Mengenal Teknologi Terkini Melalui Buku Artificial Intelligence

Kata orang, buku adalah jendela dunia. Dari lembarannya pembaca akan dibawa menelusuri sampai ke sudut dunia. Termasuk apabila membaca buku artificial intelligence. Pembaca akan memahami lebih dalam mengenai apa itu kecerdasan buatan.

Mengenal Berbagai Jenis Buku

Ada banyak sekali jenis buku yang dapat seseorang pilih untuk mendukung minat baca mereka. Salah satunya adalah novel. Jenis buku ini berisi prosa dengan unsur ekstrinsik dan intrinsic. Di dalamnya terdapat kisah mengenai kehidupan tokoh bersama berbagai tokoh di sekitarnya.

Apabila seseorang lebih menyukai melihat gambar daripada tulisan, buku komik dapat menjadi pilihan. Urutan gambar di dalam komik menyajikan peristiwa secara berurutan sampai terbentuk sebuah kisah. Bagi sebagian orang membaca komik tidak akan membosankan.

Selain itu, ada pula jenis buku karya ilmiah. Isinya memaparkan tentang laporan tertulis oleh seseorang yang telah memenuhi etika dan kaidah keilmuan yang berlaku. Tak lupa di dalamnya lengkap dengan fakta, data, serta solusi menyangkut sebuah masalah tertentu.

Manfaat Membaca Buku Artificial Intelligence

Buku menjadi sebuah sumber informasi yang dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai banyak hal, sesuai dengan tema buku. Namun, belakangan ini kebiasaan membaca buku justru mulai ditinggalkan. Padahal ada banyak manfaat membaca buku, seperti penjelasan Berita Teknologi Techsbright di bawah ini:

Baca Juga :  Microsoft Store Fix Diperbaiki di Windows 11, Fitur Pembaruan Lebih Baik

1.      Mengusir Stress

Journal of College Teaching and Learning memuat sebuah penelitian yang memberi bukti bahwa dengan membaca buku sedikitnya 30 menit per hari akan membantu penurunan tekanan darah, melepas rasa stres, hingga merendahkan frekuensi detak jantung.

Selain itu, kesehatan mental juga dapat lebih baik dengan membaca buku. Orang dengan gangguan mood hingga penyakit mental terbukti mampu menyingkirkan resiko dan gejalanya hanya dengan menikmati beberapa buku dengan teratur setiap harinya.

2.      Bertambahnya Wawasan

Dengan membaca buku, kepala seseorang akan menerima informasi dan pengetahuan baru. Tentunya kegiatan tersebut akan menambah wawasan bagi sang pembaca. Seseorang dengan pengetahuan banyak akan jauh lebih siap menerima tantangan baru.

Adanya informasi dari buku dapat membuat pikiran pembaca lebih terbuka dan dapat lebih mengenal dunia. Maka dari itu seseorang yang membaca buku dapat mengetahui lebih banyak hal dan informasi daripada orang tanpa bacaan buku.

3.      Tingkatkan Kualitas Memori

Kualitas memori juga dipengaruhi oleh kegiatan membaca buku. Salah satu manfaat dari membaca buku adalah mengembangkan kualitas otak sehingga akan terus terasah. Maka dari itu kemampuan ingatan juga turut meningkat.

Seseorang dengan kebiasaan membaca buku secara tidak langsung akan menempa otak mereka agar lebih kuat. Salah satu dampak baiknya adalah daya ingat akan semakin kuat daripada mereka yang tidak membaca buku. Selain itu, kemampuan fokus juga akan lebih meningkat.

Rekomendasi Buku Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan selalu menjadi pembicaraan menarik untuk dibahas. Seiring berkembangnya waktu, teknologi ini turut serta berkembang. Ada beberapa buku yang dapat menjadi bahan pengetahuan bagi mereka dengan rasa ingin mengenal lebih jauh pada artificial intelligence. Yuk, simak!

1.      Life 3.0: Being Human In The Age Of Artificial Intelligence

Buku karya Max Tegmark ini terbit di tahun 2018. Bukti bahwa buku ini patut menjadi bahan bacaan adalah keberhasilannya masuk ke kategori Book of the Year dalam versi The Times dan The Daily Telegraph. Tak hanya itu, buku ini juga merupakan buku favorit Barack Obama, lho.

Baca Juga :  Generasi Terbaru Apple CarPlay Hadir Dengan Teknologi Yang Lebih Modern

Sang penulis merupakan seorang kosmologis dan fisikawan. Dalam bukunya, Tegmark memisahkan mitos tentang kecerdasan buatan dari realita yang ada. Selain itu, berbagai topik menantang dan pertanyaan seputar artificial intelligence juga ia bahas di sini.

2.      The Fourth Age: Smart Robots, Conscious Computers, And The Future Of Humanity

Terbit tahun 2018, buku ini merupakan hasil karya seorang penulis bernama Byron Reese. Daya tarik dari buku ini adalah opini bahwa kecerdasan buatan memberi dampak sangat besar bagi umat manusia kedepannya.

Di dalam buku ini juga terdapat zaman sebelum datangnya teknologi. Maka dari itu robotika dan kecerdasan buatan menjadi masa transformasi berikutnya. Bagi mereka yang ingin memahami peran artificial intelligence bagi manusia, buku ini cocok menjadi bacaan.

3.      AI Superpowers: China, Silicon Valley And The New World Order

Kai-Fu Lee menerbitkan buku ini di tahun 2019 dengan opini bahwa China mempunyai tingkat pertumbuhan kecerdasan buatan yang hebat. Maka dari itu tak menutup kemungkinan jika China akan menjadi saingan AS terberat dalam masalah teknologi satu ini.

Buku artificial intelligence satu ini memuat persaingan kecerdasan buatan yang terus meningkat untuk kepentingan manusia di masa mendatang. Di dalam buku ini juga terdapat penjelasan mengenai jenis pekerjaan dengan pengaruh kecerdasan buatan terbesar.

4.      Human+Machine: Reimagining Work In The Age Of Ai

Terbit di tahun 2018, H. James Wilson dan Paul Daugherty merupakan penulis dari buku tentang kecerdasan buatan satu ini. Dalam karyanya, mereka membahas mengenai implikasi bisnis artificial intelligence dengan sangat spesifik beserta manfaatnya.

Terdapat gagasan dari buku ini bahwa setiap proses bisnis tentu menggunakan sentuhan artificial intelligence. Setiap bidang bisnis tentu terdapat proses kerjasama erat antara kecerdasan buatan dengan manusia.

Baca Juga :  Apa Tujuan Artificial Intelligence Itu?

5.      Machine Learning For Absolute Beginners: A Plain English Introduction

Bagi pemula yang ingin memahami lebih dalam tentang artificial intelligence, buku ini menjadi solusi tepat. Meskipun pembaca tidak memiliki latar belakang coding ataupun matematika, buku karya Oliver Theobald satu ini tetap akan sangat mudah untuk dipahami.

Di dalamnya secara sederhana terdapat berbagai penjelasan terkait konsep machine learning. Selain itu juga ada teknik lain mencakup clustering, regression analysis, data scrubbing, bias, serta artificial neural networks. Terdapat pula sumber tambahan lain untuk menambah pengetahuan pembaca.

6.      Deep Learning

Melalui penerbit MIT Press, buku ini merupakan hasil karya tiga penulis yaitu Yoshua Bengio, Aaron Courville, dan Ian Goodfellow. Ketiganya merupakan ahli lapangan. Dalam buku berjudul Deep Learning ini terdapat banyak sekali topik mengenai deep learning dan aspek machine learning.

Pemula akan mudah memahami apa itu artificial intelligence ketika membaca buku ini. bagaimana tidak, konsep dasar dijabarkan menggunakan bahasa yang ringan. Ada banyak konsep dalam buku ini, seperti probabilitas, komputasi numerik, convolutional networks, dan lainnya.

7.      Machine Learning (In Phyton And R) For Dummies

Seri Dummies merupakan buku machine learning yang terkenal ramah untuk pemula. Sang penulis, yaitu Luca Massaron dan John Paul Mueller, menjabarkan tentang teori pengantar dan konsep machine learning lengkap dengan bahasa pemrograman dan alatnya.

Ada banyak sekali bahasan dalam buku ini. Mulai dari tata cara penginstalan R di Linux, MacOS, Windows, Data Frame, Vectors, RStudio, Anaconda, Matrix Creaton, dan masih banyak lagi. Buku terbitan For Dummies ini juga dapat menjadi panduan praktis analisis data dan penambangan.

Demikian informasi seputar buku artificial intelligence yang dapat menjadi langkah awal untuk lebih mengenal kecerdasan buatan. Selain itu, memahami teknologi satu ini tentu akan memperluas wawasan pembaca. Selamat membaca!

Leave a Comment