Cara Mengecek DirectX Windows

Cara Mengecek DirectX yang Terinstall di Laptop/PC Windows

Techs Bright

DirectX merupakan program penting yang memastikan aplikasi dapat berjalan lancar di laptop dan PC Windows. Untuk itu simak cara mengecek DirectX Windows di bawah ini.

Bila laptop atau PC Windows sering mengalami masalah ketika menjalankan sebuah aplikasi, maka permasalahnnya bisa saja karena DirectX. Terlebih bila masalah tersebut muncul ketika PC dan laptop menjalankan game. Maka hampir bisa dipastikan ada masalah di program DirectX yang terinstal.

DirectX merupakan salah satu program penting di PC dan laptop Windows. Meskipun lebih sering dikaitkan dengan pengoperasikan game di PC. Namun sebenarnya DirectX akan berpengaruh pada semua aplikasi yang terinstal di PC dan laptop.

Permasalahan yang terjadi pada DirectX, bisa dipastikan akan mempengaruhi kerja aplikasi dan juga game lain. Untuk itu penting sekali memastikan DirectX terinstal tanpa adanya masalah. Salah satunya juga, memastikan laptop dan PC Windows menggunakan versi DirectX yang tepat.

Di bawah ini merupakan penjelasan langkah-langkan untuk cara mengecek DirectX Windows.

Apa itu DirectX?

Seperti disebutkan di atas, DirectX merupakan program tambahan untuk komputer, PC, dan laptop Windows. Program ini sering kali dikenal dengan sebutan DirectX Diagnostic Tool dan merupakan aplikasi yang terdiri atas rangkaian komponen berbeda. Fungsi utama dari program ini adalah optimisasi software untuk menjalankan aplikasi tambahan.

Berkat adanya DirectX, aplikasi tambahan tersebut, terutama game dapat menjalankan hardware audio dan video secara bersamaan. Sehingga bila ada masalah di program ini, aplikasi yang membutuhkan audio dan video tidak akan berkalan lancar.

Program DirectX akan secara langsung membantu kerja hardware multimedia, seperti audio dan video untuk menjadi lebih efektif. Kerja hardware ini pun menjadi lebih optimal ketika menjalankan software, game dan aplikasi yang terinstal.

Dijelaskan di atas, DirectX terdiri dari rangkaian komponen berbeda. Beberapa komponen paling penting dari program ini diantara lain DirectX Media, DirectxMusic, SirectSound, Direct3D, dan sebagainya. Masing-masing komponen ini memiliki fungsi berbeda.

Misalnya saja Direct3D bekerja untuk menampilkan fitur image 3D di laptop. Sedangkan DirectxMusic akan menghadirkan sistem audio. Ada juga DirectDraw yang fungsinya mengoptimisasi fitur gambar di laptop dan PC.

Pentingnya program ini juga membuat DirectX memiliki beberapa versi berbeda. Hampir semua seri Windows memiliki versi DirectX yang berbeda.

Hal ini demi memastikan kerja DirectX benar-benar optimal. Sesuai dengan spesifikasi pada versi sistem operasi Windows berbeda yang berjalan pula. Selain itu program ini juga cukup sering menghadirkan update terbaru untuk versi yang sedang digunakan.

Untuk itu, pengguna harus secara rutin memeriksa apakah ada update terbaru untuk program DirectX yang terinstal. Sekaligus juga mengecek versi DirectX yang terinstal di PC dan laptop Windows saat ini.

Tidak perlu khawatir. Cara mengecek DirectX Windows sangat mudah. Tidak perlu menjadi ahli komputer maupun membawa ke service center untuk mengetahui versi DirectX yang digunakan di laptop Anda.

Tutorial Cara Mengecek DirectX Windows

Secara umum, cara mengecek DirectX Windows sebenarnya sangat mudah. Setelah mengecek versi DirectX yang digunakan, Anda juga bisa memeriksa komponen dan permasalahan yang mungkin terjadi pada laptop.

Selain itu dengan mengetahui versi DirectX yang digunakan, Anda juga bisa memastikan apakah versi tersebut sesuai dengan sistem operasi Windows yang saat ini digunanakan.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini langkah-langkah untuk mengecek DirectX di versi Windows berbeda.

1. Windows 7 dan Windows 8

Meskipun terbilang lawas, versi sistem operasi satu ini terbukti masih banyak digunakan. Sebagian besar pengguna memilih untuk menggunakan versi Windows 7 dan Windows 8 karena dinilai paling stabil dibandingkan versi lain.

Tidak itu saja, versi sistem operasi ini juga paling nyaman digunakan untuk laptop dan PC dengan spesifikasi rendah. Windows 7 dikenal memiliki sistem ringan yang tentunya cocok untuk laptop dengan spesifikasi minimalis.

Untuk cara mengecek DirectX Windows 7 dan 8, caranya sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Di laptop atau PC, tekan tombol Windows dan R di keyboard bersamaan.
  2. Cara tersebut akan membuka menu perintah Run di laptop.
  3. Di kolom yang tersedia, ketik dxdiag.
  4. Setelah itu tekan enter atau klik tombol OK.
  5. Di layar akan muncul windows dengan detail DirectX.

Cara satu ini memang sangat mudah. Hanya dengan melakukan langkah-langkah sederhana di atas, Anda akan langsung bisa memeriksa detail DirectX.

2. Windows 10

Meskipun sering dikritik kurang stabil, namun pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10 tidak kalah banyak. Versi sistem operasi ini sendiri menjadi pilihan karena tampilannya yang sudah jauh lebih modern dibandingkan Windows 7 dan Windows 8.

Selain itu Windows 10 juga memberikan dukungan untuk berbagai aplikasi dan program berbeda. Termasuk untuk versi baru DirectX.

Sistem operasi dengan versi ini sudah bisa menjalankan program DirectX 12. Sehingga kerja sistem multimedia pun diklaim jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi versi sebelumnya.

Untuk memastikan Anda sudah menggunakan versi terbaru dari DirectX di sistem operasi Windows 10, berikut ini cara untuk mengecek.

  1. Di keyboard, tekan tombol Start atau Windows.
  2. Kemudian ketikkan perintah dxdiag pada kolom menu Run yang terbuka.
  3. Klik tombol OK atau Enter.
  4. Tunggu hingga beberapa saat hingga halaman DirectX Diagnostic Tool muncul.

Di halaman ini, Anda akan bisa mengecek details dari DirectX yang digunakan. Termasuk juga bila terdapat permasalahan pada versi DirectX yang terinstal di laptop dan PC Windows 10. Anda juga bisa melakukan diagnosa bila terdapat eror pada program satu ini.

Untuk menutup halaman DirectX Diagnostic Tool, cukup klik pada tombol Enter yang berada di pojok kanan bawah.

3. Windows 11

Versi sistem operasi Windows terbaru ini diklaim paling stabil. Selain itu tampilan Windows 11 juga terlihat begitu cantik sekaligus modern. Tidak heran bila pengguna Windows berbondong-bondong bermigrasi dari versi sebelumnya untuk menggunakan Windows 11.

Meskipun diklaim sudah sangat stabil dan memiliki tampilan cantik, bukan berarti Windows 11 tidak bermasalah. Sayangnya salah satu permasalahan yang kerap muncul di versi sistem operasi ini justru pada multimedia.

Untuk itu penting sekali memastikan program DirectX bekerja dengan baik dan terupdate bila menggunakan laptop dan PC dengan versi sistem operasi satu ini.

Berikut ini cara mengecek DirectX Windows 11 yang bisa dilakukan:

  1. Klik tombol Start lalu pilih Run.
  2. Setelah itu di kolom yang tersedia, ketik dxdiag dan klik tombol OK.
  3. Halaman baru DirectX Diagnostic Tool akan terbuka.
  4. Untuk memeriksa versi DirectX yang digunakan, klik pada tab Sistem.
  5. Anda juga bisa memeriksa tab lain untuk informasi lebih mendetail mengenai DirectX yang digunakan.
  6. Bila sudah, klik tombol Exit.

Windows 11 juga menggunakan DirectX 12. Sehingga pastikan ketika mengecek versi DirectX di laptop, yang nampak di baris berkas adalah versi DirectX 12.

Bila laptop dan PC menggunakan versi program DirectX yang lain untuk laptop, Anda bisa dengan mudah melakukan update.

Semoga langkah di atas membantu!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment