cara menyalakan komentar di YouTube

Cara Menyalakan Komentar di YouTube

Mochamad Ikhwana

Sebagai kontent kreator, cara menyalakan komentar di YouTube merupakan hal basic namun penting dan wajib untuk diketahui. Perlu diketahui bahwa komentar merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan penonton dalam Platform (YouTube).

Mengaktifkan fitur ini merupakan hal penting agar mudah menikmati konten kanal YouTube, baik untuk content creator maupun para subscribernya. Bahkan kolom ini menjadi salah satu elemen penting, untuk mendongkrak kepopuleran yang diunggah agar viral.

Namun perlu diketahui juga bahwa kolom ini, justru bisa menjadi faktor yang dapat menjatuhkan kepopuleran video. Menanggapi hal ini, pihak YouTube memberikan kebebasan para kreator untuk menghidupkan maupun mematikan kolom pendapat sesuai pilihannya.

Singkatnya, para pembuat konten diberikan keleluasaan untuk dapat memanfaatkan fitur satu ini sebaik-baiknya. Bahkan jika menghendaki, kamu dapat mematikan kolom komentar untuk menghindari ketikan jahat agar tidak ditampilkan bagi anak-anak.

Perlu diketahui bahwa tidak jarang netizen yang memberikan ketikan buruk dalam sebuah video di kanal YouTube. Menghadapi hal ini pihaknya memberi cara menyalakan komentar di YouTube atau mematikan, sesuai kebutuhan penggunanya.

cara menyalakan komentar di YouTube
cara menyalakan komentar di YouTube

Fitur Komentar YouTube, Ini Dia Aturannya

Kamu tentu pernah melihat saat melihat video, beberapa konten kreator memilih menonaktifkan fitur komentar pada channel YouTube mereka. Terlebih jika konten video terindikasi atau berkaitan dengan tontonan anak-anak di bawah umur.

Sebagai contohnya pada tahun 2020, pihaknya menonaktifkan komentar dalam video Vlog aktris asal Korea Selatan Bo-yeong. Hal ini membuat para fansnya merasa kebingungan, padahal Bo-yeong hanya bercerita mengenai hobi baru menanam selada dalam vlognya.

Cara menyalakan komentar di YouTube maupun mematikan, merupakan suatu kebijakan yang dibuat dengan tujuan keamanan bersama. Biasanya yang dinonaktifkan karena ditenggarai sebagai konten anak-anak atau menampilkan anak berusia 10 tahun ke bawah.

Lalu sebaliknya, pertanyaan pasti terbesit apakah kita bisa mengatur kolom komentar di YouTube. Hal ini biasanya dialami oleh siswa/siswi yang harus mengunggah video tugas pembelajaran dalam platform tersebut.

Bisakah kemudian mereka melakukan cara mudah nyalakan komentar YouTube tanpa harus mengirim email terlebih dahulu. Atau menonaktifkannya, agar teman-teman yang lain tidak dapat mengomentari video kamu.

Tidak perlu bingung dan khawatir, hal ini sangat bisa kamu lakukan secara mudah sehingga semakin menjadi penguasa teritorial channel sendiri. Fitur ini dapat kamu pilih sesuka hati, tergantung pada kebutuhan masing-masing sebagai content creator.

Namun jika kamu cukup percaya diri, sebaiknya aktifkan kolom pendapat para penonton agar channel makin berkembang. Fitur ini merupakan Hal paling penting bagi seorang konten kreator, sekaligus memberikan banyak keuntungan nantinya.

Cara Menyalakan Komentar di YouTube dengan Mudah Lewat Smartphone

Komentar buruk yang diberikan netizen, tentu amat mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri sebagai konten kreator. Menghadapi kondisi seperti ini, kamu diberikan kebebasan untuk memilih menyalakan komentar maupun mematikannya. Caranya tergolong mudah, karena bisa kamu lakukan hanya melalui ponsel pintar.

  1. Sebagai langkah pertama kamu hanya perlu mengunduh aplikasi YouTube-Studio pada perangkatmu. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store bagi pengguna Android serta App Store bagi pengguna iOS.
  2. Setelah diunduh buka aplikasinya lalu tekan icon garis 3 di sebelah kiri atas.
  3. Dengan menekan Icon sebelah kiri atas ini, maka pilihan menu selanjutnya akan langsung muncul. Pilih menu video untuk memunculkan ragam pengaturan video yang telah diunggah sebelumnya.
  4. Untuk melengkapi cara menyalakan komentar di YouTube, selanjutnya kamu harus mencari video yang ingin diaktifkan kolom komentarnya. Sebagai langkah mudah, kamu hanya perlu klik judul pada video yang ingin diaktifkan, pilih logo pensil.
  5. Logo pensil berada di sudut kanan atas ponsel, setelah mengkliknya maka akan muncul pilihan selanjutnya. Pilih menu Advance Settings di sebelah menu basic info, ubah pilihan komentar maka menu baru akan terbuka.
  6. Setelah menu baru terbuka, sebagai langkah terakhir pilih menu Allow Comment untuk mengaktifkan atau mematikannya.

Itu dia cara yang bisa kamu aplikasikan dalam aktifkan komentar di YouTube. Cara menyalakan komentar di YouTube maupun mematikan selesai, mudah dan praktis dilakukan hanya lewat HP.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment