Cara Mengatasi Error 0X80070422 di Laptop/Komputer

4 Cara Mengatasi Error 0X80070422 di Laptop/Komputer

Techs Bright

Dari berbagai pesan eror, Error 0X80070422 mungkin salah satu paling sering dialami pengguna. Untungnya ada cara mengatasi error 0X80070422 di laptop/komputer paling mudah.

Seperti juga pesan eror lain, eror dengan kode 0X80070422 sudah tentu menjengkelkan. Sebagian besar pengguna juga pasti merasa bingung ketika tiba-tiba harus berhadapan dengan pesan eror satu ini. Sedangkan sebagian besar lagi, mungkin justru tidak tahu bagaimana harus mengatasi permasalahan eror dengan kode 0X80070422.

Eror dengan kode 0X80070422 sering kali muncul ketika pengguna melakukan update sistem operasi Windows. Menariknya, berbeda dengan beberapa kode eror lain yang mungkin hanya terjadi pada salah satu versi Windows saja. Permasalahan eror 0X80070422 justru muncul di semua versi sistem operasi. Baik itu Windows 7, Windows 8, bahkan juga Windows 10 dan Windows 11.

Kode eror 0X80070422 juga kerap kali nampak ketika pengguna hendak menginstal sebuah aplikasi baru. Terutama aplikasi resmi yang tersedia di Microsoft Store. Eror dengan kode 0X80070422 ini biasanya diawali dengan pesan Something went wrong. Kemudian akan muncul pesan baru berbunyi the error code is 0x80070422 in case you need it.

Bila pesan eror ini muncul, pengguna memang tidak memiliki pilihan lain selain menutup aplikasi. Kemudian mencoba untuk melakukan update maupun mengulang proses instalasi.

Namun selain itu, sebenarnya ada cara mengatasi Error 0X80070422 di laptop/komputer yang bisa dilakukan. Berikut ini diantaranya.

4 Cara Mengatasi Error 0X80070422 di Laptop/Komputer

Kesalahan instalasi dan update dengan kode eror 0X80070422 sayangnya kerap kali dialami pengguna. Selain pesan di atas, pengguna juga sering mendapatkan jendela pop-up berbunyi Error 0X80070422 Installer Encountered. Jika Anda juga sedang sering mengalami permasalahan ini, berikut ini cara-cara untuk mengatasinya.

1. Cek Sistem Update Windows

Error 0X80070422 sering kali terjadi di laptop dan komputer ketika hendak update sistem operasi Windows. Bila hal ini terjadi, tentu saja bisa diduga permasalahannya ada pada sistem Update Windows itu sendiri.

Beberapa kesalahan yang mungkin terjadi bisa saja pada pengaturan sistem Update Windows. Bila sistem update dinonaktifkan, maka ketika mencoba melakukan pembaharuan yang muncul justru kode error 0X80070422. Penyebab lain juga bisa saja karena sistem update tidak diatur secara otomatis.

Jika penyebabnya adalah di atas, maka cara mengatasi error 0X80070422 di laptop/komputer adalah di bawah ini.

  1. Buka menu Control Panel di laptop atau komputer lebih dulu.
  2. Pilih menu System.
  3. Kemudian buka sub menu Security.
  4. Jika sudah, masuk ke Administrative Tools.
  5. PIlih Services.
  6. Di daftar pilihan, cari Windows Update.
  7. Klik dua kali untuk membuka jendela menu Properties.
  8. Periksa status Windows Update. Bila status yang nampak adalah Stop, maka sistem pembaharuan Windows dinonaktifkna.
  9. Untuk kembali mengaktifkan, klik tombol Start.
  10. Klik opsi Start Windows Update.
  11. Lalu klik tombol OK.
  12. Lakukan restart komputer.

Setelah komputer kembali hidup, ulangi sekali lagi untuk melakukan proses update sistem operasi.

Selain melakukan cara di atas, Anda juga bisa membuka pilihan Servies dengan menekan tombol Windows dan R bersamaan di keyboard. Setelah itu ketik perintah Services.msc di kolom Run. Kemudian klik Start.

2. Aktifkan Windows Firewall

Selain karena sistem WIndows Update yang dinonkatifkan, eror 0X80070422 bisa muncul karena Windows Firewall yang nonaktif. Sehingga seperti juga cara sebelumnya, Anda harus mengaktifkan Windows Firewall lebih dulu.

Bila permasalahan eror pada update disebabkan oleh Windows Firewall yang mati, maka akan muncul pula pop-up pesan lain yang berbunyi Windows Firewall can’t change some of your settings, error code. Jika Anda mengalami masalah ini, tidak perlu panik. Ikuti saja langkah-langkah untuk kembali mengaktifkan Windows Firewall di bawah ini.

  1. Klik tombol Start Menu.
  2. Setelah itu pilih menu Control Panel.
  3. Kemudian buka System.
  4. Pilih menu Security.
  5. Selanjutnya masuk ke menu Administrative Tools.
  6. Klik di opsi Services.
  7. Di daftar menu, cari Windows Firewall.
  8. Klik dua kali pada opsi tersebut hingga halaman Properties terbuka.
  9. Di halaman ini, ubah pilihan Starup Type Disable menjadi Automatic.
  10. Klik tombol OK.

Bila sudah, tutup windows yang terbuka. Kemudian lakukan Restart. Ketika komputer sudah kembali hidup, coba untuk melakukan pembaharuan.

Meskipun langkah-langkah dan cara yang dilakukan hampir sama, permasalahan eror 0X80070422  yang disebabkan oleh Windows Firewall biasanya memiliki ciri khusus. Eror yang disebabkan oleh Windows Firewall ini biasanya bukan terjadi ketika hendak melakukan update sistem operasi Windows.

Sebaliknya eror ini justru kerap kali muncul ketika hendak menginstal aplikasi atau game baru dari Microsoft Store. Tidak jarang, eror 0X80070422 yang disebabkan oleh Windows Firewall juga muncul saat melakukan pembaharuan aplikasi.

Sehingga bila sudah mengaktifkan Windows Firewall kembali, Anda bisa mencoba melakukan pembaharuan pada aplikasi yang sebelumnya ingin dilakukan. Bisa juga kembali menginstal aplikasi maupun game.

3. Nonaktifkan Fitur IPv6

Namun bagaimana bila sudah mencoba kedua cara di atas dan masih muncul pesan eror 0X80070422. Bila hal ini terjadi, maka penyebabnya bisa jadi bukan karena Windows Firewall maupun Windows Update.

Sebaliknya, masalah ini justru muncul karena fitur IPv6 yang aktif di Windows. Ketika fitur ini aktif, maka beberapa fungsi lain di Windows akan terganggu. Salah satunya fitur untuk menginstal aplikasi dan melakukan pembaharuan.

Untuk menonaktifkan fitur IPv6, Anda bisa melakukan beberapa langkah dan cara di bawah ini.

  1. Buka Start Menu terlebih dulu.
  2. Kemudian pilih program Control Panel di daftar sub-menu.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Network and Sharing Center.
  4. Klik pada opsi Change Adapter Setting.
  5. Di halaman lain yang terbuka, klik kanan di nama jaringan internet yang sedang digunakan.
  6. Pilih Properties.
  7. Seteah itu pada menu yang muncul, hapus tanpa centang di opsi Internet Protocol Version 6 (TCP / IPv6).

Jika sudah, lakukan restart lebih dulu. Anda juga bisa mematikan koneksi dan jaringan internet. Bila perlu mencabut modem yang digunakan di laptop atau komputer.

Setelah komputer kembali menyala, koneksikan kembali jaringan internet. Anda juga bisa mencoba untuk menginstal atau melakukan pembaharuan.

4. Lakukan Repair

Cara mengatasi error 0X80070422 di laptop/komputer ini bisa dilakukan bila cara-cara di atas belum berhasil. Cara satu ini akan secara langsung memperbaiki permasalahan pada update atau proses instalasi aplikasi.

  1. Klik Start Menu.
  2. Pilih Notepad.
  3. Copy dan paste kode perintah di bawah ini:
    sc config wuauserv start= auto
    sc config bits start= auto
    sc config DcomLaunch start= auto
    net stop wuauserv
    net start wuauserv
    net stop bits
    net start bits
    net start DcomLaunch
  4. Setelah itu simpan file dengan nama repair.bat dengan memilih opsi Save As.
  5. Pilih format menjadi All Types.
  6. Di file tersebut, klik kanan dan pilih Run as administrator,
  7. Tunggu hingga proses selesai berjalan.

Selanjutnya seperti juga sebelumnya, lakukan restart pada komputer. Coba kembali untuk melakukan update sistem operasi.

Semoga cara di atas membantu!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment