Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp Untuk Android dan iOS

Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp Untuk Android dan iOS

Mochamad Ikhwana

Setelah beberapa kali pengujian di versi beta, kali ini dark mode atau mode gelap di aplikasi Whatsapp sudah bisa digunakan untuk semua pengguna. Lalu bagaimana cara mengaktifkan dark mode WhatsApp di smartphone Android atau iOS?

Melalui blognya, pada 3 Maret 2020, Whatsapp resmi merilis pembaruan pada aplikasinya, yakni fitur dark mode/mode gelap yang pertama kali hadir di aplikasi media sosial Instagram. Fitur dark mode ini merupakan salah satu yang paling banyak diminta oleh pengguna WhatsApp di seluruh dunia.

Fitur dark mode di WhatsApp menghadirkan tampilan baru yang bisa lebih berbeda agar Anda tidak bosan dengan tampilannya saat aktif menggunakan aplikasi WA. Di sisi lain, fitur ini juga baik untuk kesehatan mata, karena warna gelap memantulkan cahaya yang lebih rendah sehingga dapat mengurangi kelelahan mata. Nah berikut ini adalah cara mengaktifkan mode tersebut.

Cara mengatur mode gelap WhatsApp Mode Gelap di Whatsapp

Fitur tampilan ini sekarang tersedia untuk aplikasi WhatsApp di Android dan iOS. Tapi kamu perlu cek versi aplikasinya dulu, karena dark mode ini ada di Whatsapp versi 2.20.30, jadi pastikan untuk update aplikasinya terlebih dahulu.

Whatsapp Mode Gelap Android

Bagi pengguna smartphone Android, berikut cara mengaktifkannya:

  1. Buka aplikasi Whatsapp, lalu masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  2. Selanjutnya pilih Chat, dan dari menu tampilan pilih submenu Themes
  3. Nah berikut ini ada 2 pilihan tema, terang dan gelap
  4. Pilih Gelap untuk mengaktifkan fitur mode gelap.

Whatsapp Mode gelap iOS

Kemudian untuk pengaturan aplikasi WhatsApp di iPhone/iOS agar bisa menggunakan fitur dark mode adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  2. Setelah itu pilih Tampilan & Kecerahan
  3. Nah, ini dia pilihan topiknya’
  4. Pilih Dark untuk mengaktifkan fitur dark mode Whatsapp di iPhone.

Cara mengaktifkan dark mode Whatsapp di smartphone Android dan iPhone atau iOS hampir sama, mungkin hanya berbeda dalam penggunaan bahasa, tapi alurnya masuk ke menu setting dan pilih screen atau tampilan.

Begitulah cara pengaturannya, dan mungkin sebagian dari kita menyukai mode ini dan sebagian tidak karena tidak terbiasa dengan tampilan gelap yang ditawarkan fitur ini.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment