12 Aplikasi Kebugaran Mental dan Meditasi pada Android

Techs Bright

Siapa di sini yang senang dengan meditasi ataupun aktivitas kebugaran mental lainnya? Apalagi semenjak pandemi covid-19 banyak orang yang melakukan aktivitas untuk meningkatkan imun dan mulai hidup sehat. Ada yang melakukannya secara offline maupun online. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa aplikasi kebugaran mental dan meditasi yang bisa Anda coba?

Iya, Anda tidak salah dengar. Aplikasi ini bisa dicoba terutama untuk Anda, sang pengguna Android. Seperti yang kita tahu, stress menjadi satu masalah yang sering dijumpai masyarakat. Itu pun termasuk generasi milenial atau Gen Z.

Kebanyakan orang mengalami stres karena tuntutan pekerjaan atau juga masalah-masalah yang sedang dihadapi. Pada akhirnya penyakit pun bermunculan dan sebagian besar disebabkan oleh penyakit mental. Tepat sekali, depresi dan stres bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Oleh karena itu, agar bisa mengatasi stres, beberapa orang melakukan hobi dan kegiatan menyenangkan, termasuk meditasi dan kebugaran mental. Lantas apa saja aplikasi yang berhubungan dengan kebugaran mental dan meditasi?

Aplikasi Kebugaran Mental dan Meditasi untuk Android

Seperti yang sudah dijelaskan, ada aplikasi kebugaran mental dan meditasi yang bisa Anda coba yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Bagi pengguna Android, Anda bisa mencari dan mengunduhnya agar bisa dicoba langsung.

Aplikasi-aplikasi Android mengenai kebugaran mental dan meditasi terbaik ini bisa Anda gunakan di mana pun dan kapan pun. Simak aplikasi Android berikut ini.

1. Headspace

Headspace sangat cocok bagi Anda yang masih pemula yang ingin mencoba meditasi. Aplikasi kebugaran mental dan meditasi ini memberikan uji coba secara gratis dalam 10 latihan untuk para pemula.

Ada berbagai macam fitur yang tersedia dalam aplikasi ini yakni mini-meditations dan meditasi anak-anak. Animasi dan grafisnya juga membantu Anda agar bisa memahami alur meditasinya. Selain itu, ada fitur premium yang bisa mengakses banyak fitur.

Keunggulan dalam aplikasi ini ialah fitur SOS Meditations di mana meditasi ini dikhususkan dalam keadaan darurat. Itu seperti Anda terkena panick attack dan semacamnya. Fitur ini sangat berguna untuk menenangkan orang-orang yang memang mempunyai tingkat anxiety yang cukup tinggi.

Di aplikasi ini juga ada sistem hadiah untuk Anda yang ingin melanjutkan latihan agar bisa terhubung dengan banyak orang. Selain Android, di iOS juga menyediakan aplikasi ini baik gratis serta berbayar.

2. The Mindfulness App

Aplikasi The Mindfulness App dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang meditasi. Ada pengingat waktu, pemandu meditasi dalam lima hari, dan juga fitur-fitur lainnya yang berdasarkan kebiasaan meditasi si pengguna.

The Mindfulness App bisa menjadi pertimbangan yang cocok buat Anda. Sebab, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari satu juta pengguna.

3. Aura

Dalam Google Play Store, ada aplikasi kebugaran mental dan meditasi yang bernama Aura. Di sini Anda bisa meditasi harian dan mengikuti sesi life coaching dari life coach dan terapis terbaik di seluruh dunia.

Kelebihan dari aplikasi Aura ialah Anda bisa memilih lagu, meditasi, bahkan cerita yang Anda mau sesuai dengan mood Anda sendiri. Sesi yang diberikan pun sesuai dengan keperluan dan kebutuhan Anda.

4. Calm-Meditate, Sleep, Relax

Selanjutnya, ada aplikasi Calm-Meditate, Sleep, Relax sebagai pemandu meditasi Anda. Waktu yang diberikan adalah sesi selama tiga hingga 25 menit. Lalu ada juga fitur Daily Calm yang menawarkan meditasi yang dilakukan pad awal dan akhir rutinitas.

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa berlatih pernafasan, lalu menikmati cerita pengantar tidur, hingga meditasi yang terarah. Selain itu, sebayak lebih 25 suara bakal menemani Anda agar bisa meningkatkan kualitas tidur.

5. Insight Timer

Lebih dari lima juta pengguna Android mengunduh aplikasi kebugaran mental dan meditasi terbaik ini. Fitur yang disediakan aplikasi ini berkaitan dengan ahli di bidang mindfulness dan Anda sendiri bisa mengatur waktu meditasinya.

Hingga Anda dapat bermeditasi untuk keperluan apapun meskipun hanya beberapa menit saja. Bisa untuk mengurangi kecemasan, stres, atau hanya sekedar mendengarkan musik yang menenangkan pikiran dan hati Anda.

Salah satu keuntungan jika Anda mengunduh aplikasi ini yakni progress tracker dan reward yang bisa diberikan. Pastinya Anda menjadi semakin bersemangat untuk melakukan meditasi.

6. Mindbody: Fitness, Salon, and Spa

Aplikasi Mindbody: Fitness, Salon, and Spa ini sudah diunduh lebih dari lima juta pengguna di Google Play Store. Mindbody menyediakan bermacam-macam kelas kebugaran sepeti barre, yoga, crossfit, hingga pilates.

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menguji kebugaran bersama pelatih, studio, ataupun kelas. Para pengguna dapat mengatur rutinitas kelas latihan kebugaran yang memberikan diskon.

7. Inscape

Inscape adalah studio meditasi yang berlokasi di New York City dan aplikasi ini adalah perpanjangan dari studio itu. Sesi meditasi yang ada di aplikasi juga dipimpin langsung oleh sang pengajar.

Jangan khawatir, Inscape juga cocok untuk digunakan pemula. Aplikasi tersebut menawarkan meditasi beserta musik yang sesuai dengan tingkat pengalaman yang telah Anda capai. Rata-rata orang mengunduh Inscape untuk mempermudah tidur serta mengurangi stress.

8. Buddhify

Apakah Anda mau merasakan praktek meditasi secara profesional? Anda bisa mencoba aplikasi ini agar bisa mengakses dan menggunakan lebih dari 11 jam program meditasi khusus. Ada beberapa latihan untuk membantu Anda relaksasi, beristirahat dari tugas dan pekerjaan, hingga membantu Anda yang sulit tidur atau insomnia.

Para pengguna juga bisa mengavaluasi perkembangan dan pertumbuhan setiap waktunya. Namun, Anda harus merogoh $1,99 untuk pengguna Android, sedangkan bagi yang memakai iPhone atau iOS dikenakan $4,99.

9. Smiling Mind

Aplikasi kebugaran mental dan meditasi berikutnya adalah Smiling Mind yang dikembangkan kelompok psikologis. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk anak-anak berbagai usia termasuk anak berumur tujuh tahun. Jadi cocok bermeditasi bersama keluarga atau teman-teman dan guru di kelas.

Durasi meditasi hariannya saja hanya dalam kurun 10 menit. Tentu aplikasi ini berguna untuk menenangkan diri pada saat di kantor ketika sedang jam makan siang.

10. Sattva Meditations & Mantras

Aplikasi Sattva Meditations & Mantras dapat digunakan meditasi harian. Ada beberapa fitur serta latihan termasuk musik dan timer sebagai pendukung meditasi Anda. Hebatnya, aplikasi ini juga bisa mendeteksi dan memeriksa denyut jatung.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti berbagai macam tantangan melalui aplikasi ini. Sattva Meditations & Mantras menyediakan fitur untuk menunjang kegiatan dan praktek meditasi Anda. Anda juga bisa berlangganan untuk versi pro atau premium dari aplikasi ini.

11. 10% Happier

Kemudian ada aplikasi 10% Happier yang cocok untuk Anda yang ingin memudahkan praktis meditasinya. Latihan yang tersedia dalam aplikasi ini dapat memudahkan Anda cepat tidur dan meredakan rasa kecemasan yang berlebihan.

Tidak lupa aplikasi ini dapat menambah konten baru untuk setiap minggunya. Anda pun bisa memperbarui aplikasi 10% Happier ke versi premiumnya. Itu pun jika Anda ingin menikmati lebih dari 500 video melalui aplikasi ini.

12. Stop, Breathe & Think

Terakhir, ada aplikasi Stop, Breathe & Think yang menawarkan lebih dari 55 pilihan meditasi sehingga membuat Anda tidak bosan. Ada beberapa macam segmen latihan dengan topik yang berbeda. Sebut saja tidur, kecemasan, depresi, kasih sayang, dan masih banyak topik-topik lainnya.

Bahkan aplikasi ini dapat merekam latihan meditasi dalam harian agar bisa mendeteksi atau melacak kemajuan Anda. Anda pun bisa berlangganan aplikasi Stop, Breathe & Think versi premium atau pro agar bisa menikmati banyak fitur.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment