Cara Memilih Laptop yang Benar: Apa yang Harus Diperhatikan?

Mochamad Ikhwana

Laptop sendiri menjadi salah satu perangkat elektronik yang dapat membantu masyarakat untuk menyelesaikan pekerjaannya secara cepat dan juga fleksibel. Tidak heran penjualan laptop semakin meningkat. Untuk itu ada berbagai cara memilih laptop yang benar.

Apalagi di zaman teknologi yang semakin maju dan tinggi, kebutuhan masyarakat juga semakin banyak. Untuk menunjang itu semua, diperlukan teknologi seperti laptop, handphone, dan sebagainya yang memiliki spesifikasi tinggi.

Namun, yang harus Anda ketahui, semakin perangkat elektronik tersebut memiliki spesifikasi tinggi, maka harganya semakin mahal. Tak jarang jika ada beberapa laptop yang harganya tinggi sehingga membuat masyarakat mencari laptop bekas atau laptop second.

Harganya lebih terjangkau dan masuk akal sehingga masyarakat mampu membelinya sesuai kebutuhan. Akan tetapi, untuk membeli laptop harus juga melihat fitur-fitur yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan.

Cara Memilih Laptop yang Benar dan Tepat

Dari sekian banyak merek laptop yang mumpuni, membeli laptop juga tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui cara memilih laptop yang benar dan tepat.

Lantas, apa saja yang mesti diperhatikan ketika membeli laptop? Hal ini harus Anda ingat dan disimak baik-baik agar tidak salah saat membelinya.

1. Budget

Hal yang wajib Anda perhatikan pertama kali adalah budget yang tersedia. Seringkali beberapa orang ingin membeli laptop yang diinginkan. Sayangnya anggaran yang dimiliki tidak sesuai dengan harga laptopnya.

Maka dari itu, para pengguna pun mau tidak mau harus membatasi pencarian model atau tipe laptop tertentu dan sesuai dengan budget pribadi.

Bila ada tipe laptop yang mirip dengan laptop yang diinginkan dan ternyata harganya jauh lebih murah, maka langsung beli. Jadi para pengguna tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli laptop yang mahal.

Jangan lupa ketika sudah menentukan budget, carilah laptop dengan berbagai fitur yang sesusai kebutuhan dan juga spesifikasi yang mumpuni.

2. Layar

Layar laptop juga hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli laptop. Terutama mengenai resolusi layar hingga ukurannya.

Dilansir Lifewire, ada berbagai macam ukuran layar laptop, mulai dari 18 inci, 17 inci, 16 inci, 15 inci, dan berbagai ukuran lainnya. Secara umum, layar laptop yang paling digemari rata-rata berukuran 13 inci.

Untuk resolusi layar sendiri juga ada bermacam-macam yakni Full HD (1920×1080), 4K Ultra HD (3840×2160), hingga WXGA (2560×1600). Anda harus memilih dua hal itu yang bisa menunjang pekerjaan Anda.

3. Sistem Operasi

Hal yang harus diperhatikan lagi dalam memilih laptop adalah sistem operasi. Ada berbagai model laptop dengan sistem operasi yang berbeda. Ada tiga jenis sitem operasi yang perlu Anda ketahui yakni Windows OS, ChromeOS (Chromebook), dan MacOS (Macbook).

Nantinya software yang ada di laptop ditentukan oleh sistem operasi yang akan Anda gunakan. Harus diingat, jika Anda lebih sering menggunakan banyak aplikasi yang ada di Windows OS, sudah pasti laptop dengan Windows OS lebih cocok untuk dipilih.

4. RAM

Cara memilih laptop yang benar selanjutnya adalah RAM. RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory. RAM memuat berbagai macam kapasitas untuk bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus sehingga bisa multitasking. Biasanya kapasitas suatu laptop cukup besar yakni 8 GB.

5. GPU dan CPU

CPU (Central Processing Unit) atau prosesor bisa menjadi pertimbangan ketika membeli laptop karena semua aktivitas laptop dieksekusi lewat CPU. Jika ingin bermain game dan melakukan aktivitas berat lainnya maka Anda harus memerlukan CPU generasi terbaru serta berkecepatan tinggi.

Selain CPU, ada juga GPU (Graphics Processing Unit) atau yang dikenal dengan kartu grafis. Komponen ini berguna untuk memproses data-data grafis yang ada di laptop. Jadi ketika Anda ingin mengedit gambar maupun video secara insentif, maka Anda harus memilih laptop dengan GPU yang terpisah dengan CPU. Hal itu disebabkan laptop tersebut bisa memproses data grafis secara maksimal dan optimal.

Baca selengkapnya 5 Cara Melihat Spek Laptop Secara Detail, Biar Tak Salah Beli!

6.    Kelengkapan Jalur Koneksi

Kelengkapan jalur koneksi atau yang lebih dikenal dengan istilah port, bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih laptop. Harus Anda ketahui, jika kelengkapan port di laptop juga berbeda-beda.

Ada tipe laptop yang mempunyai port HDMI, laptop yang didukung port USB dengan tipe C untuk pengisian daya, dan masih banyak lainnya.

7. Memori Penyimpanan

Untuk memori penyimpanan, Anda juga harus memilih laptop yang memiliki memori penyimpanan yang berkapasitas minimal 256 GB. Selain dari besar kapasitasnya, Anda juga harus memilih jenis memori penyimpanan yang akan digunakan.

Secara umum, jenis memori penyimpanan terdiri dari HDD dan SSD. Bila mempunyai laptop dengan memori penyimpanan berjenis SSD, maka laptop tersebut dapat memuat data dan mentransfer data tersebut lebih cepat. Laptop jenis tersebut lebih baik dibandingkan dengan laptop yang hanya memiliki memori penyimpanan berjenis HDD.

8. Baterai

Hal penting yang harus diperhatikan selanjutnya adalah daya tahan baterai laptop. Pastikan Anda memilih laptop yang menyediakan baterai dengan daya tahan lama serta pengisian daya baterai yang cepat. Itu pun jika Anda sering bekerja di luar ruangan, maka laptop itu menjadi pilihan yang tepat.

9. Bobot Laptop

Kemudian bobot laptop juga bisa menjadi penentuan cara memilih laptop yang benar. Jika Anda selalu bekerja di berbagai tempat, maka Anda harus membeli laptop yang berujuran tipis. Jadi tidak ribet dan tidak berat untuk dibawa ke mana-mana.

10. Tempat Pembelian Laptop

Terakhir, tempat pembelian laptop menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Pastikan Anda membeli laptop di tempat yang terpercaya dan menyuguhkan pelayanan yang terbaik. Sehingga, apabila nantinya laptop Anda memiliki kendala atau kerusakan maka bisa diperbaiki di tempat yang bersangkutan.

Banyak Pertimbangan Mengenai Cara Memilih Laptop yang Benar

Dengan melihat banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih laptop, maka Anda harus mempunyai persiapan yang matang. Alangkah baiknya jika Anda juga mempunyai rencana cadangan atau alternatif lainnya bila laptop yang tersedia tidak sesuai dengan ekspetasi Anda.

Laptop memang menjadi alat essential di zaman yang penuh dengan dunia digital. Di sisi lain, laptop juga membuat Anda pusing dan bingung untuk memilihnya.

Apalagi sekarang bekerja tidak harus berada di kantor dan bsa fleksibel untuk bekerja di mana pun. Jadi, laptop jadi barang yang wajib dimiliki untuk menunjang pekerjaan dan mudah untuk dibawa sehingga gampang untuk mengoperasikannya di mana saja.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa Anda harus teliti dalam memilih laptop sesuai kebutuhan. Bila Anda seorang desainer grafis maka harus membeli laptop yang memiliki fitur-fitur grafis dan spesifikasi tinggi.

Sebelum membeli, pastikan kembali sepuluh pertimbangan tadi sesuai dengan kebutuhan harian Anda. Akan lebih bagus lagi, bila Anda melihat dan membeli langsung di tempatnya supaya langsung dicoba di tempat. Bila sesuai, maka laptop sempurna versi Anda menjadi milik sepenuhnya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment