Aplikasi Untuk Mengedit Foto Menjadi Kartun

Aplikasi Untuk Mengedit Foto Menjadi Kartun

Mochamad Ikhwana

Aplikasi Untuk Mengedit Foto Menjadi Kartun – Anda yang aktif di media sosial seringkali perlu melihat foto profil atau seseorang yang membagikan foto profil yang sudah berubah menjadi kartun. Hal ini akan membuat kesan yang lebih unik dan menarik.

Tapi tahukah Anda bagaimana cara mengubah foto menjadi kartun atau anime? Jika Anda belum tahu caranya, maka Anda bisa menyimak ulasan yang akan kami bagikan kali ini.

Cara mengedit foto menjadi kartun sangatlah mudah. Cukup gunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jika kamu bingung harus menggunakan aplikasi yang mana, tenang saja, karena berikut ini adalah beberapa aplikasi edit foto kartun terbaik yang bisa Anda gunakan.

Efek kartun mungkin menjadi salah satu filter trend dalam aplikasi edit foto. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menggunakan efek ini karena orang dalam foto tersebut berubah menjadi karakter kartun yang lucu.

Aplikasi Terbaik Untuk Mengedit Foto Kartun

Ada sejumlah aplikasi yang dapat Anda gunakan yang dapat memberi Anda hasil terbaik. Jadi, apa saja aplikasinya? Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi edit foto kartun terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto berubah menjadi kartun:

1. Meitu Create Insta Collage & Stories

Aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk mengedit foto menjadi karakter kartun adalah Meitu – Create Insta Collage & Stories. Aplikasi ini memiliki peringkat 4,5 dan memiliki lebih dari 50 juta unduhan di Google PlayStore.

Aplikasi ini juga menyediakan sejumlah filter untuk membuat foto Anda terlihat lebih keren. Bahkan filter kartun yang disediakan di dalamnya, seperti boneka, rumah, arbt dan lain-lain, dapat digunakan sebagai avatar untuk karakter Anda.

Fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini cukup lengkap, apalagi buat Anda yang suka selfie, dengan filter ini Anda bisa menghilangkan jerawat lho. Wow Keren!

Bahkan aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit foto kartun muslimah sehingga dapat digunakan oleh wanita berhijab. Hanya saja penggunaan aplikasi ini harus online atau ada jaringan internet.

2. Prisma Photo Editor

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto menjadi kartun adalah Prisma Photo Editor. Di mana banyak orang menyukai aplikasi ini, bahkan wajib untuk memilikinya di ponsel Anda, lho. Pasalnya, selain mudah digunakan, tidak berbayar atau gratis.

Pilih saja foto,  nantinya filter kartun yang dipilih, foto akan otomatis berubah menjadi karakter kartun yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Filter kartunnya sendiri cukup beragam lho, seperti Mononoke, Dallas, Gothic, dll, yang tersedia secara gratis.

Aplikasi yang memiliki peringkat 4,5, berukuran 8,6 MB dan memiliki lebih dari 50 juta unduhan, menawarkan dua versi. Jika Anda menginginkan database fitur yang lengkap, Anda harus membeli versi premium dalam bentuk langganan bulanan. Jika Anda hanya menginginkan yang sudah ada, versi gratis sudah cukup.

3. PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi desain terbaik yang tersedia saat ini di perangkat Android. Bahkan dengan aplikasi ini, kamu bisa mengedit foto menjadi kartun hanya dengan beberapa klik lho.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa filter menarik yang bisa Anda gunakan, seperti komik, cat air, kartun, dll. Bahkan PicsArt Photo Studio menyediakan berbagai alat dan ratusan filter yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Aplikasi ini juga mampu menyimpan foto dalam resolusi HD. Hanya saja saat menggunakan PicsArt Photo Studio, Anda harus login terlebih dahulu dengan akun Facebook atau Google Anda.

4. MomentCam

Bagi pengguna Android lama, Anda perlu mengetahui aplikasi yang satu ini. Ya, MomentCam adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto menjadi kartun.

Meskipun aplikasi ini telah mengalami banyak pembaruan hingga seperti sekarang ini, MomentCam tetap mempertahankan ciri khasnya dalam foto kartun yang terlihat lucu.

Dalam aplikasi ini Anda akan menemukan berbagai jenis template kartun. Meski ukurannya kecil, hasil yang diberikan tidak akan mengecewakan Anda.

Keunggulan MomentCam adalah ukuran aplikasinya kecil, bisa digunakan oleh semua jenis smartphone Android. Namun, proses mengedit foto menjadi karakter kartun di aplikasi cenderung lebih kaku daripada yang lain.

5. Photo Grid

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto menjadi kartun adalah dengan menggunakan Photo Grid. Meskipun fitur utama dari aplikasi ini adalah aplikasi kolase foto, namun Photo Grid akan tetap menyediakan fitur seperti aplikasi edit foto kartun.

Dengan aplikasi ini Anda dapat memilih berbagai jenis efek seperti komik, cinta, sketsa, 8-bit, dan sebagainya, yang dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan Anda. Hanya saja ponsel Anda harus terkoneksi dengan internet untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna ini memiliki rating yang bagus yaitu 4,7. Hal yang baik tentang aplikasi ini adalah ringan sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan di ponsel Anda.

6. Zepetto

Zepetto merupakan aplikasi edit foto kartun yang dirilis pada tahun 2018, sedangkan Zepetto telah mengalami pembaruan yang cukup banyak.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat avatar 3 dimensi langsung dari foto yang diedit dengan berbagai kustomisasi yang disediakan.

Tidak hanya mengedit foto menjadi kartun, Zepetto juga memiliki sejumlah fitur menarik yang membuat foto Anda terlihat lebih unik, seperti foto avatar untuk Emoji. Ponsel Anda harus terhubung ke Internet untuk menggunakan aplikasi ini.

7. Pixlr

Aplikasi edit foto kartun 3D lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Pixlr. Dimana aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana namun memiliki performa edit foto yang handal.

Anda dapat mengambil gambar secara langsung atau memilihnya dari galeri dan memulai proses pengeditan kartun.

Aplikasi ini juga menyediakan sejumlah filter yang akan membuat foto Anda terlihat keren dan menarik dengan karakter kartun yang Anda pilih, seperti pensil, cat air, poster.

Keunggulan lain dari aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna ini adalah dapat mengoreksi foto, kolase, dll. Hanya saja filter kartun yang disediakan oleh Pixlr tidak selengkap yang disediakan oleh aplikasi lain.

8. Cartoon Photo Editor

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengedit foto menjadi kartun adalah Cartoon Photo Editor. Walaupun aplikasi ini hanya berukuran 12 MB, namun performanya tidak perlu diragukan lagi jika Anda ingin mengubah foto Anda menjadi ilustrasi yang keren dan menarik.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai filter pada slider bawah yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin foto Anda menjadi ilustrasi yang menarik, cukup pilih foto dan filter, maka secara otomatis akan menjadi foto kartun yang bagus.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini selain ukurannya yang ringan tidak memakan banyak tempat di perangkat ponsel mu, juga cocok untuk semua jenis handphone dan fitur yang tersedia dapat digunakan secara gratis secara penuh.

Kesimpulan:

Cara mengedit foto menjadi kartun sangatlah mudah. Cukup gunakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan di atas. Yuk, sekarang coba praktekkan, buat sekeren atau selucu mungkin, lalu share ke jejaring sosial Anda!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment