Optimasi Blog Paling Gampang

Cara Optimasi Blog Paling Gampang Untuk Pemula

Techs Bright

Bagi para blogger ataupun content writer tentu sudah tidak asing dengan menulis di website ataupun blog. Salah satu cara optimasi blog paling gampang ialah dengan mengandalkan SEO. Apakah SEO itu? Jadi, SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization. SEO terdiri dari dua kategori yakni SEO on page dan SEO off page.

SEO on page menjadi salah satu optimasi SEO untuk konten yang akan diterbitkan. Cara optimasinya merujuk pada segala faktor yang ada di dalam konten tersebut. Tidak hanya itu saja, kategori ini bisa mengoptimalkan judul dan deskripsi halaman, memperbaiki struktur dan navigasi website, menambahkan keywords dan meta tags, serta memperbaiki kecepatan loading halaman.

Sementara itu, SEO off page bisa mengoptimasi hal-hal di luar website. Contohnya saja, mendapat backlinks dari situs atau website lain, meningkatkan interaksi di media sosial, dan meningkatkan brand awareness.

Kemudian Anda bisa menggunakan teknik SEO ini dengan menerapkan kata kunci atau keyword agar bisa diidentifikasi oleh mesin pencari. Meskipun begitu, SEO pada dasarya bukan hanya melayani Google sebagai mesin saja, melainkan juga manusia yang notabene sebagai entitas utamanya.

Sederhananya, SEO on page bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas konten agar bisa dipahami dan dibaca para pembaca blog maupun website. Selain itu, SEO on page dapat memudahkan mesin pencari agar bisa memahami relevansi dan konteks konten dengan kata kunci yang dicari.

Cara Optimasi Blog Paling Gampang melalui SEO

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara optimasi blog paling gampang ialah dengan menerapkan SEO. Apalagi SEO sangat penting untuk blog maupun website agar bisa meningkatkan visibilitas blog di mesin pencarian. Jika bisa mengimplementasikan SEO dengan baik, maka blog yang Anda buat bisa ditemukan dengan mudah terkait topik yang dibahas.

Oleh karena itu pula, teknik ini bisa meningkatkan traffic di blog atau situs Anda. Nantinya ini akan meningkatkan popularitas hingga pendapatan. Untuk itu, Anda harus mengoptimalkan SEO dengan baik dan benar pada blog ataupun website Anda.

Untuk itu, ada beberapa cara optimasi blog paling gampang melalui SEO, antara lain:

1. Membuat Judul Konten yang Menarik

Untuk mencari sebuah kata kunci pada kolom pencarian Google, maka Anda bisa melihat judul maupun deskripsi konten yang dibuat. Maka dari itu, Anda harus membuat judul semenarik mungkin agar para pembaca menarik minat pada konten Anda.

Content Marketing Institute menyarankan judul dengan tambahan angka menambah performa sebanyak 45 persen dibandingkan tanpa angka.

Namun, bukan berarti semua artikel harus memiliki judul dengan sisipan angka. Masih banyak variasi judul lainnya yang menarik perhatian dengan memaksimalkan SEO on page.

2. Menambahkan Gambar ataupun Video

Tentunya jika artikela atau konten yang Anda buat hanya berisi teks itu akan sangat membosankan untuk para pembacanya. Maka dari itu, pastikan Anda menambahkan setidaknya ada satu atau dua gambar pada artikel atau konten Anda.

Akan lebih bagus jika Anda bisa menambahkan videonya. Bukan tanpa alasan bila adanya video dalam konten tersebut. Menurut Vidyard, artikel dengan video mendapatkan kesempatan 53 kali lebih besar untuk bisa muncul di halaman pertama pada hasil pencarian Google.

3. Meletakkan Focus Keyword pada 100 Kata Pertama

Paragraf pertama juga harus memberikan kesan baik agar menarik minat para pembaca. Anda harus memberikan to the point tentang pembahasan yang ingin disampaikan dalam konten ataupun artikel tersebut. Maka dari itu, dalam 100 kata pertama harus ada focus keyword bila memungkinkan.

Apabila tidak memungkinkan, Anda tidak boleh memaksakan untuk meletakkan focus keyword di paragraph. Intinya, paragraf pertama harus menarik serta jelas pembahasannya dan ini menjadi salah satu optimasi blog paling gampang.

4. Mengoptimalkan Internal Link

Untuk bisa memaksimalkan SEO on page, maka Anda harus mengoptimalkan internal link. Internal link ialah link yang mengarahkan pada konten atau situs lain pada blog Anda. Dengan adanya internal link, para pembaca bisa mudah untuk berpindah dari satu konten ke konten lainnya yang saling berhubungan.

Tidak hanya itu saja, internal link juga bisa membantu mesin pencari untuk dapat memahami konteks serta hubungan antarhalaman ataupun antarkonten.

5. Menyisipkan Outbound Link

Selain internal link, Anda juga bisa menyisipkan outbound link. Pastikan website atau situs yang ingin Anda hubungkan, memang meruapkan sumber rujukan dengan reputasi yang baik.

Outbound link memiliki tujuan untuk menunjukkan bahwa konten atau artikel yang Anda buat itu memiliki sumber yang faktual dan kredibel. Dengan ini pula, konten yang Anda buat juga memiliki topik yang sama dengan situs rujukan tersebut.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment