Terjemahan

10 Aplikasi Terjemahan Praktis yang Wajib Ada di Ponselmu

Mochamad Ikhwana

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, penggunaan bahasa Inggris marak dijumpai di mana-mana. Namun sayangnya, tak semua orang paham dengan bahasa ini. Apakah kamu salah satunya? Jika jawabannya iya, maka saatnya kamu memiliki aplikasi terjemahan di ponsel yang praktis digunakan.

10 Rekomendasi Aplikasi Terjemahan Inggris-Indonesia Praktis

Memasang aplikasi terjemahan gratis di ponsel pintar bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mendapatkan terjemahan di mana pun dan kapan pun. Terlebih jika aktivitasmu setiap hari harus dihadapkan pada bahasa asing.

Google Play Store telah menyediakan banyak aplikasi terjemahan bahasa Inggris ke Indonesia yang bisa kamu unduh. Namun, Techs Bright memiliki rekomendasi terbaik yang bisa kamu coba. Apa saja?

1. UDictionary

Tak hanya menawarkan terjemahan kata demi kata, UDictionary yang hanya berukuran 48 MB ini juga bisa membantumu mempelajari ungkapan-ungkapan yang sering dipakai dalam bahasa Inggris. Manfaat ini bisa kamu jadikan sebagai bekal untuk mengobrol dalam bahasa Inggris secara lebih luwes.

Kamu juga tak perlu repot-repot mengetik teks yang kamu jumpai di mana pun. Sebab, UDictionary bisa kamu andalkan lewat fitur Camera Translation-nya yang memungkinkanmu menerjemahkan dengan teknologi OCR.

Satu lagi fitur menarik yang dimiliki aplikasi ini, Word Lock Screen. Jika kamu menjumpai kosakata baru dan ingin segera menghafalnya, kamu bisa menggunakan fitur yang satu ini untuk meletakkan kosakata tersebut di lock screen ponsel. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.

2. Speak and Translate

Aplikasi terjemahan bahasa selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Speak and Translate. Tak hanya membantumu mendapatkan terjemahan dari Inggris ke Indonesia, namun juga sebaliknya. Sebab, aplikasi ini sudah menawarkan terjemahan di lebih dari 150 bahasa.

Kamus bahasa yang satu ini cocok untukmu yang dinamis dan suka bepergian ke luar negeri. Seperti namanya, aplikasi ini akan segera menangkap suaramu dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang kamu inginkan. Kamu bisa mengunduh aplikasi terjemahan online yang satu ini lewat tautan berikut.

3. Naver Papago

Terjemahan

Platform online asal Negeri Ginseng, Naver Corporation, juga tak ketinggalan membuat perangkat lunak untuk membantu para penggunanya mendapatkan terjemahan bahasa. Lewat Naver Papago, kamu tak hanya mendapatkan sekadar manfaat kamus terjemahan, namun juga belajar praktis.

Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkanmu untuk membuat catatan khusus sehingga bisa kamu gunakan untuk belajar kosakata baru. Memiliki antarmuka pengguna yang cukup sederhana, aplikasi ini sangat praktis dan mudah digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan secara offline tanpa memerlukan koneksi internet. lho. Ini sangat bermanfaat ketika kamu sedang berada di tempat-tempat yang jauh dari jangkauan sinyal, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja unduh aplikasinya di sini, ya!

4. Google Translate

Boleh dibilang, Google Translate adalah aplikasi sejuta umat yang bisa kamu pertimbangkan. Berbeda dengan saat menerjemahkan langsung di situsnya, aplikasi Google terjemahan ini menawarkan sejumlah fitur yang tak biasa.

Salah satunya adalah yang memungkinkanmu menerjemahkan langsung dengan menggunakan kamera. Tak perlu susah payah mengetik, kamu bisa memindai teksnya secara langsung dan aplikasi ini akan menerjemahkannya untukmu.

Selain itu, Google Translate juga bisa kamu pakai untuk menerjemahkan bahkan ketika kamu sedang offline. Tentu saja, untuk bisa menikmati fitur yang satu ini kamu harus mengunduh data offline-nya terlebih dahulu. Jangan khawatir, file size-nya tidak akan membebani ponselmu, kok!

5. Microsoft Translate

Terjemahan

Sebagai raksasa teknologi, Microsoft juga memiliki perangkat lunak untuk membantu para penggunanya mendapat terjemahan akurat. Kalau kamu mmebutuhkan aplikasi terjemahan yang memiliki fitur lebih dari rata-rata, kamu bisa mencoba Microsoft Translate.

Selain bisa menerjemahkan secara offline, aplikasi yang satu ini memungkinkanmu untuk menerjemahkan teks hanya dengan bermodal tangkapan layar atau gambar. Jadi, kamu tak perlu kesulitan mengetiknya. Sangat praktis, bukan?

Tak hanya menyediakan terjemahan Inggris ke Indonesia, aplikasi yang hanya berukuran 45 MB ini juga menyediakan terjemahan dari dan ke berbagai bahasa. Kamu bisa mengandalkan Microsoft Translate untuk menerjemahkan bukan hanya kata, namun juga frasa.

6. iTranslate

Kecanggihan teknologi telah membuktikan bahwa jarak tak lagi menjadi masalah dalam berkomunikasi. Oleh sebab itu, mendapatkan teman atau rekan kerja yang merupakan orang asing pun bukan hal yang jarang dijumpai saat ini.

Namun sayangnya, terkadang perbedaan bahasa membuat komunikasi menjadi tak lancar. Apakah kamu salah satu yang mengalami kesulitan ini? Tak perlu risau, karena sekarang kamu bisa memasang iTranslate di ponselmu.

Aplikasi yang satu ini memungkinkanmu untuk berkomunikasi dalam lebih dari 100 terjemahan bahasa. Menariknya lagi, iTranslate benar-benar memperhatikan kenyamanan pengguna. Hal itu terlihat dengan fitur yang memungkinkanmu untuk memilih light mode atau dark mode.

7. Yandex Translate

Terjemahan

Selanjutnya, ada Yandex Translate yang juga bisa kamu andalkan saat mencari terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Aplikasi besutan perusahaan teknologi asal Rusia ini menyediakan terjemahan ke dalam 100 bahasa secara online.

Tak hanya itu, kamu juga belajar kosakata baru beserta cara penggunaannya. Sebab, kata yang sama belum tentu bisa dipergunakan untuk berbagai situasi, bukan? Kamus terjemahan ini juga sangat praktis karena dapat menghemat waktumu dengan prediksi kata yang akan kamu ketik.

Kabar baiknya lagi, aplikasi ini bisa diunduh di Android mulai dari versi 6.0 ke atas. Klik tautan ini untuk mengunduhnya.

8. SayHi Translate

Terjemahan

Terkadang, menerjemahkan kata demi kata memang hal yang menyusahkan. Padahal, dalam sebuah percakapan ada banyak kata yang digunakan sehingga akan sangat memakan waktu jika harus menerjemahkannya satu per satu, bukan?

SayHi bisa menjadi solusi untukmu yang mengalami kesulitan semacam itu. Aplikasi yang satu ini menawarkan terjemahan yang berfokus pada percakapan. Mengusung tampilan yang modern dan sederhana, menu-menu di aplikasi ini sangat mudah diakses. Tak hanya terjemahan Indonesia ke inggris, SayHi juga menyediakan terjemahan dalam berbagai bahasa lainnya.

9. Dict Box

Terjemahan

Dict Box merupakan salah satu aplikasi terjemahan gratis yang praktis dan mudah digunakan. Kamu bisa menerjemahkan tanpa adanya koneksi internet. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur koreksi otomatis jika kamu salah memasukkan teks.

Dict Box juga menyediakan terjemahan untuk bahasa lainnya seperti Spanyol, Raba, Portugis, Jerman, hingga Jepang. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna ini telah dirilis sejak 2021 lalu. Kamu bisa mendapatkannya lewat tautan ini.

10. TextGrabber

Menawarkan terjemahan secara real time, aplikasi terjemahan ini memungkinkanmu menerjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa secara online. Kamu tak perlu memotret objek yang akan kamu terjemahkan terlebih dahulu. Cukup arahkan kamera ponselmu ke teks yang ingin kamu terjemahkan dan kamu akan segera mendapatkan hasilnya.

Semua teks yang kamu ambil bisa kamu simpan maupun gabungkan dengan teks lainnya. Ini jika kamu ingin membuat catatan khusus untuk mengingatnya. TextGrabber memiliki fitur unik yang memungkinkanmu untuk mencari riwayat terjemahan yang pernah kamu masukkan. 

Kesimpulan

Kemajuan teknologi telah banyak memberikan kemudahan. Seperti aplikasi terjemahan praktis yang bisa digunakan kapan saja sehingga kamu bisa menerjemahkan dengan cepat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment