7 Solusi dan 5 Masalah Umum Printer yang Sering Terjadi

Mochamad Ikhwana

Printer juga menjadi salah satu alat paling penting di zaman digital ini selain komputer atau laptop dan internet. Printer bisa ditemukan di mana pun, seperti rumah, temoat fotokopi, hingga perusahaan dan instansi. Namun, terkadang printer juga bisa membuat kita pusing karena ada berbagai macam masalah yang umumnya sering terjadi. Tidak perlu khawatir, kalian akan mendapat solusi dan masalah umum printer yang selalu terjadi.

Jika printer sudah bermasalah tentu itu menghambat semua tugas pekerjaan. Apalagi printer berguna untuk mencetak makalah, skripsi, hingga dokumen penting lainnya. Jadi pastinya setiap hari akan selalu berkutat dengan printer.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui penyebab yang menimbulkan banyak masalah dari printer. Setelah itu, Anda juga bisa menemukan solusi sesuai dengan penyebab masalah printer.

Masalah Umum yang Terjadi pada Printer

Pengguna printer pasti tentu menembukan masalah-masalah yang sering terjadi saat menggunakannya. Masalahnya bisa saja berasal dari hasil cetakan yang tiba-tiba buram dan terputus-putus, atau mungkin tinta tidak keluar, dan masih banyak masalah lainnya.

Memang paling simpel langsung jika bermasalah, printer langsung dibawa ke ahlinya. Namun, sebenarnya kalian sendiri juga bisa mencari solusinya sendiri. Sebelum itu, kalian harus tahu dulu apa penyebab yang sering terjadi pada printer.

Apa saja masalahnya? Berikut penyebab yang sering Anda temukan berkaitan dengan printer.

  • Printer tidak mau hidup

Pernah printer Anda tidak mau hidup? Itu menjadi masalah pertama yang kamu hadapi ketika printer mati padahal Anda sudah menekan tombol powernya.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya power listrik sehingga tpmbol power menjadi tidak sensitif. Mau tidak mau Anda harus menekan lebih kuat lgi tombol powernya.

Bila power supply yang rusak maka Anda harus membawanya ke tempat servis printer.

  • Printer tidak terdeteksi atau terbaca

Ini bisa terjadi akibat kabel USB printer tengah bermasalah. Mungkin juga karena kabel USB terlalu panjang atau ada masalah yang terletak pada port USB komputer.

Kalau sudah begini, Anda harus memindahkan kabel printer ke USB port lainnya. Anda juga bisa mengganti kabel printer dengan kabel yang lebih baru lagi.

  • Tidak connect ke printer sharing

Masalah tidak terkoneksi dengan printer sharing adalah masalah selanjutnya yang sering terjadi. Mau tidak mau Anda harus mengecek komputer Anda apakah printer yang terhubung sudah dalam keadaan hidup atau belum.

Selain itu, tidak terkoneksi dengan printer sharing bisa juga karena windows update mengalami bug.

  • Tidak ada warna yang keluar

Pada umumnya printer memiliki empat warna dasar tinta, yakni Black, Magenta, Cyan, dan Yellow. Jika salah satu dari keempat warna tersebut tidak keluar, hasilnya adalah kualitas warna dokumen yang dicetak bakal tidak sempurna.

Jangan lupa untuk selalu mengecek apakah masing-masing warna tinta tersebut sudah dalam keadaan terisi atau belum. Anda juga bisa melakukan head cleaning melalui tools printer maintenance bawaan printer.

  • Kualitas printer dalam mencetak masih putus-putus atau bergaris

Waktu kita ngeprint dokumen dan mendapat hasil yang kurang sempurna, seperti warna yang buram, pudar, atau ada garus putus-putus.

Artinya printer yang digunakan untuk mencetak sehingga ada beberapa lubang yang ada di head printer mampet karena tinta yang mengering.

Nah, agar bisa mengatasinya, Anda harus melakukan head cleaning. Bila masih tidak berhasil, berarti ada kerusakan pada head printer.

Solusi dan Masalah Umum Printer yang Ditemui

Setelah mengetahui masalah-masalah yang sering terjadi pada printer, maka Anda bisa mencari solusi. Memang lebih enak kalau diperbaiki ke tempat servis printer. Oleh karena itu, jika masalahnya masih bisa diatasi sendiri, Anda juga bisa memperbaikinya juga loh.

Lalu apa saja solusi yang tepat untuk semua permasalahan yang ada di printer? Berikut solusinya antara lain:

1. Kecepatan dalam mencetak terlalu lama dan lambat

Urusan ini memang juga menyebalkan. Apalagi di saat kita sedang mengejar waktu, jika printer lambat dalam mencetak hasil maka bikin Anda kesal.

Maka dari itu, Anda harus mengatur printer Anda. Anda tinggal memilih menu Print and Properties lalu mengatur kualitas cetak menjadi turun. Mengapa demikian? Sebab jika kualitas cetak menurun, maka kecepatan cetak menjadi lebih cepat secara otomatis.

Cara lainnya, Anda juga bisa mencetak dokumen dari web tanpa harus menggunakan grafik, hanya karakter dan tambahkan RAM printer saja.

2. Printer Boros Tinta

Satu hal lagi yang sering terjadi adalah printer boros tinta. Seperti yang kita tahu harga tinta printer sangat mahal apalagi tinta berwarna. Penyebabnya sendiri karena salah dalam pemilihan cartridge. Anda harus memilih cartridge yang berkapasitas tinggi agar mampu mencetak dokumen banyak dan besar.

3. Mengirim Tugas Cetak ke Printer yang Salah

Bisa jadi ini disebabkan lebih dari satu printer yang terdeteksi di komputer Anda untuk mencetak beberapa dokumen. Jangan salah, Windows kadang-kadang suka melakukan kesalahan untuk mengirim data yang dicetak. Pada akhirnya printer yang digunakan juga salah.

Maka solusi dan masalah umum printer ini adalah Anda melakukan set default terhadap salah satu printer untuk menjadi printer utama dalam mencetak dokumen. Anda hanya mengklik menu Windows lalu Device and Printers. Jangan lupa untuk memilih Printer dan klik kanan untuk memilih Set as default printer.

4. Kertas Macet Saat Mencetak

Ini bisa jadi disebabkan printer mengalami paper jam sehingga printer langsung berhenti atau eror mendadak.

Hal yang perlu kalian lakukan ketika sedang begitu adalahkalian harus menarik kertas ke depan secara perlahan-lahan dan searah dengan kertas keluar. Jangan sampai itu merusak roller-roller printer.

Agar bisa menghindari paper jam, Anda harus mengecek kertas yang terpasan di printer apakah kertas tersebut ada yang kusut hingga terlipat. Jika mengalami paper jam, maka roller penarik kertas menjadi rusak dan harus diganti.

5. Ada Peringatan Tinta Habis, Namun Tinta Masih Banyak

Ini juga sangat menjengkelkan ketika sedang mencetak dokumen ada peringatan tinta habis, namun setelah dicek tinta tersebut masih cukup banyak.

Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan reset pada cartridge. Perlu diingat ini cukup berisiko karena bisa membuat printer memuat ulang pengaturan awal lagi pada printer.

6. Printer Lemot dan Lama Mersepon Mencetak

Masalah ini juga sering kita temukan. Ketika sedang mencetak, printer tidak memberikan respon apapun. Butuh waktu lama printer baru bisa merespon dan mencetak dokumennya.

Biasanya hal ini disebabkan adanya masalah yang terjadi pada komputer kita. Jadi yang bisa kita lakukan adalah melakukan restart ulang komputer dan menggunakan printer lagi untuk mencetak dokumen kembali.

7. Tinta Printer Bocor

Masih berhubungan dengan tinta printer. Pasti beberapa dari kalian pernah mengalami tinta printer bocor bukan.

Biasanya tinta printer bocor karena penampungan dalam pembuangan tinta sudah terlalu penuh.

Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan bagian tinta pembuangan atau kalau mau lebih simpel, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment