Bagaimana Mengetahui Bahwa WhatsApp Telah Dibaca Bahkan Dengan Centang Biru Dinonaktifkan

Bagaimana Mengetahui Bahwa WhatsApp Telah Dibaca Bahkan Dengan Centang Biru Dinonaktifkan

Mochamad Ikhwana

Saat Anda sedang terburu-buru atau ada pesan mendesak yang ingin Anda sampaikan melalui WhatsApp, Anda dihadapkan pada situasi di mana orang tersebut menonaktifkan tanda terima baca sehingga tidak muncul centang biru. Lalu bagaimana cara mengetahui pesan WA sudah terbaca meski tanda biru mati?

Ternyata, ada trik yang bisa dilakukan untuk menjawab rasa penasaran Anda. Metodenya sederhana dan patut dicoba. Dilansir Indian Express, Sabtu (9/4/2022) seperti ini langkahnya.

1. Voice Note

Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan langsung masuk ke Obrolan WhatsApp orang yang menurut Anda telah mematikan fitur tanda terima baca. Setelah itu, kirim voice note sebagai bagian dari tes.

Jika seseorang mendengar voice note, ikon mikrofon di VN akan berubah menjadi biru untuk orang yang menerima pesan tetapi tidak membalasnya.

Padahal, cara ini merupakan trik lama yang dilakukan sejak 2018 untuk mengetahui pesan WhatsApp sudah terbaca atau belum saat centang biru dimatikan. Jadi apakah ada cara lain?

2. Gruop WhatsApp

Cara selanjutnya adalah membuat gruop WhatsApp yang berisi Anda dan orang tersebut. Dengan begitu, Anda bisa langsung memantau apakah dia sudah membaca pesan tersebut atau belum. Namun, ada untuk beberapa pengguna yang harus meminta permintaan agar bergabung dengan grup. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa langsung bergabung dengan grup yang Anda buat.

Jika pesan WhatsApp Anda belum terbaca juga, harap bersabar. Ada baiknya Anda langsung menghubungi nomor yang dituju untuk mendapatkan jawaban langsung dari orang tersebut.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment