Windows 10 Gagal Booting

8 Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Gagal Booting

Techs Bright

Diantara banyak permasalahan pada laptop, Windows 10 gagal booting mungkin salah satu paling mengesalkan. Namun tidak perlu panik, ada cara mudah untuk mengatasinya.

Ketika pertama kali dirilis, Windows 10 digadang-gadang menjadi versi sistem operasi paling stabil. Setidaknya setelah sebelumnya Microsoft merilis Windows 8 yang dinilai tidak stabil, sering eror, dan banyak kekurangan lain. Windows 10 disebut-sebut menyempurnakan semua kekurangan tersebut.

Sayangnya belum lama dirilis, Windows 10 sudah menghadapi cukup banyak masalah. Salah satunya, masalah yang paling mengesalkan dan kerap kali membuat pengguna panik: gagal booting.

Ketika Windows mengalami gagal booting, ini berarti sistem operasi akan gagal mulai beroperasi. Akibatnya tentu saja, laptop maupun komputer tidak bisa digunakan.

Untungnya seperti juga banyak masalah pada sistem operasi Windows lain, untuk mengatasi Windows 10 gagal booting sebenarnya cukup mudah.

Berikut ini merupakan cara termudah untuk mengatasi Windows 10 gagal booting.

8 Cara Mengatasi Windows 10 Gagal Booting Paling Mudah

1. Lepaskan Perangkat Eksternal

Salah satu penyebab mengapa Windows mengalami kegagalan saat booting adalah permasalahan pada perangkat eksternal. Perangkat eksternal seperti flashdisk, memori eksternal, hingga mungkin modem bisa menggaggu proses booting pada sistem operasi.

Akibatnya tentu saja bisa diprediksi. Laptop akan terus-terusan mengalami booting. Bisa juga laptop justru gagal ketika proses booting tengah berjalan.

Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melepaskan semua perangkat eksternal yang terhubung dengan laptop. Bila mungkin lepaskan juga keyboard dan mouse eksternal yang digunakan. Terutama lepaskan perangkat USB seperti memori eksternal dan flashdisk.

Jika sudah, restart komputer. Tunggu hingga proses booting selesai dan komputer kembali hidup seperti biasa.

2. Matikan Koneksi Internet

Anda mungkin bertanya-tanya, apa hubungan antara Windows 10 gagal booting dengan koneksi internet. Hubungan antara kedua permasalahan ini rupanya tidak lain akrena Windows Update.

Ketika ada sistem Windows Update yang belum selesai diinstal ataupun diunduh, maka komputer akan melanjutkan proses tersebut ketika kembali hidup. Seperti diduga, ketika laptop baru melakukan booting, proses instal dan download update sudah berjalan.

Kedua proses ini sering kali crash hingga menyebabkan booting Windows 10 tidak sempurna. Pada akhirnya, laptop sering kali stuck di blue screen. Proses booting Windows 10 menjadi gagal. Sedangkan proses download dan instal pembaharuan juga tidak lancar.

Masalah ini bisa diatasi dengan tidak kalah mudah. Anda cukup hanya mematikan koneksi internet ke laptop. Bisa dengan mencabut modem dari komputer atau secara langsung mematikan jaringan internet sementara. Bila sudah, coba kembali untuk melakukan booting.

3. Masuk Ke Safe Mode

Safe Mode merupakan menu pilihan pertama ketika mengalami masalah pada Windows. Termasuk juga ketika Windows 10 mengalami gagal booting.

Berikut ini langkah-langkah untuk masuk Safe Mode.

  1. Jika laptop atau komputer mengalami boot looping dan restart berkali-kali, biarkan hingga muncul menu trobleshoot windows.
  2. Klik Troubleshoot lalu pilih Advanced options.
  3. Selanjutnya klik pada Startup Settings.
  4. Klik Restart.
  5. Setelah komputer kembali hidup, pilih menu Safe Mode with Networking melalui tombol di keyboard sesuai perintah di layar.
  6. Periksa bila ada masalah di Safe Mode.

Masuk ke Safe Mode merupakan cara paling mudah untuk memeriksa bila terdapat masalah di laptop.

4. Uninstall Update

Pembaharuan sistem operasi memang tidak selalu memberikan hasil positif. Sebaliknya, cukup sering proses update justru membuat sistem operasi menjadi crash.  Seperti misalnya update Windows 10 KB3081424 yang justru sering menyebabkan komputer mengalami boot looping.

Jika permasalahan ini yang menjadi penyebab laptop gagal booting, maka cara mengatasinya sangat mudah. Anda cukup hanya menguninstall sistem update terakhir yang dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke Safe Mode terlebih dulu.
  2. Setelah itu buka Windows Setting denagn cara menekan tombol Windows + I bersamaan di keyboard.
  3. Selanjutnya klik opsi Update dan Security.
  4. Klik pada pilihan View installed update history lalu pilih Uninstall updates.
  5. Di layar akan muncul daftar updates yang dilakukan. Pilih update yang kiranya mencurigakan dan lakukan uninstalasi.
  6. Temukan kode instalasi KB3081424 dan pilih uninstall.
  7. Anda juga bisa menguninstall aplikasi atau sistem yang diinstal sebelum laptop mengalami boot looping.

Bila sudah, restart laptop.

5. Perbaiki File Corrupt

File yang corrupt menjadi permasalahan selanjutnya yang bisa menyebabkan laptop mengalami boot looping. Namun tidak perlu khawatir, ada cara mudah untuk memperbaiki file corrupt yang menyebabkan gagal boot di Windows 10 ini.

  1. Pertama-tama restart laptop atau komputer berkali-kali. Seperti sebelumnya, tunggu hingga muncul menu Troubleshoot Windows.
  2. Pilih menu Troubleshoot.
  3. Kemudian masuk ke pilihan Advanced Options.
  4. Selanjutnya pilih Command Prompt.
  5. Akan ada jendela baru yang muncul. Anda hanya perlu ketikan perintah ini saja:
    C:
    cd WindowsSystem32config
    MD backup
    copy *.* backup
    cd regback
    copy *.* ..
  6. Akan muncul jendela pop untuk mengkonfirmasi overwrite file. Pencet huruf A kemudian tekan tombol Enter.
  7. Tunggu hingga proses selesai.
  8. Setelah itu baru ketik perinta Exit.

Proses selesai dan Anda bisa mencoba lagi untuk merestart komputer.

6. Periksa RAM

Masalah yang menyebabkan laptop gagal booting bukan hanya karena permasalahan dari software. Kadang kala, permasalahan ini justru muncul karena ada kerusakan dari hardware.

Komponen hardware yang paling sering rusak dan menyebabkan gagal booting adalah RAM. Bukan hanya karena kapasitas RAM yang penuh saja. Melainkan juga masalah seperti fisik RAM yang rusak, hingga proses instalasi yang kurang tepat.

Masalah satu ini seringnya ditunjukan dengan layar laptop menjadi hitam ketika proses booting sedang berjalan. Tidak ada logo maupun perintah apapun yang muncul.

Jika Anda mengaalmi masalah mirip seperti ini, maka tidak ada pilihan lain selain melakukan pembongkaran. Anda bisa membongkar laptop dan memeriksa bagaimana kondisi fisik RAM. Setelah itu coba juga dengan menginstal ulang RAM sehingga benar-benar tepat.

7. Ganti Harddisk

Masalah hardware lain yang menyebabkan terjadinya adalah kerusakan pada harddisk. Sayangnya bila masalah ini muncul, kerap kali Anda tidak memiliki pilihan lain selain harus mengganti harddisk di laptop atau komputer.

Kerusakan harddisk biasanya ditandai dengan beberapa hal. Mulai dari proses booting komputer dan laptop yang sangat lama. Hingga terjadi gagal booting berkali-kali. Selain itu biasanya performa laptop juga akan menurun secara drastis ketika terjadi masalah di harddisk.

8. Install Ulang Windows

Jika sudah mencoba semua cara di atas namun masalah tidak kunjung selesai, tak ada pilihan lain selain menginstal ulang Windows. Kerusakan pada Windows memang menjadi penyebab utama mengapa terjadi gagal booting. Kerusakan ini bisa jadi karena kesalahan saat update maupun instalasi. Hingga adanya virus dan malware di sistem operasi.

Melakukan proses instal ulang sistem operasi sama sekali tidak mudah. Selain itu penting diingat juga, semua file di laptop akan hilang ketika Anda melakukan instalasi ulang.

Untuk itu sebelum melakukan instal ulang, usahakan agar bisa backup semua file di laptop lebih dulu. Setelah itu baru lakukan instalasi ulang.

Semoga cara di atas membantu Anda mengatasi Windows 10 gagal booting!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment