Cara Atasi iPhone Stuck di Mode Recovery

5 Cara Atasi iPhone Stuck di Mode Recovery

Techs Bright

Saat menggunakan iPhone, terkadang pengguna menemukan masalah, di antaranya adalah macet. Masalah yang mungkin pengguna jumpai adalah iPhone stuck di mode recovery, sehingga menghambat aktivitas.

Untuk itu, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah HP nge-lag tersebut. Berikut penjelasannya.

Penyebab iPhone Stuck di Mode Recovery

Sebelum pada pembahasan cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui apa yang menjadi permasalahan stuck tersebut. Apa saja penyebabnya?

1. Masalah pada sistem operasi

Masalah pada sistem operasi iPhone (iOS) bisa menyebabkan proses recovery pada smartphone Anda macet atau terhenti. Oleh karena itu, Anda bisa mengalami kendala yang membuat ponsel berhenti beroperasi dan keluar dari mode pemulihan.

2. Pembaruan rusak

Dalam beberapa kasus, masalah ini terjadi saat pembaruan iPhone yang gagal. Ketika Anda menginstal update dan gagal – bisa karena penyimpanan, jaringan, atau hal lainnya – file akan rusak. Akibatnya, prosedur pembaruan yang salah mengakibatkan perangkat iPhone Anda terjebak dalam mode recovery.

3. Kerusakan hardware

Masalah stuck ini tidak hanya terjadi karena ‘salah update’, tapi juga karena kerusakan perangkat keras ponsel Anda. Misalnya, baterai lemah.

Setelah Anda mengetahui penyebabnya, di bawah pembahasan mengatasi iPhone macet lebih lanju akan Anda dapatkan.

Mengatasi iPhone Stuck di Mode Recovery

Saat smartphone keluaran Apple ini macet, maka Anda hanya akan melihat simbol iTunes atau layar hanya berwarna hitam. Jika itu terjadi, maka Anda perlu keluar sepenuhnya dari mode pemulihan tersebut. ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki stuck pada iPhone.

1. Restart

Untuk mengatasi stuck di recovery mode, maka Anda perlu keluar dari mode tersebut. Maka dari itu, cara paling mudah adalah dengan restart atau mulai ulang perangkat Anda ‘dengan paksa’. Hal ini terpaksa Anda lakukan karena perangkat tersebut macet dan tak merespon tindakan apapun.

Untuk restart paksa iPhone Anda, silakan tekan dan lepas tombol volume atas (+) dengan cepat. Selanjutnya, pada tahapan kedua tekan dan lepaskan tombol volume bawah (-) dengan cepat. Terakhir, tekan dan tahan tombol samping untuk force restart sampai Anda melihat logo Apple.

2. Keluar mode recovery dengan satu klik

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi iPhone stuck di mode recovery Anda karena minim risiko. Namun, untuk ini Anda perlu mengunduh aplikasi dan menghubungkan perangkat iOS Anda ke komputer.

3, Gunakan iTunes dan Finder

iTunes atau Finder juga bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki HP iPhone yang terjebak dalam mode pemulihan. Namun sayangnya, data Anda berpotensi hilang. Untuk itu, jika Anda telah mencadangkan data sebelumnya, cara ini silakan Anda lakukan untuk keluar dari recovery mode.

Sebaliknya, Anda harus merelakan data yang belum dicadangkan hilang ketika menggunakan iTunes dan Finder ini. Pastikan juga Anda memiliki PC.

Jika bersedia, berikut langkahnya:

  • Jika menggunakan PC Windows, Anda perlu memperbarui iTunes ke versi terbaru. Tapi jika menggunakan Mac, Anda tidak perlu menginstal apapun untuk metode ini.
  • Hubungkan iPhone ke computer.
  • Buka iTunes/Finder.
  • Tunggu beberapa saat, iTunes/Finder melakukan pendeteksian iPhone Anda. Akan ada popup yang menyatakan bahwa iPhone Anda perlu update atau melakukan pemulihan.
  • Pilih opsi “Pulihkan iPhone”.
  • Tunggu hingga proses selesai.

4. Masuk Mode DFU

Anda juga bisa mengatasi iPhone stuck di mode recovery dengan masuk ke mode DFU. Tapi sama seperti beberapa cara di atas, Anda membutuhkan komputer untuk keluar dari mode pemulihan. Cara ini cukup berguna, temasuk jika perangkat iPhone Anda mengalami masalah perangkat lunak bahkan firmware. Berikut langkahnya:

  • Hubungkan iPhone ke komputer. Pastika Anda telah menginstal iTunes.
  • Buka iTunes di komputer.
  • Secara berurutan, tekan dan lepas tombol volume naik, volume turun, kemudian tekan dan tahan tombol samping. Tunggu layar menjadi gelap.
  • Tunggu sampai layar kembali menyala. Jika sudah, segera tekan dan tahan secara bersamaan tombol volume turun dan tombol samping. Anda akan masuk DFU Mode.
  • Tunggu beberapa detik, lepaskan tombol samping dengan tetap terus tahan tombol volume turun. Anda akan melihat pop-up di Finder atau iTunes yang menyatakan bahwa perangkat iPhone Anda dalam mode recovery. Klik OK.
  •  Pilih “Pulihkan iPhone”.
  • Ikuti petunjuk hingga selesai.

5. Hubungi Dukungan Apple

Jika masalah stuck ini terus berlanjut, ada baiknya Anda menghubungi dukungan Apple terdekat. Anda bisa mendatangi Apple Store terdekat untuk memperbaiki masalah iPhone stuck di mode recovery yang terjadi. Namun, ada baiknya Anda kunjungi situs web Apple lebih dahulu untuk membuat janji perbaikan perangkat Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi iPhone stuck di mode recovery. Pastikan Anda mempertimbangkan langkah-langkah tersebut, terutama yang berisiko menghilangkan data pada perangkat. Jika Anda harus mendatangi Apple Store, konsultasikan juga cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Semoga membantu.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment