5 Cara Meningkatkan Baterai Android Kamu Agar Awet dan Tahan Lama

Techbright.com- Cara meningkatkan baterai android penting kamu ketahui agar  baterai ponselmu lebih tahan lama. Salah satu masalah paling umum yang dialami pengguna dengan ponsel mereka adalah masa pakai baterai di bawah standar. Nah, daya baterai yang cepat habis ini tentu sering membuat kita repot, terutama ketika membutuhkan ponsel untuk saat-saat genting.

Kita harus membawa charger setiap saat dan mencari colokan untuk mengantisipasi saat baterai low batt. Padahal, tidak semua tempat yang kita kunjungi punya fasilitas untuk mencharger baterai ponsel. Menyiapkan powerbank pun terkadang tidak cukup untuk mengantisipasi baterai lowbat tiba-tiba.

Meski android masa kini sudah punya kapasitas baterai yang besar, tetapi masa pakai baterai masih masalah banyak orang. Saat baterai ponsel milikmu cepat habis, sebaiknya kamu mencari penyebabnya. Setelah itu, kamu bisa menemukan solusi dari masalah baterai android milikmu. 

Baca juga: Berbagai Cara Download Video Tiktok, Mudah Tanpa Ribet

Penyebab Daya Baterai Cepat Habis

Apakah kamu bingung mengapa baterai android cepat habis? Ada banyak faktor yang membuat masa pakai baterai android menurun, di antaranya:

  • Layar terlalu terang

Penyebab utama baterai android cepat habis adalah pengaturan cahaya layar yang terlalu terang. Menggunakan kecerahan maksimum akan semakin menguras baterai android. Jika memungkinkan, jaga kecerahan layar ponselmu seminimal mungkin untuk menghemat masa pakai baterai.

  • Menggunakan aplikasi latar belakang

Aplikasi latar belakang akan tetap berjalan meski kamu tidak menggunakannya secara langsung. Contohnya termasuk aplikasi VPN, anti-virus, kesehatan, dan kalender. Aplikasi ini memantau atau mengontrol aspek-aspek tertentu dari ponsel milikmu secara otomatis. Sebaiknya, nonaktifkan saja aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan.

  • Menggunakan mode picture-in-picture

Jika kamu menggunakan YouTube Premium, Twitch, atau aplikasi serupa di ponsel, kamu mungkin pernah menggunakan mode picture-in-picture sebelumnya. Mode memungkinkan kamu menonton video atau streaming di kotak tampilan kecil di layar ponsel saat menggunakan aplikasi lain. Menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan seperti ini memang terasa menyenangkan tetapi dapat menguras baterai ponsel.

  • Terhubung internet 24 jam penuh

Tampaknya tidak ada salahnya untuk tetap mengaktifkan Wi-Fi atau data setiap saat sehingga kamu bisa tetap terhubung siang dan malam. Tetapi ini dapat menguras baterai ponsel secara signifikan, karena ponselmu terus-menerus mendapatkan notifikasi, pembaruan latar belakang, dan sejenisnya saat kamu tidak membutuhkannya.

  • Android sudah lama

Ponsel yang sudah terlalu lama biasanya tidak lagi dapat mencapai kapasitas maksimum aslinya, yang dapat menyebabkan baterai cepat habis. Terkadang, terdapat notifikasi khusus pada android jika terjadi penurunan kualitas baterai. Umumnya, ponsel yang sudah berusia lima tahun kerap mengalami penurunan masa pakai baterai.

  • GPS aktif

Aplikasi Gmaps atau GPS memang membantu kita untuk menemukan rute perjalanan saat menjelajahi suatu daera. Meski kita tidak memakai aplikasi ini secara langsung, terkadang Gmaps tetap aktif dan bisa memantau lokasi kita. Pemantauan lokasi yang konstan ini membutuhkan energi dan dapat mengurangi masa pakai baterai ponsel.

  • Terlalu banyak notifikasi

Saat kamu menginstal aplikasi baru di ponsel, kemungkinan besar pengaturan pemberitahuannya akan diaktifkan secara otomatis. Tetapi kamu tidak perlu menerima pemberitahuan dari setiap aplikasi yang ada di ponselmu karena hal itu dapat berdampak buruk pada masa pakai baterai ponsel. Jadi, kamu dapat menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tertentu agar baterai ponsel lebih hemat.

Baca Juga :  6 Aplikasi Android Penghasil Uang Gratis dan Mudah

Baca juga: Cara Menggunakan Mode Pengembang di Android Update 2023

Bagaimana Cara Meningkatkan Baterai Android

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai ponsel. Berikut cara meningkatkan baterai android agar kamu tidak perlu melakukan charging setiap waktu:

1. Aktifkan mode hemat daya

Cara meningkatkan baterai android ini bisa kamu lakukan ketika terjebak dalam situasi di mana kamu membutuhkan baterai ponsel untuk bertahan lebih lama dari biasanya. Caranya hanya perlu menyeting ponsel ke mode hemat daya, yang secara otomatis mengurangi fungsi yang dapat menghabiskan masa pakai baterai.

Untuk menerapkan cara meningkatkan baterai android ini, kamu bisa membuka menu kami Pengaturan> Baterai dan perawatan perangkat, lalu mengetuk entri Baterai. Di bawah bagan penggunaan baterai, kamu bisa mengaktifkan mode hemat daya untuk segera membatasi jaringan, sinkronisasi, dan layanan lokasi, serta menurunkan kecepatan penyegaran layar.

2. Atur layar kunci

Fitur “Always on Display” yang dulu hanya ada di Iphone kini sudah tersedia di Android. Fitur ini memungkinkan informasi dasar, seperti waktu dan tanggal, terlihat di layar saat tampilan dimatikan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatur berapa banyak penggunaan baterai yang diperlukan

Untuk menggunakan cara meningkatkan beterai android ini, kamu perlu membuka Pengaturan> Kunci layar dan nonaktifkan saklar yang ada di menu “Always on Display”. 

3. Tetapkan Waktu Layar Habis (Screen Time Out)

Daya baterai akan semakin cepat habis ketika layar ponsel menyala. Namun, kamu bisa mengantisipasinya dengan mensetting layar ponselmu agar nonaktif lebih cepat. Cara meningkatkan baterai android ini bisa dilakukan dengan, membuka Pengaturan > Tampilan > Waktu tunggu layar, lalu memilih di antara sejumlah opsi, dari 15 detik hingga 10 menit.

4. Matikan penyegaran dan pembaruan aplikasi latar belakang

Aplikasi terus berjalan di latar belakang bahkan saat kamu tidak menggunakannya. Ini tentu saja akan memakan data dan masa pakai baterai dari waktu ke waktu. Kamu dapat menonaktifkan  aplikasi yang tidak digunakan di bawah pengaturan Baterai di perangkat android milikmu.

Pilih Batas penggunaan latar belakang dan aktifkan “unused apps to sleep” atau “tidurkan aplikasi yang tidak digunakan” untuk mencegah aplikasi menghabiskan masa pakai baterai.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, kamu hanya akan menerima pembaruan sesekali dan aplikasi tidak akan berfungsi kecuali sedang digunakan. Jadi, ada kemungkinan pembaruan aplikasi tertunda. 

5. Matikan layanan lokasi

Layanan lokasi adalah fitur di android yang memungkinkan aplikasi mendeteksi di mana kamu berada dengan memberikan lokasi persis kamu berada. Sayangnya, fitur ini dapat menguras baterai ponsel dengan cepat. Salah satu cara efektif untuk menghemat daya baterai pada ponsel cerdas adalah dengan menonaktifkan fitur tersebut. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan > Lokasi.
  • Nonaktifkan layanan pengaturan lokasi dengan mematikan saklar di bagian atas layar. Kamu juga dapat mengetuk Izin aplikasi untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan layanan lokasi dan mematikan setiap aplikasi satu per satu. 

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Ngebut dan Anti Lemot

Itulah cara meningkatkan baterai android yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Tidak bisa kita pungkiri baterai android menjadi hal krusial. Sebab, penggunaan android sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari.

Saat baterai android cepat habis, aktivitas atau pekerjaan seringkali terganggu. Sebaiknya, kamu juga mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang membuat baterai android milikmu cepat habis sehingga kamu bisa menemukan langkah yang paling tepat untuk memperbaikinya.

Leave a Comment