10 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC Yang Ringan dan Mudah Untuk Digunakan

Di era digital ini, memiliki kemampuan edit foto memang banyak dibutuhkan. Dengan memiliki kemampuan untuk edit foto, maka banyak pekerjaan yang menantimu. Untuk menunjang pekerjaan tersebut, perlu adanya Aplikasi Edit Foto PC.

10 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC

Dengan adanya aplikasi tersebut, maka akan mudah untuk kamu dalam mengedit sebuah foto atau gambar. Untuk mengedit foto, kamu juga perlu PC sebagai device-nya. Nah, setelah memiliki PC, kamu perlu instal aplikasi yang cocok untuk edit foto. 

Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ulasannya!

1. Adobe Photoshop

aplikasi edit foto PC

Aplikasi ini sudah tidak asing lagi. Jika berbicara aplikasi edit foto, yang terlintas di benak kita pasti adalah Adobe Photoshop. Ada banyak seri dari Adobe Photoshop ini, mulai dari seri CS, dan Seri CC. Fitur dari Adobe Photoshop juga terbilang cukup lengkap. 

Fitur terkenal dari Photoshop adalah bisa mengedit background dengan rapi. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk dapat mengubah warna background sesuai dengan keinginanmu. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu perlu membayar dan berlangganan sekitar Rp200 ribu per bulannya. 

Dari segi spesifikasinya, Adobe Photoshop membutuhkan PC dengan spesifikasi prosesor minimal 2 GHz ke atas. 

Untuk RAM kamu perlu minimal 8 GB atau paling aman 16 GB. Sedangkan untuk VGA, pastikan minimal punya memori VRAM sebesar 2GB. Untuk mendapatkan Adobe Photoshop Aplikasi edit foto PC download di sini!

2. Adobe Lightroom

aplikasi edit foto PC

Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi edit foto milik Adobe. Memang, bagi para editor foto pasti mengenal Lightroom sebagai aplikasi pengolah gambar mentah. 

Namun, saat ini, Adobe Lightroom kini menjelma menjadi aplikasi edit foto dengan berbagai macam fitur. Bahkan kecanggihannya sudah hampir menyamai Adobe Photoshop.

Baca Juga :  10 Aplikasi Kasir Android Terbaik untuk Segala Bisnis

Aplikasi ini juga lebih ringan ketimbang Photoshop. Salah satu nilai tambahnya adalah harganya yang lebih murah. Untuk bisa menjalankan Lightroom, kamu perlu PC dengan spesifikasi CPU 3 GHz. RAM yang kamu butuhkan setidaknya minimal 8 GB atau paling bagus 16 GB dengan VRAM minimal 2GB.

Download Adobe Lightroom di sini!

3. DxO Photolab

Aplikasi ini adalah salah satu rekomendasi aplikasi edit foto untuk profesional. Untuk tools-nya memang sangat lengkap dan cocok untuk para profesional. Namun, untuk kamu yang masih baru belajar, rasanya aplikasi ini kurang cocok karena memiliki tools yang lebih rumit daripada aplikasi edit foto lainnya.

Untuk bisa menjalankan DxO Photolab, kamu perlu PC dengan spek minimal menggunakan prosesor Intel Core i5. RAM yang kamu gunakan minimal 8 GB. Dan untuk VGA, kalau bisa pakai VRAM 1 GB lebih agar aplikasi dapat berjalan dengan optimal.

Untuk menjalankan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di sini!

4. Corel PaintShop Pro

Bisa dibilang, Corel merupakan pesaing berat dari Adobe. Untuk aplikasi edit foto, Corel memiliki pesaing berat Photoshop bernama Corel PaintShop. Fiturnya cukup lengkap sehingga cocok untuk para profesional. Salah satu kelebihannya adalah punya harga yang lebih murah ketimbang Photoshop.

Kamu hanya perlu membayar USD 79.99 atau sekitar Rp1,2 juta saja untuk satu kali lisensi yang berlaku selamanya. Aplikasi ini bisa kamu jalankan di PC kamu yang minimal memakai prosesor Intel Core i5 atau AMD Ryzen. Dan, VGA yang kamu butuhkan minimal mendukung DirectX 12.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membeli dan mengunduhnya di sini!

4. GIMP

Dari tadi aplikasinya berbayar terus? Oke Deh kali ini kami rekomendasikan salah satu aplikasi edit foto PC free. Namanya adalah GIMP. Meskipun aplikasi ini gratis, namun kamu bisa menikmati hampir semua fitur dan juga tools berbayar. Jadi cocok banget untuk kamu yang ingin belajar.

Baca Juga :  Aplikasi VSCO Mod Apk: Fitur, Kelebihan, dan Cara Pemasangan di HP Android

Ini juga jadi salah satu aplikasi edit foto PC ringan karena bisa dijalankan di berbagai OS komputer seperti Windows, Linux, dan Mac. Aplikasi edit foto PC free download di sini!

5. Skylum Luminar

Aplikasi ini bisa jadi pilihan edit foto karena memiliki filter sebanyak 45 yang sangat bagus untuk mempercantik fotomu. Tidak hanya filter, tetapi ada berbagai macam tools yang hampir mirip dengan aplikasi berbayar. Terlebih lagi, aplikasi ini juga ringan sehingga cocok untuk segala jenis PC.

Fitur-fitur andalan Skylum Luminar antara lain bisa memperbaiki warna, lens distortion, tone warna, sampai chromatic pada gambar. 

Namun, jika kamu ingin mengedit foto dengan cepat karena deadline, kamu bisa menggunakan fitur automatic correction. Dengan fitur ini, AI akan secara otomatis mengoptimalisasi gambar menjadi lebih cantik secara otomatis.

Canggih banget kan? Jadi, tunggu apa lagi, segera unduh aplikasinya di sini!

6. Cyberlink PhotoDirector

Aplikasi ini cocok sebagai aplikasi edit foto PC untuk pemula karena fitur-fiturnya yang ringan dan mudah semua orang pahami. Sayangnya, meskipun aplikasi ini sangat mudah digunakan, namun beberapa kekurangannya adalah aplikasi ini berbayar.

Kamu perlu membayar USD 50.99 per tahun untuk bisa mendapatkan Cyberlink PhotoDirector. Tidak hanya itu, kamu juga harus punya PC dengan spek minimal yang agak besar untuk bisa menjalankan aplikasi ini. 

Kamu perlu CPU intel seri i3, i5, i7 dan seterusnya. VGA minimal di atas 128 MB. Dan tersedia hanya untuk Windows 7 ke atas.

Untuk bisa membeli dan mengunduhnya, silakan klik di sini!

7. Canva

aplikasi edit foto PC

Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto PC online yang memungkinkan kamu tidak perlu mengunduh aplikasinya, melainkan langsung melakukan kegiatan edit foto di browser-nya langsung. Udah gitu kamu juga bisa mengedit secara gratis sehingga ini jadi salah satu aplikasi edit foto PC gratis terbaik saat ini.

Baca Juga :  Aplikasi Undangan Pernikahan Digital Gratis

Sayangnya, ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses oleh akun yang berbayar. Untuk versi Pro kamu perlu membayar Rp90,000 per bulan. Ingin mulai edit foto? Silakan kunjungi website-nya di sini!

8. Darktable

 

Ini merupakan salah satu aplikasi gratis yang bisa kamu jalankan. Banyak yang bilang, Darktable adalah versi gratis dari Lightroom karena fitur-fitur mereka yang hampir sama persis. 

Di aplikasi ini, kamu bisa mengubah tone warna, menambahkan vignette, masking, dan banyak fitur lagi yang bisa kamu eksplor. Untuk mengunduhnya, cukup klik di sini!

9. PiZap

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sedang dikejar deadline dan membutuhkan edit foto cepat. Ada tools editing dasar, penambahan teks sampai dengan border cocok untuk kamu yang pemula. Untuk bisa mengunduhnya, kamu bisa klik di sini. Ada juga versi Android atau iOs-nya, lho!

10. Affinity Photo

aplikasi edit foto PC

Aplikasi ini punya fitur sunting foto yang cukup lengkap sehingga cocok untuk para profesional. Affinity Photo bisa kamu jalankan di Windows maupun Mac. Hanya saja, aplikasi ini berbayar. Untuk versi Mac bisa kamu beli dengan harga Rp900 ribu dan untuk versi Windows harganya Rp800 ribu. 

Untuk membeli dan mengunduh versi Windows silakan klik di sini! Sedangkan versi Mac silakan klik di sini!

Kesimpulan

Itulah beberapa Aplikasi Edit Foto PC yang bisa kamu gunakan untuk pekerjaanmu. Contoh di atas ada beberapa aplikasi yang berbayar maupun gratis. Jika berbayar, tentu kamu akan bisa menggunakan berbagai fitur tak terbatas. Sedangkan versi gratis pastinya memiliki batasan-batasan tertentu. 

Namun, itu semua tergantung kebutuhanmu. Apabila kamu ingin edit foto untuk konten pribadi, mungkin aplikasi gratis bisa jadi pilihan. Tetapi, jika kamu adalah profesional, mungkin aplikasi berbayar sangat kami rekomendasikan.

Leave a Comment