cara membersihkan virus komputer
cara membersihkan virus komputer| Gambar: Pixabay

7 Cara Membersihkan Virus di Komputer

Mochamad Ikhwana

Ingin tahu cara membersihkan virus komputer? Yah, cara membersihkan virus komputer menang wajib kamu ketahui jika kamu harus menggunakan perangkat tersebut untuk beraktivitas sehari-hari. Saat virus menyerang, komputer bisa rusak dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sama seperti virus yang menyerang manusia, virus komputer juga bisa menggandakan dirinya sendiri lalu menyebar melalui sistem operasi dan jaringan. Pada saat yang sama, viru juga dapat merusak program, menghapus file, dan membuat perubahan besar pada hard drive. 

Semua hal tersebut tentu bisa mengakibatkan penurunan kinerja. Beberapa virus bahkan akan merusak seluruh sistem komputer. Virus juga dapat menjadi celah bagi hacker untuk mencuri data dan dokumen penting milikmu.

Virus komputer adalah perangkat lunak berbahaya yang menginfeksi perangkat dan dapat mengganggu sistem komputer dengan berbagai cara. Biasanya, komputer terinfeksi virus adalah karena kita mengunduh atau menginstal file yang terinfeksi. 

Saat kita mengklik tautan phising, virus juga bisa masuk ke komputer. Virus juga dapat menginfeksi komputer saat kita mengunjungi situs web scam. Terkadang, kamu dapat menginstal virus secara tidak sengaja dari drive eksternal yang terinfeksi, seperti USB.

Ada banyak jenis virus. Beberapa di antaranya hanya dapat menginfeksi dan memengaruhi browser web, tetapi ada juga virus yang bisa menggunakan keyloggers untuk mengumpulkan semua informasi yang kamu ketikkan, seperti kredensial masuk dan informasi rekening bank, atau rootkit yang dapat mengakses dan memperoleh informasi internal kontrol komputer.

Ciri-ciri Komputer Terinfeksi Virus

Jika komputer telah terinfeksi virus, kamu dapat mengidentifikasinya dengan memperhatikan gejala berikut:

  • Komputer lag atau crash

Virus yang berjalan di latar belakang menggunakan banyak ruang dan penyimpanan di komputer dan dapat mempengaruhi kinerjanya. Jadi, periksa komputer yang tidak terduga dan sering mogok, pesan kesalahan, dan waktu pemuatan yang lebih lambat untuk komputer, program, dan halaman web.

  • Perubahan pengaturan

Virus dapat mengubah setelan komputer tanpa pemberitahuan. Kamu bisa mencari perubahan di setelan browser, seperti beranda, alamat mesin telusur, ekstensi baru yang tidak dikenal. Jika kamu sering dialihkan ke laman lain atau menemukan perubahan akses drive yang tidak terduga, hal itu bisa menjadi tanda besar kalau ada virus yang menginfeksi komputermu.

  • Peningkatan aktivitas jaringan

Banyak virus berkomunikasi dengan sumber aslinya untuk mengirimkan informasi dengan botnet yang lebih besar. Hal ini bisa dilihat dari munculnya peningkatan aktivitas jaringan dan internet yang nyata. 

  • Menemukan aplikasi atau file asing di perangkat

Virus juga bisa muncul dalam bentuk file asing. Data yang terhapus secara tiba-tiba juga bisa menunjukan adanya virus di komputer. 

  • Peningkatan jumlah iklan

Adware adalah ancaman umum bagi komputer. Jika kamu menemukan peningkatan jumlah ikan dan pop up yang muncul, hal itu juga menunjukan munculnya virus di komputer. 

Baca juga: Mengapa Komputer Sering Hang dan Bagaimana Mengatasinya?

Cara Membersihkan Virus Komputer

Saat terinfeksi virus, tentu saja komputer tidak bisa berfungsi maksimal. Jika kita biarkan virus tetap berada di komputer, bisa saja perangkat milik kita rusak. Untuk mencegahnya, berikut cara membersihkan virus komputer:

1. Gunakan software antivirus

Salah satu cara termudah dan paling dapat diandalkan untuk menghapus virus dari komputer adalah dengan menggunakan perangkat lunak antivirus yang andal dan aman.  Ada banyak software Antivirus yang bisa kamu gunakan, seperti Kaspersky, Avast, dan sejenisnya.

Namun, biasanya antivirus membutuhkan biaya yang mahal. Jika ingin yang gratis, biasanya tersedia versi trial yang hanya bisa digunakan sekitar 30 hari. Jika sudah memiliki antivirus, kamu bisa mencoba langkah berikut:

  • Putuskan sambungan sistem dari Internet untuk menghentikan malware menyebar ke seluruh jaringan Anda atau berkomunikasi dengan pembuatnya.
  • Restart PC dalam Safe Mode with Networking untuk mengurangi risiko virus mengganggu proses penghapusan virus.
  • Pindai komputer dengan perangkat lunak antivirus untuk mendeteksi ancaman berbahaya.
  • Karantina atau hapus semua ancaman yang terdeteksi.
  • Jalankan pemindaian lain dengan perangkat lunak antivirus untuk menangkap sisa-sisa perangkat lunak berbahaya.
  • Hapus semua ancaman yang terdeteksi.
  • Mulai ulang PC.

2. Hapus virus secara manual

Kamu juga bisa memberikan virus di komputer secara manual. Untuk melakukannya, kamu harus menemukan dan menghapus program mencurigakan dari komputer milikmu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  • Boot komputer ke mode aman (safe mode). Cara ini bisa dilakukan dengan mengklik tombol Windows + R secara bersamaan untuk menghidupkan jendela run administrator. Setelah jendela run administrator berjalan, ketik “msconfig”.
  • Di jendela Konfigurasi Sistem yang baru dibuka, pilih tab Boot, pilih opsi Boot Aman, dan konfirmasikan dengan mengklik Terapkan lalu OK.
  • Lalu restart komputer dalam mode aman, lakukan konfirmasi dengan mengklik Restart.
  • Kemudian klik kanan pada menu Start dan buka Pengaturan.
  • Di sisi kiri, temukan dan klik Apps, lalu Installed Apps.
  • Dalam daftar aplikasi, cari sesuatu yang mencurigakan yang kamu tidak ingat telah mengunduhnya. Jika tidak yakin, kamu dapat menggunakan Google untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perangkat lunak yang terpasang.
  • Jika kamu menemukan aplikasi berbahaya, segera uninstal.

3. Hapus ekstensi browser berbahaya

Ada kemungkinan virus yang mengganggu kinerja komputer dapat menginfeksi browser. Untuk menghapus virus dari browser, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Buka browser Google Chrome, klik tiga titik di sebelah kanan, pilih More Tools, dan klik Extensions.
  • Jika kamu menemukan ekstensi mencurigakan yang baru dipasang, klik Hapus.

Baca juga: Tips Mempercepat Booting Komputer dan Laptop

Cara Mencegah Virus Menginfeksi Komputer

Setelah melakukan cara membersihkan virus komputer, kamu harus melakukan pencegahan agar virus tersebut tidak datang lagi. Berikut cara mencegah virus menginfeksi komputer:

Ada beberapa cara untuk mencegah virus mengancam perangkat Anda di masa mendatang:

  • Gunakan antivirus terpercaya

Software antivirus terpercaya tidak hanya akan menghapus virus dari sistem komputer tetapi juga memberikan perlindungan yang kuat untuk mencegah ancaman malware menginfeksi sistem.

  • Selalu perbarui sistem komputer 

Pastikan kamu selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasi saat pembaruan baru dirilis. biasanya, melakukan update juga menambah sistem keamanan perangkat dari kemungkinan virus dan malware. 

  • Jangan mengunduh file yang tidak dikenal

Ini termasuk perangkat lunak atau file dari sumber tidak dikenal atau tidak resmi. Selain itu, jangan mengklik lampiran yang tidak dikenal di email atau pesan karena dapat membawa virus.

  • Blokir iklan

Iklan pop-up yang mengganggu dapat berisi malware tersembunyi. Karena itu, gunakan pemblokir iklan agar iklan-iklan tersebut tidak muncul lagi. Dengan begitu, kamu tidak akan bisa mengklik iklan tersebut tanpa sengaja. 

  • Jangan pasang ekstensi browser yang tidak dikenal

Jika ekstensi tampak mencurigakan atau tidak dikenal, mungkin itu adalah virus. Jadi dengan menginstalnya di browser web, virus tersebut bisa menginfeksi komputer, yang pada gilirannya menginfeksi sistem operasi yang kamu gunakan.

  • Selalu perbarui data 

Bersihkan file-file sementara secara teratur untuk menghapus kemungkinan virus dan optimalkan kinerja perangkat. Selain itu, pastikan untuk mencadangkan data secara teratur agar kamu tidak kehilangan data penting saat malware menginfeksi komputer.

  • Jangan tinggalkan perangkat tanpa pengawasan

Gunakan kata sandi yang kuat untuk komputer dan jangan biarkan komputer terbuka tanpa pengawasan, sehingga meminimalkan kemungkinan infeksi virus. Selain itu, jangan gunakan USB atau hard drive eksternal yang bukan milikmu. Sebab, hal ini sering digunakan sebagai umpan untuk menyebarkan malware.

Nah, itulah cara membersihkan virus komputer dan mencegahnya agar tidak kembali datang. Dengan menerapkan cara tersebut, komputermu dijamin bersih dari virus yang mengganggu.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment