cara mengubah exel ke spreedsheet

Cara Mengubah Excel ke Spreedsheet

Mochamad Ikhwana

Saat ini cara mengubah excel ke spreedsheet, dipilih banyak orang untuk melakukan penyelesaian pekerjaan. Meskipun keduanya terlihat sama, Ms Excel dan Google Sheet ternyata memiliki perbedaan yang perlu kamu ketahui.

Google Sheets atau yang lebih dikenal spreadsheet pada dasarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Excel. Namun perlu diketahui G-Sheet merupakan teknologi software terbaru yang lebih memudahkan antar penggunanya.

Pada era teknologi terbaru saat ini, teknologi G-Sheet bisa dikatakan populer dan telah digunakan banyak orang. namun perlu dicatat meskipun memiliki fungsi sama, Ms. Excel dan G-Sheet fitur di dalamnya sangat berbeda.

Tidak heran karena perbedaan fitur yang dimiliki inilah, dokumen yang telah dikonversi biasanya menjadi berantakan. Oleh karena itu perlu cara ubah excel menjadi spreedsheet, agar format dokumen milik kamu tetap rapi sebelum dikirimkan.

Sebagai catatan penting, kamu harus memastikan dan memeriksa kembali dokumen Sheet ke Excel. Kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mengedit dokumen bentuk Ms Excel ke dalam Google Sheet.

cara mengubah exel ke spreedsheet
cara mengubah excel ke spreedsheet

Perbedaan Pengorganisir Dokumen Kerja : Excel dan Sheet

Masih banyak yang mengira bahwa Microsoft Excel merupakan satu-satunya aplikasi pengelola angka dan dokumen kantor. Padahal, ternyata Google Spreadsheet memiliki lebih banyak fitur menarik sebagai penunjang produktivitas pekerjaan.

Aplikasi satu ini memungkinkan kamu untuk mampu berkolaborasi dengan siapapun, kapanpun dan di mana saja. Tidak heran jika kemudian cara mengubah excel ke spreedsheet banyak dicari, karena sangat mudah dibagikan secara online.

Antara Ms-Excel dan G-Sheet, meskipun terlihat memiliki ragam fitur yang hampir sama ternyata terdapat perbedaan. Tahukah kamu bahwa antara keduanya ternyata memiliki beberapa perbedaan mendasar dan perlu diketahui.

Berdasarkan aspek fungsional, sebenarnya Ms-Excel memiliki ragam formula atau rumus yang lebih lengkap. Hal ini sangatlah bermanfaat untuk memudahkan kamu sebagai pengguna, saat membuat formula pada dokumen-dokumen.

Namun pada kasus tertentu G-Sheet jauh lebih mudah, praktis dan fleksibel saat melakukan kolaborasi dan berbagi file antar pengguna. Sehingga para pengguna lain dapat langsung melakukan cara mengubah excel ke spreedsheet dengan mudah.

Kamu dapat langsung edit, berkomentar ataupun memberi saran pada G-Sheet yang telah dibagikan tanpa batasan waktu dan tempat. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas kerja, pekerjaan beres hanya bermodalkan akses internet saja.

Termasuk dari segi biaya, G-Sheet dapat digunakan secara cuma-cuma dengan gratis tidak berbayar. Berbeda dengan Ms-Excel yang hanya bisa digunakan dengan fitur penuh dengan cara membeli atau berlangganan.

Beberapa Cara Mengubah Excel ke Spreedsheet

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan G-Sheet, lalu mendapatkan file dokumen dengan format Ms-Excel hal ini tentu membuat kelimpungan. Terutama bagi dokumen yang cukup kompleks, banyak pekerjaan yang sangat mengandalkan Ms.Excel.

Jawabannya sangat mudah, kamu tentu saja harus merubah format dokumennya terlebih dahulu sesuai yang dibutuhkan. Lalu, bagaimanakah sebenarnya cara mengubah excel ke spreedsheet. Simak tutorial mengedit dokumen secara lengkapnya sebagai berikut.

  1. Cara pertama kamu dapat melakukan konversi file dari Ms-Excel ke G-Sheet secara langsung. Buka website Google Spreadsheet lalu klik pada icon folder, untuk membuka jendela pemilih file dan pindah ke tab upload.
  2. Pilih menu upload lalu drag beberapa file dokumen Microsoft excel dari folder di komputer. Klik tombol pilih file dari perangkat lalu pilih beberapa file sekaligus untuk dilakukan konversi. Maka setelah proses unggah berhasil, file secara otomatis dikonversi G-Sheet.
  3. Tab baru akan muncul berisi dokumen yang berhasil dikonversi sebagai cara mengubah ke spreedsheet. Kemudian kamu sebagai pengguna dapat mengeditnya sesuai kebutuhan dalam aktivitas pekerjaan harian.
  4. Sementara itu jika hendak melakukan konversi file exl melalui Google Drive, kamu hanya perlu memilih file yang akan diubah terlebih dahulu. Klik Kanan dan pilih menu open with > pilih Google Sheets > proses selesai file berubah menjadi G-Sheet.

Sebagai catatan akhir, G-Sheet harus diakses secara online menggunakan paket data internet aktif. Namun demikian cara mengubah excel ke spreedsheet merupakan teknologi terbaik penunjang bisnis kamu di masa depan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment