10 Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Ngebut dan Anti Lemot

Mochamad Ikhwana

Apakah kamu sedang mencari cara mempercepat kinerja android? Yah, andorid yang lemot sebaiknya jangan langsung dibuang atau kamu buru-buru mengeluarkan uang untuk membeli yang baru.

Performa sebuah ponsel pintar atau android bisa semakin melambat seiring berjalannya waktu dan pemakaian penggunanya. Hal ini tentu akan mengecewakan, apalagi jika android milikmu sudah “berumur” atau memiliki hardware yang lawas.

Melihat android yang lemot, terkadang membuat kita tak sabar ingin membuangnya dan segera membeli yang baru. Padahal, mendapatkan perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni membutuhkan kocek yang lebih besar.

10 Cara meningkatkan kinerja android lemot

10 Cara mempercepat kinerja android

Nah, jika kamu punya ponsel android yang mulai lemot, jangan buru-buru membeli yang baru. Lebih baik simpan uangmu dan lakukan dan lakukan cara mempercepat android berikut:

1. Bersihkan data dengan aplikasi Files

Terkadang, android mulai lambat performanya karena banyak data yang tersimpan di dalamnya. Bayangkan saja jika kamu harus berjalan dengan membawa beban yang berat. Tentu kamu tidak bisa melangkah dengan kencang, bukan? Nah, kinerja atau performa android mirip dengan hal tersebut. 

Agar beban media penyimpanan android (storage) semakin ringan dan performa meningkat, kamu bisa mulai membersihkan ponselmu dari data yang tak perlu. Caranya cukup dengan membuka aplikasi Files, lalu mengunjungi menu “Clean” dan pencet atau klik tombol “Clean” yang ada di bagian junk file.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menghapus video atau foto yang tidak diperlukan, file yang sudah kamu unduh, dan aneka file yang memakan memori ponsel. 

Aplikasi files adalah aplikasi untuk membersihkan berakan file atau dokumen “sampah” buatan Google. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat storage atau penyimpanan ponselmu terbebas dari file yang tidak penting.

2. Perbarui OS

Android juga bisa lemot jika sistem operasi yang ada didalamnya masih versi jadul alias belum kamu update. Jadi, pastikan kamu sudah update ke sistem operasi (OS) versi terbaru. OS terbaru juga membantu meningkatkan performa ponselmu.

Untuk memperbarui OS, tergantung pada merek android yang kamu gunakan. Namun, biasanya kamu hanya perlu beralih ke menu Setting, lalu pilih “About Device”, dan klik “Update Software”. Kemudian kamu bisa menekan tombol “Check for Updates”.

Jika menemukan pembaruan, segera unduh dan instal ke android milikmu. Selain memperbaiki performa ponselmu, pembaruan OS juga membawa bermacam fitur baru. Kamu juga bisa segera melakukan update aplikasi agar kinerja aplikasi yang ada di ponselmu tetap kencang.

Baca juga: Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

3. Pasang aplikasi versi “Lite”

Aplikasi populer seperti Line, TiTok, atau Facebook biasanya memiliki versi lite yang lebih ringan.  Versi lite ini memang dirancang untuk mengakomodir android dengan hardware yang minim.

Nah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi versi “Lite” ini agar android milikmu tidak lemot. Untuk mendapatkan aplikasi versi “Lite”. kamu bisa mencarinya di Google Play Store dengan menambahkan kata “Lite” di akhir aplikasi yang kamu inginkan.

4. Restart ponsel

Cara mempercepat kinerja andorois dengan me-restart atau reboot ponsel bisa menjadi cara tercepat dan termudah yang bisa kamu lakukan. Saat ponsel di-restart,  sistem akan menghapus sampah yang ada di RAM dan storage. Tetapi reboot dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan jika Anda menggunakan android dengan minimal RAM 3GB atau 4GB. Kamu juga bisa me-restart ponselmu setidaknya sekali seminggu. Jika menjadi ponsel masih lemot, Kamu bisa tingkatkan frekuensinya menjadi dua hari sekali.

5. Uninstal aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan menghabiskan ruang penyimpanan di android dan dapat menyumbat memori (RAM) jika dijalankan di latar belakang. Jika kamu mengunduh aplikasi yang tidak lagi digunakan, melakukan uninstal dapat meningkatkan kelancaran sistem dan masa pakai baterai.

Ada berbagai cara untuk mencopot pemasangan aplikasi, salah satunya dengan menekan lama ikon aplikasi dan memilih Copot pemasangan atau menyeret ikon tersebut ke prompt pencopotan pemasangan di bagian atas layar. Kamu dapat menghapus cache aplikasi jika tidak ingin menghapus aplikasi. Berikut cara menghapus cache aplikasi:

  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Ketuk Penyimpanan .
  • Ketuk Aplikasi Lainnya .
  • Pilih aplikasi dan ketuk Hapus Cache​​​​​.

Baca juga: 5 Aplikasi Cek Layar HP Terbaik 2023

6. Lakukan reset pabrik

Reset pabrik (factory reset) adalah cara paling mudah untuk mempercepat performa android. Namun, cara ini akan mengembalikan android miliknya seperti setelan awal dan semua data yang ada di dalamnya akan terhapus.

Jika kamu memilih cara ini, buat cadangan data penting terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan factory reset dengan cara mengunjungi menu “System”, kemudian pilih “Reset” dan pilih “Erase all data”.

7. Bersihkan cache aplikasi

Aplikasi seringkali menyimpan data cache agar bisa dibuka cepat/ Seiring waktu pemakaian ponsel. data cache tersbeut aan terus menumpuk dan semakin membesar hingga memenuhi memori android. Jika memori android penuh, maka kinerja android akan melambat.

Agar hal itu tidak terjadi, kamu bisa menghapus cache tersebut dengan mengakses menu setting dan pilih apps. Lalu pilih aplikasi yang menyimpan banyak cache, seperti Facebook. Kemudian pilih tombol “Clear cache”. Kamu juga bisa menghapus cache dengan menggunakan aplikasi seperti Clean master atau CC Cleaner.

8. Hapus widget yang berlebihan

Apakah kamu menggunakan widget ponsel? jika, ya. maka itulah yang membuat android lemot. Memasang widget di ponsel memang memberikan lebih banyak informasi dari aplikasi tertentu atau memberikan sentuhan personal pada ponselmu.

Kamu bisa meningkatkan kecepatan android dengan menghapus semua widget yang tidak diperlukan atau gunakan. Untuk menghapus widget dari layar beranda Android, cukup sentuh dan tahan widget yang ingin kamu hapus, lalu ketuk Hapus dari beranda atau seret ke opsi Hapus di bagian atas layar android milikmu.

Baca juga:  Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas Saat di Cas, Ini Caranya!

9. Nonaktifkan sinkronisasi dan data latar belakang

Android diprogram untuk menyinkronkan data latar belakang sehingga kamu bisa menerima pemberitahuan instan dari aplikasi. Jika kamu menonaktifkan fitur ini, kamu tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi kecuali kamu membukanya. Namun, cara ini dapat menghemat masa pakai baterai dan membantu android bekerja lebih cepat.

Jika kamu ingin mematikan sinkronisasi latar belakang, kamu harus melakukannya satu per satu di setiap aplikasi. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk cepat ini:

  • Akses menu pengaturan
  • Buka Jaringan & Internet
  • Pilih menu Internet
  • Ketuk ikon pengaturan untuk jaringan data seluler 
  • Buka penggunaan data aplikasi
  • Gulir ke bawah dan ketuk setiap aplikasi yang data latar belakangnya ingin kamu nonaktifkan
  • Setelah aplikasi dipilih, gulir ke bawah ke Data latar belakang dan matikan.

10. Periksa malware

Jika kamu telah mencoba semua cara mempercepat kinerja android yang sudah dibahas sebelumnya dan android milikmu masih tidak bekerja dengan cepat, bisa jadi ada malware yang menghantui ponselmu. Untuk mendeteksi dan mencari malware di android, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Ketuk ikon profil atau menu di sudut kanan atas layar 
  • Pilih menu Play Protect
  • Klik scan
  • Jika perangkat mendeteksi aplikasi berbahaya, maka akan muncul opsi untuk menghapusnya.

Nah, itulah 10 cara mempercepat kinerja android milikmu. daripada buang-buang uang untuk membeli ponsel baru, sebaiknya kamu coba cara mempercepat kinerja android yang sudah dipaparkan di atas.

Source : Clario

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment