Apple Membutuhkan Bantuan Samsung Untuk Menyingkirkan Notch iPhone

Apple Membutuhkan Bantuan Samsung Untuk Menyingkirkan Notch iPhone

Apple telah lama dikabarkan akan menghilangkan notch pada iPhone, tetapi sejauh ini belum terjadi juga. Penyebab? ID Wajah.

Notch pada iPhone saat ini digunakan untuk menyimpan sejumlah sensor, salah satunya adalah sensor inframerah untuk Face ID. Inilah yang membuat sulit untuk menghapus Notch tersebut dari iPhone.

Nah, The Elec mengatakan bahwa Samsung memiliki teknologi yang sedang dikembangkan, yang dapat membuat ID Wajah dan kamera depan bekerja dari bawah layar. Jadi bukan hanya kamera yang bisa disembunyikan di bawah layar.

Teknologi baru ini kabarnya hanya akan digunakan di lini ponsel layar lipat besutan Samsung yang dirilis pada 2023 dan bisa digunakan oleh Apple untuk iPhone 15.

Samsung saat ini menggunakan kamera bawah layar pada Galaxy Z Fold 3. Namun, kualitas layar di atas kamera cukup menjadi keluhan di sejumlah ulasan, karena kerapatan pikselnya yang rendah. Hal ini harus dilakukan agar layar bisa melewatkan cahaya sebanyak mungkin agar bisa terekam oleh sensor kamera.

Jadi gambar juga perlu diproses lebih lanjut dari sisi software, yang terkadang membuatnya terlihat tidak realistis. Tapi ini adalah kamera bawah layar generasi pertama, dan Samsung dilaporkan telah menemukan cara untuk memperbaikinya.

Peningkatan kualitas dilaporkan dilakukan dalam kemitraan dengan OTI Lumionics, produsen layar bening Kanada. Perusahaan ini menggunakan teknologi pembelajaran mesin dan terus-menerus meneliti dan menyempurnakan metode pembuatan layar dalam beberapa tahun terakhir. Mereka berkata mampu menciptakan “jendela” mikroskopis transparan dalam bentuk katoda di panel layar OLED.

Apple sebelumnya dikabarkan akan bekerja sama dengan LG Display untuk menyembunyikan ID Wajah di bawah layar, karena pesaingnya Samsung juga mengembangkan teknologi yang sama. Berdasarkan rencana awal, LG bertujuan untuk mencapai 20% tampilan transparan pada tahun 2023 dan 40% pada tahun 2024.

Baca Juga :  Model iPhone 14 Pro Mungkin Satu-Satunya Perangkat Yang Mendapatkan Chip A16 Baru