Cara Memperbaiki VCRuntime140.dll Error di Windows

3 Cara Jitu Memperbaiki VCRuntime140.dll Error di Windows

Techs Bright

Di sini kami akan berikan cara memperbaiki masalah yang umum terjadi berupa pesan VCRuntime140.dll error or missing di Windows. Di mana Vcruntime140.dll adalah sebuah file Dynamic Link Library (DLL) yang merupakan bagian dari Microsoft Visual C++ Redistributable Package. DLL ini diperlukan oleh program-program yang ditulis menggunakan Microsoft Visual C++ untuk berfungsi dengan baik. DLL vcruntime140.dll adalah bagian dari Microsoft Visual C++ 2015-2019 Redistributable Package, yang menyediakan komponen runtime untuk program-program yang dibangun dengan menggunakan Visual C++ 2015, 2017, dan 2019.

File vcruntime140.dll menyediakan fungsi-fungsi dan komponen-komponen penting yang diperlukan saat menjalankan program yang menggunakan Visual C++. Ketika Anda menjalankan program yang membutuhkan vcruntime140.dll, komputer harus memiliki file ini secara tepat agar program tersebut dapat dijalankan tanpa masalah.

Manfaat VCRuntime140.DLL

Meskipun bukanlah sebuah komponen yang secara langsung memberikan manfaat kepada pengguna akhir, file ini memiliki beberapa manfaat penting, yaitu:

1. Menjalankan Program yang Membutuhkan Visual C++

Vcruntime140.dll diperlukan oleh program-program yang ditulis menggunakan Microsoft Visual C++. Jika Anda menjalankan program yang membutuhkan komponen ini, kehadirannya memungkinkan program tersebut untuk berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, dengan adanya vcruntime140.dll, Anda dapat menjalankan aplikasi atau permainan yang dibangun menggunakan Visual C++ tanpa kesalahan atau masalah kompatibilitas.

2. Mendukung Fungsi dan Komponen Penting

Vcruntime140.dll menyediakan fungsi-fungsi dan komponen-komponen penting yang diperlukan saat menjalankan program-program yang menggunakan Visual C++. Ini termasuk pemrosesan tipe data, manipulasi memori, operasi file, manajemen sumber daya, dan fungsi-fungsi lainnya yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.

3. Kompatibilitas dengan Program yang Tertentu

Setiap versi Visual C++ memiliki redistributable package yang sesuai, seperti Visual C++ 2015, 2017, dan 2019. File vcruntime140.dll yang termasuk dalam paket redistributable yang sesuai memastikan kompatibilitas dengan program-program yang membutuhkan versi Visual C++ tertentu. Dengan adanya vcruntime140.dll yang tepat, Anda dapat menjalankan program-program yang dikembangkan dengan menggunakan versi yang kompatibel dari Visual C++.

Perbaikan Masalah Vcruntime140.dll

Terkadang, pengguna mungkin mengalami masalah dengan file vcruntime140.dll, seperti kesalahan yang menyatakan file hilang, rusak, atau tidak ditemukan. Dalam kasus seperti itu, menginstal ulang atau memperbarui Microsoft Visual C++ Redistributable Package yang sesuai dapat membantu memperbaiki masalah tersebut dan memungkinkan program yang membutuhkan vcruntime140.dll untuk berjalan baik.

Jika Anda menghadapi masalah terkait vcruntime140.dll, seperti pesan kesalahan yang menyatakan bahwa file tersebut hilang atau rusak, Anda mungkin perlu menginstal ulang atau memperbarui Microsoft Visual C++ Redistributable Package yang sesuai untuk memperbaikinya.

Anda dapat mengunduh dan menginstal paket redistributable Visual C++ yang sesuai dari situs web resmi Microsoft untuk memperbaiki masalah vcruntime140.dll. Pastikan Anda memilih versi yang sesuai dengan sistem operasi dan aplikasi yang Anda gunakan.

Vcruntime140.dll adalah sebuah ekstensi aplikasi dari Microsoft Visual C++ yang memiliki ukuran kurang dari 1 MB (sekitar 80 KB) dan sering ditemukan pada folder system32.

Microsoft runtime library biasanya dipakai untuk menjalankan program yang dikembangkan oleh Microsoft Visual Studio.

Error VCRuntime140.dll sering muncul Ketika membuka game atau aplikasi yang pada umumnya disebabkan oleh Windows tidak mempunyai fungsi library untuk mengakses program tersebut. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melengkapi berbagai macam redistributable yang masih kurang. Tujuannya untuk dapat menjalankan software dan menggunakan aplikasi tanpa adanya hambatan.

Biasanya Muncul Pada Program Berikut

Anda menjumpai pesan “the program can’t start because vcruntime140.dll is missing from your computer” saat menjalankan aplikasi ?

Berikut adalah solusi untuk mengatasi file program seperti dibawah ini:

  • php.exe
  • winfile.ex
  • Plex Media Server.exe
  • otvdm.exe
  • php-cgi.exe
  • AccelerometerSt.exe
  • Proxy.exe
  • Gsi.exe
  • UplayService.exe
  • EoCApp.exe
  • httpd.exe
  • skype.exe
  • piriform.exe
  • flexsim.exe
  • AUEPUC.exe
  • DComPerm.exe
  • HITMAN2.exe

Penyebab dan Akibat dari Error VCRuntime140.dll

Sebelum menuju ke cara memperbaiki VCRuntime140.dll Error, mari kita bahas sedikit mengenai penyebab dan akibat atas file tersebut.

Pada ujung tulisan vcruntime140 terdapat format .dll. Tulisan adalah singkatan dari Dynamix Link Libraries yang merupakan bagian paling luar dari perangkat lunak yang bekerja pada sistem operasi windows. Sebagian aplikasi yang Anda install mungkin saja tidak dilengkapi dengan file jenis VCRuntime. Sehingga kamu akan sering mengalami error vcruntime140.dll pada Windows.

Jika Anda menghadapi masalah dengan kesalahan “missing vcruntime140.dll” (file vcruntime140.dll hilang), ini dapat menyebabkan beberapa konsekuensi negatif, antara lain:

1. Tidak Dapat Menjalankan Program

Jika file vcruntime140.dll hilang, program yang membutuhkannya tidak akan dapat dijalankan. Ini dapat mempengaruhi berbagai jenis program, termasuk aplikasi bisnis, permainan, atau utilitas lainnya.

2. Kesalahan atau Gangguan Saat Memulai Program

Ketika program yang membutuhkan vcruntime140.dll tidak dapat menemukan file tersebut, ini dapat menyebabkan kesalahan atau gangguan saat program tersebut dimulai. Program mungkin gagal memuat atau menginisialisasi, atau mungkin terjadi kegagalan saat memproses tugas tertentu. Ini bisa menghambat produktivitas dan menyebabkan frustrasi.

3. Ketidakstabilan atau Kelambatan Program

Jika program yang membutuhkan vcruntime140.dll tidak dapat menemukan file tersebut, program tersebut mungkin berjalan secara tidak stabil atau menjadi lambat. Ini dapat mengakibatkan penurunan kinerja, kegagalan responsif, atau bahkan kegagalan program secara keseluruhan.

4. Ketidakmungkinan Memperbarui atau Menginstal Ulang Program

Jika file vcruntime140.dll hilang, mungkin sulit untuk memperbarui atau menginstal ulang program yang terkait. Biasanya, program yang membutuhkan vcruntime140.dll akan bergantung pada file tersebut dalam paket redistributable Visual C++. Tanpa adanya vcruntime140.dll yang diperlukan, instalasi atau pembaruan program mungkin tidak dapat dilakukan.

Cara Memperbaiki VCRuntime140.dll di Windows

1. Download dan Copy File VCRuntime140.dll

Apabila pada sistem komputer milik Anda belum ada file VCRuntime140.dll atau sudah ada namun sudah rusak atau using, maka perlu adanya penambahan terhadap file tersebut secara manual. Berikut langkah-langkahnya.

  • Download file VCRuntime140.dll di https://s.id/phsdx
  • Jika sudah, ekstrak file tersebut karena format asli dari file tersebut berbentuk Rar, Zip dan lain sebagainya.
  • Buka folder hasil ekstraks
  • Selanjutnya copy file VCRuntime140.dll ke directori Windows
  • Lalu paste file VCRuntime140.dll ke directori Windows

Ada dua pilihan Directori karena OS Windows memiliki tipe 64 bit dan 32 bit. Namun Windows 10 Memakai tipe 64 Bit ada folder System32. Itu dikarenakan adanya program windows 10 yang masih menggunakan tipe 32 bit. Hal ini bisa diperhatikan jika pada folder SysWOW64 tidak ada file VCruntime140.

2. Reinstall Microsoft Visual C++

  • Download Microsoft Visual C++ Redistributable Packages di https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145
  • Pastikan sesuai dengan versi windows yang Anda gunakan
  • Buka dan jalankan file vc-redist.x64.exe.
  • Ikuti petunjuk instalasi yang berjalan
  • Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan muat ulang pc atau laptop Anda

3. Reinstall Game

Pesan error pada umumnya akan sering muncul pada saat menjalankan game atau program lainnya. Yang artinya, terdapat masalah Visual C++ yang tida bekerja bersamaan dengan program/game yang akan dijalankan. Dengan melakukan isntall ulang program atau game, dapat menjadi salah satu solusi yang dapat dijalankan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk install ulang game adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Control Panel
  • Buka Programs dan kemudian pilih Programs and Features
  • Cari dan temukan aplikasi yang mengalami masalah
  • Klik kanan dan kemudian klik Uninstall

Berikut diatas adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk cara memperbaiki masalah pada vcruntime140.dll.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment