Rekomendasi 10 Aplikasi Remote PC, Permudah Pekerjaan

Aplikasi remote PC adalah software yang memudahkan kamu untuk mengontrol perangkat dari mana saja secara jarak jauh. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan perangkat meski berada di luar ruangan. Ini sangat membantu terutama jika kamu bekerja sebagai IT support atau kebutuhan pribadi.

10 Aplikasi Remote PC yang Mempermudah Pekerjaan

Ada begitu banyak software yang tersedia. Tapi, daripada kamu harus repot untuk memilihnya sendiri, ada baiknya kamu menyimak rekomendasi aplikasi remote PC terbaik berikut ini. Simak hingga tuntas, ya!

1. AnyDesk

aplikasi remote pc

Aplikasi remote PC jarak jauh ini begitu populer dengan jumlah unduhan hingga sekitar 300 juta kali. Koneksinya cukup sederhana, kamu hanya perlu hubungan komputer client, kemudian beri akses kontrol yang diizinkan.

Selanjutnya, masukkan ID dari komputer host pada client. Secara otomatis, kamu akan masuk ke mode layar penuh. Lewat software ini kamu bisa merekam sesi remote.  Sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan pengarsipan kerja. 

Unduh di sini.

2. TeamViewer

Inilah aplikasi remote PC dari HP yang bisa kamu andalkan. Selain tersedia untuk Android, software ini juga tersedia dalam berbagai versi, seperti Windows, iOS, hingga Linux.

Software gratis ini bisa kamu gunakan secara real time untuk komunikasi dengan pengguna lain. Kemudian, memungkinkan kamu untuk mengirim data, hingga melakukan kegiatan apa saja. 

Unduh di sini.

3. Remote PC by iDrive

aplikasi remote pc

Di sini tersedia beberapa fitur yang berfungsi untuk mengontrol PC jarak jauh secara praktis. Kamu bisa mengakses komputer di tempat berbeda hanya lewat browser saja. 

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Mengedit Foto Menjadi Kartun

Kamu juga mengakses komputer lewat ponsel atau tablet sekalipun. Namun begitu, ada fitur privasi yang memungkinkan agar komputer dapat diakses untuk waktu tertentu. Fitur tersebut juga mencegah seseorang membuka akses terus menerus. 

Lewat software ini, kamu bisa melakukan chat, tukar data, dan masih banyak lagi. Namun, kamu harus membayar untuk mendapatkannya semua fitur di dalamnya. Mulai dari $22,12 hingga paling mahal  $374,6.

Unduh di sini.

4. Join.me

Lewat software, akan memungkinkan kamu melakukan kontrol komputer dengan praktis dan mudah. Kemudian, tersedia dalam versi Android, iOS dan Mac. Tersedia berbagai fitur seperti panggilan, chatting, hingga video call. 

Menariknya, kamu juga bisa melakukan langkah kustomisasi URL melalui aplikasi ini. Yang menjadi kelebihan lainnya, kualitas audio dari aplikasi juga sangat baik. Kamu juga bisa melakukan sharing screen dengan praktis.

Unduh di sini.

5. Chrome Remote Desktop

Jika kamu tidak ingin ribet mengunduh dan memasang software tambahan pada perangkat kamu, maka inilah solusinya. Untuk pengguna setia Google Chrome, maka aplikasi remote PC ringan yang satu sangat ini sangat cocok. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi gratis ini hanya dengan memasang lewat peramban kamu tersebut. Syaratnya, perangkat yang menjadi guest dan host untuk jarak jauh, harus sama-sama memasang peramban tersebut. Kemudian, memasang ekstensinya.

Software ini adalah pilihan dengan fitur yang cukup sederhana. Namun, tidak ada fitur seperti chat atau transfer data antar dua perangkat berbeda. Meski demikian, setidaknya software ini dapat mendukung kontrol perangkat. Baik dari ponsel iOS atau Android kamu.

Unduh di sini.

6. Zoho Assist

aplikasi remote pc

Software remote PC ini tersedia secara gratis dan dapat digunakan untuk penggunaan kepentingan komersial atau individu. Di sini, kamu akan mendapatkan kebebasan dalam mengontrol perangkat kamu secara jarak jauh. Kamu bisa melakukan pemuatan ulang komputer tanpa harus mematikan koneksi remote.

Baca Juga :  Picsart Mod Apk: Keunggulan, Fitur, Cara Download & Instal

Software ini menggunakan basis cloud yang aman. Kemudian mendukung penggunaan ponsel untuk melakukan kontrol. Tersedia paket harga mulai dari $10 hingga $24. 

Unduh di sini.

7. BeyondTrust Remote Support

Sebelumnya, software ini bernama Bomgar Remote Support. Aplikasi remote PC online ini adalah solusi untuk kamu yang butuh dukungan support IT secara cepat.  Fitur di dalamnya termasuk kendali jarak jauh dan berbagi layar, akses tanpa pengawasan, berbagi data hingga kamera. 

Perangkat lunak ini dapat bekerja untuk Windows, Mac, Linux bahkan Android, iOS hingga Chrome OS. Tersedia versi penuh dan trial.

Unduh di sini.

8. LogMein Pro

Jika kamu menyediakan budget, maka aplikasi ini adalah investasi yang bagus. Fiturnya dapat memungkinkan jumlah pengguna yang tidak terbatas. Dengan begitu, kamu bisa bertukar data atau layar untuk siapa saja. 

Semua itu tersedia dalam paket penjualan dengan bonus lisensi LastPass Premium. Fungsinya adalah untuk tata kelola password lebih terpadu dan universal. Setiap akun dan kata kuncinya akan dengan mudah kamu akses secara online dan kamu bagikan ke rekan-rekan. Tersedia beberapa harga yang bisa kamu pilih.

Unduh di sini.

9. Microsoft Remote Desktop 

Microsoft juga punya software untuk kebutuhan kontrol perangkat komputer jarak jauh. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengakses perangkat dari jauh, tanpa harus membayar. Aplikasi remote PC gratis ini dapat kamu gunakan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau 10. 

Namun demikian, perlu kamu perhatikan versi mana yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Windows 8 atau 10 dalam versi Home Edition, kamu bisa kontrol pada perangkat kedua, selama perangkat tersebut berjalan menggunakan Windows 8 atau 10 Pro/Enterprise Edition.

Baca Juga :  Aplikasi Penghilang Gabut Terbaik 2022

Aplikasi satu ini memungkinkan kamu untuk mengakses data di PC kedua. Sehingga, saat kamu sedang berada di luar kota atau bahkan luar negeri, kamu bisa mencetak data yang tertinggal di PC rumah.

Kemudian, aplikasi ini juga mendukung lintas perangkat. Hanya saja, jika kamu mengakses PC dari jarak jauh, orang yang di ujung sana secara otomatis akan keluar dari akses. 

Unduh di sini.

10. Mikogo

Jika kamu sedang mencari alat kontrol perangkat komputer jarak yang memungkinkan untuk berbagi dengan kualitas tinggi, maka ini jawabannya. Ada banyak fitur tersedia di dalamnya. 

Antara lain, peralihan presenter, remote control, papan penulisan, berbagi dokumen, hingga rekam sesi. Maka jika kamu mencari media untuk berbagi layar yang komprehensif, software ini layak untuk kamu coba.

Unduh di sini.

Kesimpulan

Aplikasi remote PC memungkinkan kamu untuk melakukan kontrol atau akses komputer rumah atau kantor dari lokasi yang berbeda. Kemudian, lewat software ini kamu juga bisa mengizinkan orang lain untuk mendapatkan akses ke beberapa atau semua data Anda. Sehingga, seolah-olah mereka duduk di depan PC Anda sungguhan, bukan berada di tempat lain sepenuhnya. 

Beberapa aplikasi di atas bahkan juga diciptakan khusus untuk kebutuhan penggunaan pribadi. Ada pula dengan protokol keamanan yang lebih kompleks dan terperinci, serta fitur luas yang lebih cocok untuk lingkungan korporat. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

Nah, mana kira-kira yang akan kamu pilih? Semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment