juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memindahkan tab pencarian ke bagian gambar lalu mengetik kata kunci gambar yang hendak kamu cari.

Tidak perlu bingung jika kamu tidak tahu ingin mencari gambar apa. Sebab pada bagian depan tab gambar, mesin pencari ini menyediakan beberapa kategori pilihan yang bisa kamu klik.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur jenis gambar yang akan ditampilkan. Mulai dari preferensi ukuran, orientasi, tipe, warna hingga jenis file. Hal ini akan semakin memudahkan kamu dalam menemukan gambar sesuai kebutuhan dan keinginan.

3. Video

Selain gambar, kamu juga bisa mencari video melalui mesin pencari ini. Kamu juga cukup menuliskan kata kunci dari video yang hendak kamu cari.

Selanjutnya mesin pencari ini akan mengumpulkan beberapa video dari beragam website.

Pencarian ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari video klik sebuah lagu ataupun potongan highlight sepak bola. Dengan pencarian, kamu tidak perlu repot mengunjungi situs penyedia layanan video untuk menemukan suatu video tertentu.

Baca Juga :  Grab Bikin Peta Digital Sendiri Namanya Grab Maps, Pesaing Google Maps?

4. Yandex Connect

Layanan ini sebenarnya lebih diperuntukkan pada B2B atau bisnis ke bisnis. Sebab layanan ini berusaha menyediakan konektivitas jaringan internet bagi banyak orang secara umum.

Namun, secara pribadi kamu mungkin tidak akan terlalu membutuhkan layanan ini. Tapi jika kamu memiliki bisnis dan membutuhkan jaringan internet, maka bisa melihat layanan ini secara lebih detail.

5. DNS

Yandex juga menyediakan layanan DNS publik secara gratis yang bisa diakses oleh semua pengguna. Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah gratis dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Adanya DNS akan membuat aktivitas kamu selama berselancar di internet menjadi lebih aman. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek layanan ini dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

6. Terjemahan

Mesin pencari ini juga bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan suatu bahasa. Fitur ini sebenarnya mirip dengan Google Translate yang mungkin sudah biasa kamu temui.

Ada banyak bahasa yang bisa kamu terjemahkan menggunakan fitur ini. Namun, tentunya fitur ini akan memberi hasil optimal jika kamu menggunakannya untuk menerjemahkan bahasa Rusia.

7. Berita

Mengetahui berita terbaru sudah menjadi kebutuhan untuk tetap mampu mengikuti perkembangan dunia. Dengan Yandex, kamu bisa mengikuti perkembangan dunia melalui fitur berita.

8. Disk

Fitur ini mirip seperti Drive yang dimiliki oleh Google. Dengan Disk, kamu bisa menyimpan berbagai file mulai dari dokumen, gambar hingga video secara digital.

Cara menggunakan Yandex Disk juga sangat mudah. Kamu bisa mengupload file yang hendak kamu simpan ke dalam Disk.

Tentunya hal ini sangat memudahkan kamu karena akan menghemat penyimpanan di dalam perangkat. Selain itu, kamu juga bisa mengakses file yang kamu simpan kapan saja selama memiliki jaringan internet.

9. Mail

Kamu juga bisa membuat email menggunakan Yandex. Bahkan kamu bisa memilih alamat eksklusif yang membuat email kamu menjadi unik dan terlihat berbeda menggunakan layanan ini.

Ada banyak kelebihan dari fitur Mail ini. Contohnya kamu bisa mengirim file dengan ukuran 1 GB menggunakan email. Jika kamu menggunakan Yandex 360 Premium, kamu bahkan bisa mengirim file hingga 50 GB melalui email.

Yandex juga menawarkan fitur email dengan perlindungan spam. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari email spam yang hanya memenuhi kotak masuk kamu.

10. Taxi

Jika kamu berada di Rusia, maka kamu tidak perlu kebingungan mencari kendaraan umum. Sebab kamu bisa menggunakan salah satu layanan dari Yandex untuk mendapatkan taksi.

Fitur ini sebenarnya cukup mirip dengan taksi online yang ada di Indonesia. Yandex akan menjadi penghubung antara kamu dan penyedia jasa taksi. Dengan begitu kamu bisa menemukan kendaraan untuk bepergian dengan lebih mudah.

Baca Juga :  Apple Store Pertama Di Luar Amerika, Ingin Dihancurkan

11. Money

Yandex juga memiliki sebuah fitur yang sangat memudahkan penggunanya terkait pengiriman uang. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan transfer uang dalam jumlah tertentu secara mudah dan cepat.

Bahkan proses pengiriman uang bisa kamu lakukan tanpa adanya biaya tambahan alias gratis. Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu takut akan biaya admin saat berkirim uang.

Kelebihan Yandex

Melihat dari banyaknya fitur, dapat disimpulkan bahwa fungsi Yandex tidak hanya sebatas menjadi mesin pencari. Lebih dari pada itu, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan lain.

Selain banyaknya fitur, masih terdapat beberapa kelebihan Yandex lainnya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Cukup Mumpuni

Hasil pencarian dari Yandex tidak bisa dikatakan jelek. Bahkan banyak orang yang lebih menyukai hasil pencarian dari Yandex dibanding mesin pencari lain termasuk Google.

Oleh karena itu, kamu bisa menemukan beragam informasi yang diperlukan menggunakan mesin pencari ini. Kamu juga bisa mengandalkannya untuk mencari gambar ataupun video secara akurat.

2. Tampilan Menarik

Mesin pencari Yandex memiliki tampilan yang segar dan menarik. Oleh karena itu, bagi kamu yang bosan dengan tampilan Google yang terlalu sederhana bisa coba beralih menggunakan Yandex.

3. Hasil Pencarian Tidak Terbatas

Tahukah kamu bahwa terkadang Google mengaktif safesearch sehingga tidak menampilkan seluruh hal yang ada di internet?

Dengan Yandex, kamu bisa menemukan lebih banyak hal termasuk hasil pencarian yang tidak ada di Google. Hal ini membuat lebih banyak orang lebih senang menggunakan Yandex dibanding Google.

Kelemahan Yandex

Mesin pencari Yandex tentu tidaklah sempurna. Terdapat beberapa kelemahan dari mesin pencari ini yang perlu kamu jadikan catatan jika ingin menggunakannya.

Berikut adalah beberapa kelemahan Yandex yang perlu kamu ketahui.

1. Spesifikasi Perangkat

Bagi yang kamu menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah, kamu akan mengalami sedikit loading ketika menggunakan Yandex. Namun hal ini bukan merupakan masalah bagi kamu yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi menengah ke atas.

2. Cakupan Indeks Data Tidak Sebesar Google

Meski bisa bersaing dengan Google, namun Yandex masih perlu mengakui bahwa cakupan indeks data milik Google lebih besar. Tentunya hal ini akan mempengaruhi hasil pencarian yang bisa kamu temukan.

mengenal yandex

Penutup

Sebagai sebuah mesin pencari, Yandex sudah cukup mumpuni untuk kamu gunakan. Mesin pencari ini juga menawarkan berbagai fitur menarik seperti Disk, Taxi dan Money.

Oleh karena itu, mesin pencari ini bisa kamu jadikan alternatif jika bosan dengan Google.

Silakan kunjungi teknobgt.com jika kamu ingin mendapatkan informasi seputar Yandex dan teknologi lainnya.

Leave a Comment