Fitur tersembunyi di windows 10

11 Fitur Tersembunyi di Windows 10 yang Jarang Orang Tahu

Techs Bright

Tahukah Anda ada banyak fitur tersembunyi di Windows 10! Sistem operasi Windows 10 telah hadir sejak 2015 lalu. Akan tetapi, masih banyak penggunanya yang tidak tahu jika sistem operasi ini memiliki banyak fitur tersembunyi yang jarang digunakan.

Sebetulnya, Windows 10 ini menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk itu, dengan mengetahui fitur-fiturnya yang masih tersembunyi akan memudahkan penggunanya dalam penggunaan sehari-hari. Berikut ini ulasan lengkapnya!

11 Fitur Tersembunyi di Windows 10 yang Tak Banyak Orang Tahu

Sistem operasi Windows 10 ternyata sudah dibekali dengan fitur-fitur baru yang canggih dan memudahkan penggunanya. Namun sayangnya tak banyak orang yang mengeksplor sistem operasi ini sehingga fitur-fitur tersebut tak banyak digunakan. Nah, Berikut ini di antaranya:

1. Fitur Hibernasi dan Sleep

Fitur ini sangat berguna untuk mereka yang sering menggunakan laptop untuk pekerjaan sehari-hari. Untuk diketahui, fitur sleep fungsinya untuk mematikan layar dan lampu led pada laptop, tetapi aplikasi yang terbuka tidak akan tertutup.

Namun, kelemahannya adalah dalam mode sleep batrei laptop terus terpakai dan ini cukup boros. Nah, jika aplikasi di laptop tetap ingin terbuka, sekaligus hemat batrei, windows menghadirkan fitur hibernasi. Jadi, fitur ini mematikan laptop tanpa menutup aplikasi, sehingga ketika anda membukanya, aplikasi yang Anda gunakan sebelumnya akan terbuka dan masih pada tempatnya.

Untuk menghidupkannya yakni pergi ke menu control panel –> power option –> additional power setting —> choose what the power button do. Jika sudah, pilih change settings that are currently unavaible, lalu centang pada pilihan hibernasi dan sleep pada pengaturan shutdown.

2. Fitur Emoji

Tahu tidak, ternyata Windows 10 ini juga tersedia fitur emoji, loh! Jika Anda ingin melakukan percakapan di media sosial tetapi lewat laptop atau komputer, ini cara untuk menambahkan emoji. Dengan emoji percakapan Anda akan lebih renyah dan seru.

Caranya sangat mudah dan simple, cukup tekan keyboard dengan gambar Windows dan titik (.) secara bersamaan. Fitur emoji akan langsung muncul di bagian kanan bawah laptop. Di sana tersedia berbagai macam emoji, entah itu senang, sedih, love dan masih banyak lagi.

3. Fitur Focus Assist

Sering tidak merasa terusik dengan pop up notifikasi yang muncul di layar komputer atau laptop saat bekerja ataupun bermain game. Ternyata Windows 10 memiliki fitur yang bisa digunakan untuk fokus pada satu aplikasi saja, loh!

Nama fiturnya adalah focus assist. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pergi ke menu setting kemudian pilih system. Di menu system pada urutan ke empat dari atas terdapat menu fitur assist. Untuk mengaktifkannya cukup pilih icon action dan pilih set focus assists hanya pada alarm saja atau priority saja. Jika sudah, maka fitur focus assist Anda sudah aktif.

4. Fitur Dark Mode

Fitur tersembunyi di windows 10 selanjutnya adalah fitur dark mode. Bagi Anda yang tidak terlalu suka cahaya terang fitur light, fitur dark mode ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, mode gelap ini cukup ramah pada mata jika Anda suka menggunakan komputer atau laptop pada malam hari dengan cahaya yang minim.

Untuk mengaktifkannya sangat mudah sekali. Klik kanan pada mouse dan pilih personalize, lalu pilih color dan Anda bisa memilih dark ataupun custom dengan warna lain sesuai keinginan.

5. Fitur Rekam Layar

Windows 10 ternyata sama sekali tidak kalah dari segi fiturnya dengan smartphone. Di Windows 10, kini tersedia fitur untuk bisa rekam layar. Jika Anda memiliki keperluan untuk merekam layar senimar online, ataupun permainan game Anda.

Kini sudah tidak perlu lagi mengunduh software rekam layar, karna Windows 10 telah tersedia fitur rekam layar bawaan. Nah, untuk mengaktifkannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan Windows bersamaan dengan keyboard G (win+G).

Baca juga: 8 Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Gagal Booting

6. Fitur Mode Membaca

Selanjutnya ada fitur membaca yang memiliki kegunaan menurunkan persentase cahaya laptop saat Anda menggunakannya di ruangan yang redup atau gelap. Fitur membaca ini memiliki nama beken yakni night light.

Untuk mengaktifkannya sangat mudah, Anda pilih bilah notifikasi di sebelah pojok kanan device, di sana akan ada icon night light, tinggal tekan saja, maka akan beralih ke mode membaca. Fitur ini juga bisa menjaga mata Anda karena cahayanya yang tidak terlalu terang.

7. Fitur Menghilangkan Layar Sign-In

Sering merasa terganggu dengan layar Sign-In karena harus memasukkan username dan password? Ternyata layar Sign-In yang bikin ribet itu bisa dihilangkan loh! Ini cocok untuk Anda yang tidak sabaran dalam membuka device, dan menyukai kemudahan.

Nah, untuk tata caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu mengaksesnya melalui Windows+R kemudian ketikkan Netplwiz pada kolom pencarian. Setelah itu, pada user Account Anda hanya perlu menghilangkan centang pada kotak user must enter a user name and password to use this computer. Sangat mudah bukan? Kini Anda bisa menggunakan laptop tanpa harus mengingat-ingat kata sandi maupun nama pengguna.

8. Fitur Storage Sense

Fitur tersembunyi pada window 10 selanjutnya ada storage sense. Penumpukan sampah pada sistem operasi komputer memang hal yang tidak bisa dihindari, tetapi bisa dibersihkan, loh! File sampah ini muncul saat Anda menjalankan game, bermain internet atau hal lainnya.

Di fitur storage sense bisa diaktifkan dengan cara pilih menu setting, kemudian pilih system dan tekan storage dan pilih more storage settings. Untuk menggunakannya pastikan menu storage ini ada pada posisi menyala atau on. Ketika storage sense ini menyala, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan file sampah yang bikin kerja sistem lambat.

9. Fitur Pengubah Bentuk dan Ukuran Start Menu

Ternyata bentuk dan ukuran start menu bisa diubah sesuai keinginan, loh! Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu menekan Windows untuk mengakses start menu, kemudian tekan ctrl bersamaan dengan panah ke atas untuk melebarkan ke atas. Anak panah kebawah untuk membuat ukuran lebih pendek. Anak panah ke samping kanan untuk memperlebar menu, dan anak panah ke kiri untuk mempersempit start menu.

10. Fitur Menjalankan File Iso

Jika sistem sebelumnya membutuhkan software tambahan untuk menjalankan file ISO, kini Windows 10 bisa tanpa software tambahan. Sistem operasi Windows 10 ini telah dibekali dengan fitur mount terintegrasi yang memudahkan penggunanya dalam menjalankan file ISO.

Caranya yakni dengan klik kanan pada file Iso kemudian pilih mount dan voila. Jika sudah, file sudah selesai mount tanpa menggunaka software tambahan.

11. Fitur Virtual Dekstop

Hadirnya sistem Windows 10 ini salah satunya yakni untuk menunjang produktifitas penggunanya. Anda kini dapat menyimpan sekumpulan tab ataupun program pada satu desktop, loh! Canggihnya, Anda bisa kembali mengaksesnya saat butuh dengan cara menekan windows+tab kemudian pilih new desktop.

Penutup

Itulah beberapa fitur tersembunyi di windows 10 yang bisa memudahkan pekerjaan anda sehari-hari. Gunakan fitur-fitur di atas sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga menunjang efisiensi pekerjaan dan kegiatan anda. Mungkin masih banyak lagi fitur-fitur windows yang terlewatkan, tetapi mengetahui fitur di atas sudah cukup membuat Anda tidak ketinggalan perkembangan teknologi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment