Salah Satu Fungsi Bahasa Indonesia Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda Adalah

Salah Satu Fungsi Bahasa Indonesia Yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda Adalah

Mochamad Ikhwana

Salah satu fungsi bahasa Indonesia yang terkandung dalam sumpah pemuda adalah?

Jawaban :

Sebagai bahasa persatuan

Penjelasan :

Salah satu butir Sumpah Pemuda 1928 mengatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Hal ini sangat erat sekali kaitannya dengan perkembangan kepribadian bangsa dan negara Indonesia. Selain itu, bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi antar daerah, antar suku dan masyarakat suku, dan antar budaya Indonesia.

Seiring dengan kemajuan komunikasi, dapat diperkirakan hampir tidak ada bahasa daerah yang luput dari pengaruh bahasa Indonesia. Namun di sisi lain, bahasa Indonesia telah dipengaruhi atau diperkaya oleh bahasa daerah selain bahasa asing. Kontribusi bahasa daerah atau bahasa asing begitu besar sehingga dalam pertumbuhan dan perkembangan bahasa Melayu, bahasa Indonesia akan memiliki karakter tersendiri.

Disclaimer: Ini adalah pembahasan tentang kunci jawaban pertanyaan. Salah satu fungsi bahasa Indonesia yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah sebagai acuan bagi orang tua untuk membantu anaknya belajar.

Jawaban atas pertanyaan praktis ini mungkin bukan kebenaran mutlak, sehingga orang tua dan siswa dapat membangunnya untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar saat mencari jawaban.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment