Tingkatkan iPhoneografi Dengan ProRAW di iPhone 12

Tingkatkan iPhoneografi Dengan ProRAW di iPhone 12

Hal hebat tentang ProRAW adalah gambar yang diambil tidak terkompresi dan Anda mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari sensor ke foto yang disimpan. Ini berarti pengeditan menjadi lebih fleksibel.

Bagi Anda yang menunggu untuk mendapatkan iPhone 12 Pro atau 12 Pro Max, inilah berita menarik lainnya tentang keunggulan format foto RAW yang disebut ProRAW.

ProRaw hadir dengan pembaruan sistem operasi iOS 14.3 yang baru saja dirilis. Format baru ini menawarkan manfaat tradisional dari pemotretan RAW, tetapi juga mencakup pemrosesan gambar iPhone.

Apple ProRAW di iPhone 12 menggunakan format file DNG universal. Apple mengatakan bahwa sebagian besar gambar ProRAW yang diambil pada iPhone 12 Pro berukuran sekitar 25 MB, sekitar 10 kali lebih besar dari HEIF/JPG dan berukuran hingga 40 MB.

Hal hebat tentang ProRAW adalah gambar yang diambil tidak terkompresi dan Anda mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari sensor ke foto yang disimpan. Ini berarti pengeditan menjadi lebih fleksibel.

Dalam hal itu, dukungan warna iPhone ini adalah 12-bit dibandingkan dengan teknologi 8-bit yang ada. Kedengarannya tidak seperti memiliki perbedaan yang besar, tetapi sebenarnya mampu melompat dari 256 warna RGB ke 4.096 warna yang sangat besar.

Namun dengan semua kualitas itu, Anda tetap dapat menggunakan kemampuan pemrosesan foto komputasi Apple yang mengesankan.

Yang terbaik dari semuanya, ProRAW dapat digunakan dengan kamera iPhone 12 Pro/Pro Max apa pun, serta dengan Smart HDR, Deep Fusion, dan Mode Malam. Anda juga dapat memotret/mengedit gambar ProRAW dari aplikasi Kamera/Foto Apple dan aplikasi pihak ketiga seperti Halide.

Namun, ProRAW tidak dapat digunakan dengan Live Photos, Portrait Mode, atau Video. Berikut cara menggunakan ProRAW dengan kamera iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Baca Juga :  Apple Telah Meluncurkan Mouse Ajaib Baru, Dan Ya, Itu Masih Mengisi Daya Dari Bawah

Aktifkan ProRAW di iPhone 12 Pro/Pro Max:

– Ke pengaturan
– Geser ke bawah dan ketuk Kamera
– Pilih format pada bagian atas
– Beralih ke Apple ProRAW

Di Aplikasi Kamera:

– Aplikasi kamera iPhone asli sekarang menunjukkan ikon RAW di sudut kanan atas (kiri atas dalam mode landscape)
– Ketuk RAW untuk mengaktifkan pada foto. Saat diaktifkan, garis diagonal akan menghilang
– Setelah mengambil foto dengan ProRAW, saat melihat gambar, label RAW akan ditampilkan di sudut kiri atas aplikasi Foto
– Ketuk Edit di iPhone untuk mulai bekerja dengan gambar ProRAW segera
– Anda harus menggunakan Foto iCloud untuk menyinkronkan foto ProRAW di semua perangkat Anda
– Jika Anda mulai memotret banyak gambar ProRAW, Anda mungkin perlu meningkatkan paket penyimpanan iCloud Anda (Pengaturan>Tab Nama Anda>iCloud>Kelola Penyimpanan).

Beberapa tips pengeditan ProRAW:

– Edit gambar ProRAW yang diambil dengan iPhone 12 Pro dan Pro Max di iPhone dan iPad dengan iOS/iPadOS 14.3
– Dimulai dengan macOS Big Sur 11.1, Anda dapat mengedit ProRAW di Mac
– Jika Anda siap untuk pengeditan lanjutan, Anda lebih suka menggunakan Adobe Lightroom atau RAW Power
– Dan Halide adalah pilihan iPhone terbaik untuk kontrol lanjutan untuk pemotretan dan pengeditan ProRAW.