cara melihat spek laptop

5 Cara Melihat Spek Laptop Secara Detail, Biar Tak Salah Beli!

Mochamad Ikhwana

techsbright.comCara melihat spek laptop – Laptop, komputer jinjing, atau komputer pangku ialah komputer individu yang memiliki ukuran relatif kecil dan enteng. Beratnya sekitar dari 1-6 kg, bergantung dari ukuran, bahan, dan fitur laptop itu. Sumber daya laptop asal dari battery atau adaptor A/C yang bisa dipakai untuk isi ulangi battery dan menghidupkan laptop tersebut.

Battery laptop secara umum bisa bertahan lebih kurang 2 sampai 6 jam sebelumnya terakhir habis. Habisnya battery tergantung dari cara penggunaan, fitur, dan ukuran battery. Laptop kadang disebutkan dengan komputer netbook atau netbook saja.

Sebagai komputer individu, laptop mempunyai peranan yang serupa dengan komputer desktop (desktop computers) secara umum. Elemen yang ada didalamnya persis sama dengan elemen pada desktop, namun ukuran diperkecil, jadi lebih enteng, lebih tidak panas, serta lebih irit daya.

Laptop umumnya memakai monitor LCD (Liquid Crystal Display) memiliki ukuran 10 inch sampai 17 inch bergantung dari ukuran laptop tersebut. Disamping itu, papan tulis yang ada pada laptop terkadang diperlengkapi papan sentuh yang berperan sebagai “alternatif” tetikus. Papan tulis dan tetikus tambahan bisa terpasang lewat socket Universal Seri Bis atau PS/2 bila ada.

Berlainan dengan komputer desktop, laptop mempunyai elemen simpatisan yang dibuat dengan khusus untuk menampung karakter komputer jinjing yang portabel. Karakter khusus yang dipunyai oleh elemen penyusun laptop ialah ukurannya yang kecil, irit konsumsi energi, dan efektif.

Komputer jinjing umumnya harga tambah mahal, bergantung dari merk dan fitur elemen penyusunnya, walau begitu, harga komputer jinjing juga makin dekati desktop bersamaan dengan makin tingginya tingkat keinginan customer. Tetapi, sekarang ini dengan beragam design yang memikat dan modern, laptop jadi lebih enteng dan tipis terhitung dari segi tehnologinya yang semakin hebat.

Sekarang ini, laptop jadi barang yang diperlukan oleh mayoritas orang untuk melakukan aktivitas. Penentuan laptop juga harus disamakan keperluan masing-masing. Untuk tugas enteng seperti belajar atau menulis sudah pasti memerlukan fitur lebih rendah dibanding kegiatan berat sama kelas gaming, programming, analisis data, atau design.

Supaya ketahui sama sesuai tidaknya laptop dengan keperluan setiap orang, kamu dapat memeriksa fitur laptop yang mencakup kecepatan processor, mode, sampai info pabrikasi. Nach, berikut sudah diringkas cara melihat spek laptop dan kemampuannya secara cepat dan mudah.

Jenis-Jenis Perangkat Laptop

Jenis-Jenis Perangkat Laptop

1. Notebook

Komputer jinjing (laptop) ini biasanya memiliki ukuran 10 inch.

2. Netbook

Notebook mengarah ke tipe komputer jinjing yang mempunyai fitur tertentu. Sebuah notebook biasanya memakai processor intel atom. Tipe komputer jinjing ini memiliki ukuran kecil, umumnya dengan monitor di bawah 12 inch dan berat lebih kurang 1 kg.

Notebook mulai terkenal saat Asus keluarkan produk namanya Eee PC. Saat itu, komputer pada harga murah ini memakai harddisk seperti sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk (UFD), dengan kemampuan rendah 4GB.

3. Mainstream

Laptop ini mempunyai ciri-ciri, yakni processor yang dipakai, misalkan Intel Core i5, i3, dan Core 2 Duet, memory minimum 2 GB, mempunyai Drive untuk menulis dan membaca DVD, keyboard memiliki ukuran penuh atau minimal 80% dari lebarnya sendiri.

4. Tablet PC

Piranti ini mempunyai monitor sentuh hingga gampang diputar, dan gampang dibawa kemana-mana. Mulai 2010, piranti ini jadi trend baru. Trend ini dikomandani oleh Apple Inc. yang mendatangkan iPad ke pasaran. Tetapi, ada ketidaksamaan di antara Tablet PC dan iPad, yakni:

  • Tablet PC memakai stylus yang dipakai, dan iPad memakai jari-jemari.
  • Tablet PC ditujukan sebagai laptop yang beda, dan iPad ditujukan sebagai handphone.

Pentingkah Melihat Spesifikasi Laptop?

Pentingkah Melihat Spesifikasi Laptop

Fitur laptop atau komputer ialah deskripsi tehnis mengenai elemen dan kekuatan komputer, dimulai dari kecepatan processor, mode, sampai info pabrikasi. Kecepatan processor umumnya diperlihatkan dalam gigahertz (GHz). Makin tinggi angkanya, makin cepat komputer di dalam bekerja.

Dalam pada itu, Acak Akses Memori (RAM) umumnya diperlihatkan dalam gigabytes (GB). Makin tinggi nilai RAM di komputer, makin bertambah yang bisa dilaksanakan dengan bersama.

Kelihatannya memang ribet untuk tahu fitur laptop. Memang, lalu apa fungsinya? Nach, dibanding ketidaktahuan, akan kami uraikan beberapa faedah dari ketahui fitur laptop kamu. Yok, dibaca baik keterangan berikut!

1. Tidak Salah Beli

Jika misalkan kamu beli laptop lewat cara online, adanya kemungkinan laptop yang terbeli bukan yang kamu harapkan. Kenapa? Walau mempunyai nama mode yang serupa tepat, adanya kemungkinan besaran RAM, kemampuan memory intern, atau tipe CPU-nya berlainan.

Saat uang masih tetap ketahan di rekening bersama, kamu dapat lakukan pengujian fitur laptop saat baru sampai ke rumah. Dengan ini, kamu dapat menyamakan jika fitur di deskripsi penjual sesuai spek aslinya.

2. Tahu Game atau Aplikasi yang Akan Digunakan

Jika kalian seorang gamer, tentu sudah tahu faedah yang ini? Ya, sama seperti yang awalnya telah diterangkan sepintas jika tidak seluruhnya games dapat digerakkan pada PC atau laptop. Masalahnya beberapa games yang di-port dari konsol PS4 atau Xbox ditanggung memerlukan fitur sangar. Misalnya saja seperti Red Dead Redemption 2, Horizon Zero Dawn, dan semacamnya.

Apa yang terjadi jika kalian beli beberapa game itu tanpa tahu fitur laptop? Dapat maka beberapa game itu harus di turunkan resolusinya sampai paling rendah dan penataan grafisnya juga ditata ke lowest. Belum juga jika rupanya saat grafis mentok kiri, frame rate yang didapat cuma sekitar di 20-30 FPS. Bukannya ingin bahagia saat bermain games terkini, yang terdapat justru ingin gigit jemari sampai putus.

3. Tahu Patokan Ketika Mau Ganti Laptop

Kamu telah sekian tahun menabung untuk tukar laptop dan saat ini uangnya telah terkumpul untuk beli laptop sasaran. Ini pantas disyukuri tentu saja, yaitu dengan pastikan laptop yang kamu membeli mempunyai fitur jauh di atas laptop yang saat ini kalian punyai.

Bila tidak paham apapun berkenaan spek laptop yang lama, dapat menjadi saat membeli laptop baru kamu akan bertanya, “Kok performnya sama juga sama seperti yang dahulu?”. Jika sudah ini, kamu juga harus ribet lakukan return (bila memang bisa ). Dibanding uangnya sayang, lebih bagus kenali spek laptop yang lama agar dapat membeli laptop baru dengan kenaikan perform yang worth the wait.

Cara Melihat Spek Laptop

Cara Melihat Spek Laptop

Nach, saat ini kamu sudah mengetahui faedah ketahui fitur laptop? Bila kalian bertanya berkenaan cara yang termudah, tidak boleh cemas! Kami akan sediakan beberapa cara melihat spek laptop yang dapat kalian pilih, samakan dengan opsi masing-masing, ya!

Cara melihat spek laptop tidak susah. Kamu dapat melakukan tanpa memakai internet atau memasang aplikasi apa pun itu, karena semua info dapat disaksikan cuma memercayakan perangkat lunak di mekanisme operasi kamu.

1. Kemasan Kardus

Langkah awal yang dapat kamu kerjakan untuk memeriksa fitur laptop atau PC selengkapnya ialah melihat isi paket kardus PC seperti processor, RAM, dan yang lain. Tetapi, info yang diberi dalam paket kardus memiliki sifat umum, misalkan info merk processor yang diberi kurang detil. Berikut yang membuat kalian tidak ketahui dengan terang berkenaan performa yang diberi oleh processor itu.

Alternative yang lain dapat kamu kerjakan ialah melihat fitur isi pada PC pada internet. Cara melihat spek laptop ini dapat dilaksanakan gampang tanpa melihat isi kardus atau menanyakan ke rekan yang mengetahui berkenaan spek PC.

Kamu perlu menuliskan merk dan type proses atau semacamnya yang ingin dicari dalam kolom penelusuran Google. Sesudah memencet tombol Enter, akan ada beragam fitur dari beragam sumber dan kamu hanya click sumber paling dapat dipercaya yang ingin dijumpai. Website resmi dari produsen RAM dan processor sediakan info yang sah untuk dipahami oleh beberapa customernya.

2. Melalui Properties

Untuk cara melihat spek laptop yang ini, kamu tidak harus memasang aplikasi faksi ke-3 apa. Tinggal turuti beberapa langkah di bawah dan kamu juga bisa melihat informasi-informasi dari fitur laptop.

Awalnya, harus dipahami bila panduan ini berjalan pada mekanisme operasi Windows 10, menjadi untuk kamu yang memiliki versus berlainan kemungkinan mekanismenya juga tidak sama persis. Tetapi, lebih kurang beberapa langkahnya hampir sama.

  • Membuka Windows Explorer atau mungkin dengan menekan gabungan knop Windows + E di keyboard.
  • Saat Windows Explorer ada, click kanan di tulisan This PC dan click menu Properties.
  • Seterusnya, akan ada sebuah jendela yang tampilkan versus mekanisme operasi yang kamu pakai, CPU yang dipasang di laptop (komplet dengan besaran clock speed-nya), ukuran RAM, dan versus bit laptop (64 bit atau 32 bit).
  • Untuk ketahui VGA yang dipunyai laptop kamu, pilih menu Piranti Manajer dari penampilan monitor tadi.
  • Lalu, cari tulisan Display Adapter dan click dalam menu itu. Selanjutnya akan ada info VGA yang ada pada laptop. Jika kamu mempunyai VGA yang terpadu dengan CPU dan VGA tambahan sekalian, kamu akan melihat ke-2 nya di sini.

Tidak susah, kan? Ini ialah cara yang paling sederhana jika kamu cuma ingin melihat fitur laptop secara fundamental. Masih ingin saksikan fitur yang semakin lebih terinci kembali? Turuti cara seterusnya.

3. Melalui DxDiag

Semua versus Microsoft Windows telah ada alat diagnosis untuk tampilkan keseluruhnya fitur laptop/PC secara terinci, namanya DxDiag alias DirectX Diagnostic Tool. Karena ini ialah feature bawaan OS, kamu juga tidak harus lakukan instalasi apa pun itu kembali. Cukup hanya ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • DxDiag tidak tampil jadi shortcut di desktop, juga tidak tampil dalam daftar aplikasi saat simbol Window di-click. Untuk memunculkan, pertama kali click pada lambang kaca pembesar atau magnifying glass di samping simbol Windows.
  • Seterusnya, sebuah jendela antar-muka akan ada. Di sini kamu dapat menuliskan apa, seperti nama file atau aplikasi yang ingin dibuka. Untuk saat ini, tuliskan keyword “dxdiag” seperti gambar di bawah, lalu pencet Enter di keyboard atau click Open seperti pada bawah.
  • Lalu akan ada sebuah jendela yang tampilkan beragam info komplet berkenaan netbookmu. Berikut yang diberi nama DxDiag. Di sini kamu dapat melihat versus mekanisme operasi dan versus bit yang dipakai, ukuran RAM, mode mekanisme, BIOS, processor, versus DirectX, dan sebagainya.
  • Untuk melihat info yang lain seperti GPU on-board dan tambahan, dapat pilih menu Display dan Render.
  • Kalian bisa juga melihat info sekitar driver audio yang dipakai pada tab Sound, dan ketahui peripheral apakah yang “tersangkut” atau dipasang di laptop pada tab Input.
  • Untuk simpan semua info ini berbentuk file.TXT, hanya click Save all information dan pilih folder untuk lokasi file itu.

Usai! Walaupun tanpa aplikasi tambahan, ternyata DxDiag ini cukup hebat dalam tawarkan info fitur dari laptop kamu selengkapnya dan terinci, bahkan juga dengan simpan semua info berbentuk text, kamu langsung bisa mengopinya di aplikasi catatan handphone atau Line KEEP agar dapat dibaca tanpa menghidupkan laptop.

4. Melalui Command Prompt

  • Kamu dapat menuliskan “command prompt” search bar yang ada di menu start windows.
  • Seterusnya, click “command prompt” dan pilih “open”.
  • Tuliskan “systeminfo” dan pencet enter di command prompt. Fitur netbookmu akan ada di dalamnya, seperti memori, mekanisme, RAM, dan mode komputer.

5. Melalui PowerShell

Di bawah ini beberapa langkah yang sudah dilakukan.

  • Kamu dapat menuliskan “Windows Power Shell” search bar yang ada di menu start windows, selanjutnya pilih “open.”
  • Kemudian, tuliskan “Get-ComputerInfo” dan pencet Enter.
  • Kamu juga dapat melihat fitur netbookmu dengan detil.

Sekian ulasan yang kamu sampaikan tentang cara melihat spek laptop dengan benar dan cepat. Semoga dengan membaca artikel diatas kamu sudah tidak bingung lagi untuk memilih laptop mana yang pantas untuk mendukung kegiatan kamu ya… Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment