10 Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik

Di era yang serba canggih ini, pekerjaan apapun terasa lebih mudah dengan bantuan teknologi, tak terkecuali pekerjaan untuk mendesain rumah. 

Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak aplikasi desain rumah pc yang bermunculan. Mungkin kamu bingung untuk memilih, aplikasi manakah yang terbaik buat kamu.

Untuk itu, di artikel ini kami akan merekomendasikan 10 yang terbaik. Apa sajakah itu? Baca artikel ini sampai akhir.

Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik

Selain digunakan oleh para perancang bangunan, aplikasi berikut ini juga bisa digunakan bagi kamu yang mau merancang rumah sendiri untuk menghemat biaya. 

Berikut ini 10 aplikasi desain rumah pc yang bisa kamu gunakan untuk merancang rumah impianmu. 

1. SketchUp Pro

SketchUp ini menjadi alat pemodelan dan desain 3D paling populer di dunia loh. Kamu bisa bikin banyak bangunan dengan software ini, mulai dari rumah pohon hingga bangunan hemat energi. Dari yang simpel hingga yang rumit bisa kamu kerjakan dengan alat ini. 

SketchUp ini cocok buat menyalurkan kreativitas kamu. Selain untuk arsitektur, alat ini juga bisa digunakan untuk mendukung berbagai industri lainnya; teknik konstruksi, pengerjaan kayu, desain interior, film, dan banyak lagi. 

Keistimewaan dari SketchUp ini antara lain, adanya 3D Warehouse, Layout, SketchUp Viewer, dan juga SketchUp Pro

Unduh aplikasinya di sini 

2. Home Designer Pro 

Perangkat lunak ini menjadi alat terbaik buat kamu yang suka dengan detail dan hasil yang realistis. Selain itu, yang membuat alat ini makin nyaman digunakan adalah, adanya fitur bawaan untuk menaksir biaya yang dikeluarkan. Gambar konstruksi yang dihasilkan juga terlihat nyata dan hidup. 

Software ini cocok banget buat para profesional atau pengguna yang berpengalaman. Keunggulan perangkat lunak ini yaitu, alat/tools yang tersedia sangat lengkap. Ditambah lagi ada banyak opsi lansekap dan penyesuaian hingga tingkat yang sangat halus. 

Sedangkan untuk kelemahannya, kamu perlu waktu lama untuk membiasakan diri dengan berbagai tools yang ada, selain itu, biayanya cukup mahal. Namun, buat kamu yang memang sudah Pro, bisa pakai alat ini untuk hasil terbaik dan halus. 

Baca Juga :  Aplikasi Edit Foto Terbaik 2022

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini 

3. Sweet Home 3D

Perangkat lunak ini mudah digunakan bahkan bagi pengguna baru atau orang awam. Opsi bantuannya juga sangat bagus dan bisa digunakan di berbagai  jenis Windows. Selain itu, menu-menunya juga sangat user-friendly, dan ada banyak variasi objek yang tersedia. Kamu yang ingin lebih kreatif, cocok memakai Sweet Home 3D ini. 

Banyak hal menarik dalam program ini, cocok buat kamu yang mau renovasi berbagai ruang. Bisa juga buat merancang sendiri tampilan masa depan apartemen, rumah atau kamar kamu, tanpa menggunakan bantuan desainer profesional. Itu artinya, kamu bisa lebih menghemat uang kamu. 

Program ini juga sangat cocok bagi para desainer furnitur. Namun, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan, Sweet Home 3D ini lebih unggul atau cenderung untuk desain interior. 

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini.  

4. Total 3D Home, Landscape, & Deck Premium Suite

Aplikasi desain rumah pc

Perangkat lunak ini merupakan salah satu program paling terjangkau, harga rendahnya tercermin dalam fungsionalitas dan basis data objeknya yang terbatas.

Keunggulan Total 3D yaitu memiliki ribuan contoh desain yang dapat kamu lihat dan edit untuk mendapatkan ide dan inspirasi.

Sedangkan untuk kelemahannya, programnya terlalu sederhana, tidak memiliki fungsionalitas yang kuat dari sebagian besar kompetisi di bidang ini. 

Total 3D Home agak sulit untuk digunakan daripada perangkat lunak lanskap rumah lain, tetapi memiliki alat untuk membuat desain lansekap yang bagus untuk rumah kamu. 

Kamu bisa melihat semua jenis contoh desain, foto, dan panduan langkah demi langkah yang  disediakan yang akan membantu kamu untuk memulai. Panduan ini sangat berguna, karena kamu perlu membangun rumah selangkah demi selangkah di dalam program sebelum memulai proses desain.

Kamu bisa download aplikasinya di sini

5. Space Designer 3D 

 

Perangkat lunak ini cocok buat kamu yang mau mendekorasi ulang rumah namun memiliki keterampilan desain terbatas. Space Designer 3D menjadi salah satu dari banyak layanan online yang ditujukan untuk membantu kamu dalam mendesain rumah impian kamu. 

Baca Juga :  3 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Cuan Tanpa Undang Teman

Space Designer punya layanan bagus yang menawarkan semua alat yang kamu harapkan untuk membuat dan menyesuaikan bangunan, dan melengkapinya dengan beragam item. 

Lalu apa saja keunggulannya? Perangkat ini bisa bekerja dengan lancar dengan kustomisasi penuh. Sedangkan untuk kelemahannya, tidak ada paket gratis. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa menuju link berikut

6. Planner 5D

Nilai plus dari Planner 5D ini, yaitu dapat diakses di mana saja kapan saja. Kamu bisa memakai layanan ini dari browser web apa pun. Planner 5D juga tersedia untuk iOS (13 ke atas), Android (4.1 ke atas), windows (10 ke atas) dan MacOS (10.15 ke atas).

Planner 5D merupakan layanan desain 3D yang bagus dengan banyak opsi dan fitur yang mudah digunakan, sangat serbaguna, mudah disesuaikan, Multiplatform, dan memiliki tampilan yang bagus. 

Sayangnya boros sumber daya. Versi web  menggunakan banyak sumber daya dan bisa membuat komputer kamu menjadi lambat. 

Download aplikasinya di sini.  

7. My Virtual Home

MyVirtualHome menjadi aplikasi PC terkemuka yang akan membantu kamu dalam membuat rancangan rumah kustom yang sesuai dengan impianmu. 

Kamu bisa pakai MyVirtualHome untuk membangun rumah atau apartemen kamu sendiri, dari mana saja. Kamu tidak perlu izin bangunan. Kamu juga dapat mengimpor cetak biru/blueprints atau membuat desain khusus dari awal menggunakan perangkat lunak CAD / CAM / CAE yang telah tersedia. 

My Virtual hanya berjalan di Windows, jadi kamu akan merasa tenang karena bangunan kamu aman. My Virtual menggunakan antarmuka yang mudah digunakan dan intuitif, yang akan membantu kamu memulai dengan cepat

Kamu bisa download di sini untuk menggunakannya. 

8. Home By Me 

Aplikasi desain rumah pc

Aplikasi desain rumah HomeByMe ini sangat mumpuni dan bagus buat kamu. Kabar baiknya, perangkat lunak ini mudah digunakan, memiliki banyak opsi, kustomisasi besar, dan dapat digunakan untuk mendesain seluruh rumah secara gratis. 

Kekurangannya, panci 3D dapat membuat beberapa objek menghilang sementara, switching antara sistem pengukuran tidak sederhana, serta gambar fotorealistik beresolusi rendah, dan membutuhkan waktu lama untuk di render dan diberi watermark. 

Namun, dengan opsi gratis yang disebut Paket Pemula tadi, kamu bisa membuat hingga tiga proyek dan bisa membuat HomeByMe merender 3 gambar fotorealistik HD. Untuk resolusi yang rendah, kamu bisa memiliki sebanyak mungkin. 

Baca Juga :  Aplikasi Foto Kolase Terbaik Android

Kemudian kamu bisa pilih Paket Satu Kali, se harga $16,50 atau Rp257.800. Dengan membeli paket tadi, kamu bisa bikin 5 proyek, 15 photorealistic HD, dan satu gambar 360˚. 

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini

9. Lumion 

Lumion merupakan Perangkat Lunak Arsitektur. Kamu bisa bikin gambar, video, atau panorama 360, yang bisa kamu lihat dengan kacamata VR. Rendernya juga sangat cepat. 

Lumion ini punya perpustakaan besar dengan bahan dan objek yang indah. Kamu bisa mempercantik desain model kamu dengan langit, rumput, kaca, orang, pencahayaan, furniture, mobil, dll, kemudian tambahkan efek. 

Selain itu, alat ini juga mudah untuk dipelajari dan digunakan. Keunggulan lainnya, mesin render yang mereka miliki adalah yang tercepat di dunia. Dengan Lumion, siapa pun bisa membuat render yang indah. 

Unduh aplikasinya di halaman Lumion

10. Softplan

Aplikasi desain rumah pc

Platform desain arsitektur kaya fitur, Softplan dirancang untuk membantu mempercepat proses pembuatan dan pengelolaan desain rumah. Perangkat lunak desain ini dianggap sebagai produk teratas untuk bangunan tempat tinggal. 

Keunggulan utamanya, mudah digunakan dan dipelajari serta dilengkapi dengan banyak fitur berbeda yang mengotomatiskan proses perancangan rumah. Dengan begitu, alat ini cocok buat para arsitek untuk membuat desain rumah profesional dan berkualitas dengan objek yang dapat diedit sepenuhnya dalam 3D. 

Dengan platform ini, arsitek dilengkapi dengan alat untuk menarik klien dan memikat mereka langsung pada fase pertama proses desain. Selain itu, proses pembuatan dokumen konstruksi menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. 

Untuk mengunduhnya, kamu bisa masuk ke sini

Kesimpulan 

Dengan adanya aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merancang rumah tersebut, kamu tidak akan kesulitan lagi mendesain rumah impian kamu. 

Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki banyak fitur, agar tidak kesulitan, kamu bisa ikut forum yang ada dan menonton tutorial dari mereka.

Baca juga mengenai manfaat mendesain rumah menggunakan aplikasi desain rumah di sini. Selain itu, untuk update berbagai informasi mengenai teknologi , kamu bisa baca di halaman ini.

Demikian tadi mengenai 10 aplikasi desain rumah pc. Semoga bermanfaat

Leave a Comment