Fitur Cepat Hapus Riwayat Penelusuran Google Mulai Diluncurkan Untuk Pengguna Android

Fitur Cepat Hapus Riwayat Penelusuran Google Mulai Diluncurkan Untuk Pengguna Android

Pada acara Google I/O pada tahun 2021, Google mengumumkan fitur untuk menghapus riwayat pencarian Google Search yang telah dicari pengguna dalam 15 menit terakhir.

Durasi ini lebih cepat dari yang tersedia saat ini, karena pengguna hanya dapat menghapus riwayat pencarian Google mereka selama 24 jam atau sehari terakhir.

Namun saat itu, fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna Google Penelusuran versi iOS. Sekarang Google memperluas fitur hapus riwayat pencarian ke pengguna Android.

Kemunculan fitur ini pertama kali diperhatikan oleh Mishaal Rahman dari XDA Developers. Ia mengklaim memiliki informasi tentang pembaruan fitur di Google Penelusuran dan saat ini sedang diluncurkan untuk pengguna Android.

Google juga telah mengkonfirmasi untuk peluncuran fitur ini bagi pengguna Android.

“Saat ini kami sedang meluncurkan fitur tersebut di Google app for Android dan mudah-mudahan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang,” kata juru bicara Google Ned Adriance, dikutip dari The Verge, Selasa (22/3/2022).

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus daftar pencarian Google Search yang telah dilakukan dalam 15 menit terakhir.

Untuk mengetahui apakah fitur ini sudah hadir di perangkat Android Anda, Anda bisa membuka aplikasi Google Search yang terpasang di ponsel Android Anda.

Kemudian, klik pada ikon foto profil Anda dan cari opsi yaitu “Hapus 15 menit terakhir”. Jika fitur ini sudah tersedia di perangkat Anda, opsi untuk menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir terlihat di menu “Riwayat Pencarian”.

Berdasarkan pengamatan Anda, beberapa pengguna Google Search di Android belum memiliki fitur ini pada saat artikel ini ditulis. Ada kemungkinan peluncuran fitur tersebut akan diluncurkan secara bertahap untuk pengguna Android.

Baca Juga :  Google Memperbarui Hasil Pencarian Di Ulasan Produk Jadi Lebih Baik

Selain opsi pada 15 menit terakhir, Google juga telah memperkenalkan untuk penghapusan otomatis riwayat pencarian selama 3 bulan terakhir, dari 18 bulan menjadi 36 bulan. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat untuk menelusuri semua riwayat pencarian dengan cara manual dan bisa menghapusnya satu per satu.

Memiliki fungsi hapus yang sama seperti 15 menit terakhir adalah opsi cepat bagi pengguna untuk menghapus sesi pencarian terbaru.

Beberapa waktu sempat tertunda

Google awalnya mengumumkan fitur hapus riwayat pencarian 15 menit terakhir di acara Google I/O yang berlangsung pada Mei 2021. Fitur ini kemudian tersedia untuk pengguna iOS pada Juli di tahun yang sama dan berjanji akan memperluas di pengguna android pada akhir tahun.

Namun, fitur ini tidak diperkenalkan di Google Search versi Android hingga Januari. Raksasa teknologi itu sendiri belum memberikan alasan penundaan tersebut.

Sekarang fitur ini sudah tersedia bagi pengguna iOS dan Android. Akan tetapi belum diketahui apakah Google juga akan mengizinkan Google Search versi desktop untuk mendapatkan fungsi yang sama atau tidak.