Apa Hubungan Antara Persatuan dan Keragaman?

Apa Hubungan Antara Persatuan dan Keberagaman?

Berikut ini adalah jawaban yang diverifikasi para ahli untuk pertanyaan Apa hubungan antara persatuan dan keberagaman? Soal Kerja Kelas: 1 SMA Materi: Keberagaman dan Persatuan.

Pertanyaannya:

Apa hubungan antara persatuan dan keberagaman?

Jawabannya:

Hubungan kesatuan dan keberagaman merupakan hubungan sebab akibat. Di mana ada keberagaman, di situ ada potensi untuk membangun persatuan. Karena keberagaman yang berbeda dalam hal agama, ras, suku dan bahasa menyatukan kita.

Penjelasannya:

Membahas tentang kesatuan dan keberagaman merupakan topik penting dalam pembahasan materi tentang bagaimana hidup bersama. Alasannya karena negara seperti Indonesia terdiri dari berbagai latar belakang seperti agama, pendidikan, suku, ras, dan tingkat ekonomi. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang cukup beragam warganya. Setiap warga negara memiliki keberagaman dan keunikannya masing-masing. Dan Indonesia bisa merdeka berkat persatuan. Di sini kita akan membahas berbicara tentang hubungan.

Hubungan antara Bhinneka Tunggal Ika dapat dijelaskan dalam poin-poin berikut:

  • Arti kata persatuan. Kesatuan itu terdiri dari latar belakang yang berbeda dan niat untuk memiliki sesuatu yang sama. Artinya persatuan dapat timbul karena adanya keberagaman. Jika setiap orang memiliki latar belakang yang sama, maka tidak ada yang namanya persatuan.
  • Keanekaragaman berbanding lurus dengan tingkat toleransi. Semakin besar keberagaman, semakin besar tingkat toleransi dan upaya untuk bersatu. Karena keberagaman merupakan kondisi sosial dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan suku, agama dan ras. Indonesia memiliki begitu banyak keberagaman karena kondisi demografis, geografis dan sejarahnya.
  • Persatuan berbanding lurus dengan komitmen untuk mewujudkannya. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menjaga komitmen terhadap persatuan? Komitmen untuk menjaga persatuan ini tergantung sejauh mana kita ingin melangkah sebagai sebuah bangsa. Jika tujuannya baik, diperlukan komitmen bersama.
Baca Juga :  Langkah-Langkah Yang Tepat Untuk Memasukkan Tulisan Seni ke Dalam Dokumen Adalah

Mengapa persatuan begitu penting bagi bangsa Indonesia? Keberagaman yang dimaknai perbedaan ini dapat berarti bahwa potensi konflik yang muncul akan cukup besar. Hal ini terlihat sejak lama Indonesia dijajah oleh Belanda, Portugis dan Inggris karena berusaha memecah belah bangsa Indonesia berdasarkan keberagaman yang ada pada saat itu. Politik memecah belah inilah yang disebut dengan divide et impera. Saat ini banyak pihak yang berusaha memecah belah bangsa Indonesia karena keberagaman yang ada. Seperti keberagaman agama, suku, bahasa dan ekonomi. Melihat ini sebagai bangsa yang besar, kita tidak boleh mudah terprovokasi untuk memecah belah. Selain itu, pada zaman dahulu berkat persatuan, bangsa kita juga bisa merdeka.

Jadi apa hubungan antara persatuan dan agama? Agama adalah bagian dari keberagaman. Indonesia memiliki setidaknya 6-7 agama besar termasuk Konfusianisme dan sekte agama. Salah satu pertanyaan tentang persatuan dan keberagaman adalah apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dan apa yang akan terjadi di Indonesia. Jadi kita juga bisa mengatakan bahwa jika kita bersatu maka kita memiliki kesatuan dalam keberagaman.

Mempelajari:

Semoga jawaban ini cukup. Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam, saya sarankan Anda juga mempelajari yang berikut ini:

  • Arti keberagaman/keanekaragaman.
  • Lima sikap menghargai keberagaman.
  • Pentingnya persatuan dan keberagaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.