smsc update error

Cara Mengatasi SMSC Update Error, Ketahui Penyebabnya

Techs Bright

Saat memasukkan kode SMSC di HP Android, ada kondisi yang membuat pesan SMSC Update Error muncul. Saat itu terjadi, tentu tidak semua pengguna handphone tahu cara mengatasi permasalahan pusat pesan tersebut. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Penyebab SMSC Update Error

Ada tiga penyebab galatnya pembaruan pusat pesan pada ponsel Anda, yakni:

1. Bug pada sistem

Bug ini bisa terjadi pada sistem digital manapun, tak terkecuali SMSC.Maka dari itu, ketika SMSC bermasalah, bisa jadi penyebabnya karena adanya bug atau kerusakan pada sistemnya.

2. Kesalahan penulisan kode nomor

Ketika memasukkan kode SMSC, pastikan Anda mengetikkannya dengan benar untuk mencegah eror.

3. Adanya kesalahan jaringan.

Masalah jaringan juga bisa menyebabkan SMSC galat,sehingga Anda harus memastikan koneksi dalam kondisi baik.

Cara Mengatasi SMSC Update Error

Fungsi SMS Center di ponsel saat ini memang masih tak dapat terpisahkan. Meskipun sudah banyak aplikasi chat yang bisa Anda gunakan, tapi layanan pesan singkat masih punya tempat. Namun, kadang Anda menemui fungsi pesan singkat ini bermasalah, salah satunya tak bisa kirim SMS.

Satu di antara cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengatur nomor SMSC operator. Tapi jika Anda mendapati masalah lain saat mengatur SMSC, terutama jika pembaruan SMSC eror, berikut cara mengatasinya.

1. Restart HP Terlebih Dahulu

Ini adalah cara paling mudah. Saat kode SMSC Anda masukkan tapi gagal, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah restart HP. Restart berfungsi untuk menyegarkan atau refresh HP Anda supaya sistem yang error dapat berjalan kembali normal. Dengan ini, maka SMSC yang sebelumnya galat tersebut biasanya akan bisa Anda masukkan.

Untuk cara mulai ulang di sini seperti yang biasa Anda lakukan. Tekan lama tombol power, lalu pilih restart atau mulai ulang, tunggu beberapa saat sampai ponsel kembali menyala.

2. Cek Nomor SMSC

Jangan memasuukan kode SMSC sembarangan. Nomor SMSC yang Anda masukkan itu harus sesuai dengan operator yang Anda gunakan pada ponsel Anda. Misalnya, Telkomsel, Axis dan XL, Indosat, dan lainnya punya kode SMSC yang berbeda-beda.

Selain itu, ketika Anda mengetikkannya, pastikan benar-benar sesuai, baik dari karakter, angka, maupun simbolnya. Kesalahan sedikit pun akan berpengaruh.

Untuk memasukkan kode SMSC yang benar, Anda bisa membuka halaman kode nomor pusat pesan operator yang Anda gunakan. Setelahnya, tinggal salin dan tempel (copy-paste) sehingga Anda tidak perlu khawatir salah ketik.

3. Masukkan SMSC Lewat Kode Rahasia

Memang, umumnya orang memasukkan kode SMSC melalui aplikasi pesan. Namun ternyata banyak yang belum tahu jikaSMSC bisa Anda masukkan lewat kode rahasia. Cara ini bisa jadi alternatif saat SMSC update error. Berikut langkahnya:

  • Buka menu Dial.
  • Ketik *#*#4636#*#*. Itu Kode Informasi Telepon.
  • Tunggu beberapa saat. Halaman kode rahasia akan muncul. Pada halaman akan muncul Informasi mengenai Telepon 1 (SIM 1) serta Informasi Telepon 2 (SIM 2). Silakan pilih.
  • Gulir sampai bawah sampai Anda dapat kolom SMSC.
  • Isi kode SMSC di kolom tersebut.
  • Klik opsi Perbarui.
  • Restart perangkat Anda.
  • Selesai.

4. Gunakan Aplikasi Pesan Pihak Ketiga

Menggunakan aplikasi pesan pihak ketiga bisa jadi alternatif lain untuk mengatasi SMSC Update Error. Jika Anda memasukkan SMSC ke aplikasi pesan bawaan tapi error, cobalah memasukkannya ke aplikasi pihak ketiga.

Anda bisa mengunduh aplikasi pesan pihak ketiga ini di Google Play Store yang sesuai dengan perangkat. Misalnya, Messages, Chomp SMS, Textra SMS, dan sebagainya.

Jika Anda sudah menginstalnya, cobalah buka aplikasi pesan tersebut lalu buka pengaturan SMS-nya. Masukkan kode SMSC dengan benar.

5. Pastikan Jaringan Stabil

Ketika Anda ingin menerapkan nomor pusat pesan operator ke SMSC, pastikan jaringan dalam kondisi stabil. Kualitas sinyal pada ponsel Anda akan sangat menentukan keberhasilan update SMSC ini. Selain itu, pastikan tidak ada masalah jaringan, seperti SIM tidak ada layanan. MMI tidak valid, atau bahkan IMEI Invalid juga bisa berdampak pada pembaruan SMSC,

Kondisi tersebut di atas secara langsung maupun tidak langsung dapat membuat SMSC gagal update. Jika sudah Anda perbaiki, coba ulang memasukkan kode SMSC dengan benar dan lihat hasilnya.

Itulah cara-cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi SMSC Update Error dengan mudah dan cepat. Anda bisa melakukannya secara mandiri. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment