aplikasi android terbaik untuk fotografi

Aplikasi Android Terbaik untuk Fotografi dan Editing Gambar

Mochamad Ikhwana

Banyak aplikasi Android terbaik yang tersedia di Google Play Store yang mesti Anda unduh dan coba. Aplikasi-aplikasi tersebut tentu mempunyai banyak keunggulan dan menguntungkan segala aktivitas Anda sehari-hari.

Kali ini mengenai aplikasi untuk fotografi dan editing gambar. Bagi yang menyukai seni fotografi, aplikasi ini sangat penting dan berguna bagi Anda.

Apalagi semua orang pasti ingin fotonya bagus dan Anda ingin glow up tentunya. Foto-foto tersebut pastinya ingin diunggah di media sosial agar semua orang melihat. Hal itu nantinya akan memicu reaksi yang beragam berupa like, save, hingga meninggalkan komentar dan emoticon.

Aplikasi Android Terbaik Khusus untuk Fotografi dan Edit Gambar

Dengan banyak aplikasi Android terbaik yang berkaitan dengan dunia fotografi sudah bertebaran banyak di menu Google Play Store. Ada yang bisa diakses secara gratis namun ada juga yang harus bayar terlebih dahulu.

Ditambah sekarang setiap orang sudah mempunyai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. Media sosial menjadi ajang memamerkan sekaligus tempat untuk menyimpan segala bentuk foto maupun video.

Lalu aplikasi Andorid terbaik apa saja yang cocok untuk Anda yang menyukai fotografi? Berikut rekomendasi dan penjelasannya.

1. PicsArt

Aplikasi Android terbaik pertama untuk mengedit foto yang harus kamu gunakan yakni PicsArt. PicsArt bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pemakai iOS.

Aplikasi ini bisa dibilang sebagai aplikasi edit foto terbaik dan sering digunakan para penggunanya. Hal ini disebabkan tampilan aplikasi ini sangat menarik dan juga mudah digunakan.

Ada banyak pilihan tools dan fitur di dalam PicsArt yang bisa membuat foto Anda semakin jernih dan glow up. Namun ada beberapa tools yang bersifat premium sehingga para pengguna harus membayar Rp120.000,- per bulan jika ingin mengaksesnya.

Anda bisa menggunakan PicsArt dengan gratis namun hanya ada beberapa tools yang bisa diakses gratis. Selain itu, Anda harus bersahabar karena aka nada iklan yang muncul tiba-tiba ketika sedang mengedit foto.

2. Instagram

Mau yang lebih simpel lagi? Instagram adalah jawabannya. Instagram yang kita tahu berfungsi untuk update, chat, tulis status, memamerkan, hingga menyimpan foto dan video saja. Tidak hanya sekedar itu saja, Instagram juga bisa digunakan untuk mengedit foto dan video.

Berdasarkan laman Tom’s Guide, aplikasi ini sudah diakses dan diunduh oleh lebih dari 850 juta pengguna hingga saat ini. Angka tersebut tentu bakal terus bertambah.

Di sini Anda dapat mengedit foto dengan simpel, mudah, dan juga cepat. Cara menggunakan fitur dan tools edit foto juga tidak ribet sama sekali. Bahkan kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan aplikasi edit foto lainnya.

3. Snapseed

Aplikasi Snapseed menjadi salah satu aplikasi Android terbaik untuk edit foto. Snapseed sendiri cukup terkenal untuk orang-orang yang gemar mengedit foto. Menariknya, aplikasi ini banyak sekali digunakan fotografer profesional sekalipun.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengedit hasil foto-foto Anda baik itu foto selfie, kerumunan atau sekelompok orang, hingga pemandangan. Ini dilakukan agar foto-foto tersebut terlihat lebih aesthetic dan enak untuk dipandang berkali-kali.

Tools yang disediakan Snapseed juga beragam dan tidak ada habisnya. Sebut saja filters, brushes, dan masih banyak tools lainnya. Anda bisa mengganti warna, masking, mengubah bentuk sesuai yang diinginkan, hingga menggunakan filters.

Hebatnya lagi, ternyata Snapseed bisa diakses gratis seutuhnya. Jadi Anda bisa menggunakan semua tools yang ada di aplikasi ini secara cuma-cuma.

4. VSCO

Aplikasi VSCO juga menjadi pilihan untuk mengedit foto dan juga bisa dijadikan sebagai aplikasi kamera. Dalam aplikasi ini, Anda juga bisa menemukan tips, trik, dan juga berbagai macam filter seru dan menyenangkan untuk digunakan.

Di sini tersedia tools photo corrections dan adjustments yang dapat membuat foto Anda terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sayangnya, untuk menikmati ini semua, Anda dikenakan biaya sebesar US$19,99 per tahun atau setara dengan Rp310.000,-. Dengan membayarnya, Anda bisa menikmati semua fiturnya, termasuk video editor.

5. Pixlr

Pixlr bisa membantu dalam pengeditan foto dengan berbagai macam pilihan filter, efek, dan juga adjustment tools yang sudah tersedia.

Anda juga bisa memberikan berbagai pilihan borders dan stiker yang menarik dan menggemaskan. Banyak template desain yang juga disediakan agar foto menjadi semakin aesthetic.

Anda bisa menggunakan Pixlr dengan gratis, namun ada juga versi premiumnya. Pada versi premium, Anda bisa mengakses banyak stiker, efek, filter, font, dan masih banyak tools lainnya.

Versi premiumnya sendiri, dikenakan biaya US$1,99 atau setara dengan Rp31.000 (jika kurs diasumsikan sebesar Rp15.500,-)

6. Adobe Lightroom

Aplikasi edit foto selanjutnya adalah Adobe Lightroom. Aplikasi ini sangat unik dan tidak perlu khawatir karena di sini tersedia tutorial untuk Anda yang masih bingung cara mengedit foto yang benar.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan banyak tools. Ada color adjustment, filters, dan banyak tools yang bisa digunakan. Perlu diketahui, aplikasi Adobe Lightroom juga mempunyai fitur Discover.

Anda bisa menggunakan aplikais ini secara gratis. Akan tetapi, jika ingin menggunakan semua fasilitasnya, Anda bisa membeli versi premiumnya seharga US$4,99 per bulan atau setara dengan Rp78.000,-.

7. Adobe Photoshop Camera

Selain Adobe Lightroom, Anda juga bisa mencoba Adobe Photoshop Camera yang tersedia di Android maupun iOS.

Aplikasi ini menampilkan fitur special effects dan juga photo correction yang dapat membuat hasil jepretan Anda lebih jernih dan jauh lebih aesthetic.

Menggunakan Adobe Photoshop Camera terlihat simpel dan mudah. Anda hanya memilih filter sesuai yang Anda inginkan dan butuhkan. Tidak lupa Anda juga dapat menghilangkan berbagai objek yang dianggap mengganggu foto Anda.

Bila disimak, ada banyak influencer dan selebgram yang menambahkan dan membuat filter di dalam aplikasi ini. Oleh karena banyaknya efek dan filter yang ada, Anda dijamin bakal bingung karena ingin mencoba semuanya.

Adobe Photoshop Camera ini bisa digunakan dengan gratis dan tidak ada versi premiumnya untuk aplikasi ini.

8. TouchRetouch

TouchRetouch adalah aplikasi edit foto selanjutnya yang mesti Anda coba. Bila hasil foto-foto Anda memiliki kontras atau ketidaksempurnaan kecil maka melalui aplikasi ini, Anda bisa menghilangkan itu.

Meskipun TouchRetouch tidak bisa berfungsi dengan jika ada perubahan besar, namun TouchRetouch bisa membuat foto Anda menjadi lebih baik.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus membayar US$1,99 saja. Namun, Anda bisa mendapatkan secara gratis jika menggunakan Google Play Pass.

Aplikasi Android Terbaik untuk Edit Foto Sering Dipakai Selebgram

Mungkin dari kalian pernah berpikir mengapa banyak influencer dan selebgram mempunyai foto-foto yang jernih dan bagus.

Ada yang sampai menyewa fotografer namun ada juga yang menggunakan aplikasi tersendiri. Iya, seperti aplikasi Android terbaik untuk fotografi dan edit gambar yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tunggu apalagi. Segera unduh aplikasi untuk edit foto dan langsung menggunakan. Dijamin foto Anda semakin baik dan jauh lebih aesthetic.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment