Cara Cek BLT Minyak Goreng Cair Minggu Depan

Cara Cek BLT Minyak Goreng Cair Minggu Depan

Pemerintah akan menyerahkan BLT minyak goreng seharga Rp 300.000. Bantuan sosial ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat saat harga minyak goreng sedang tinggi.

Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Kementerian Perekonomian, mengatakan BLT untuk minyak goreng akan diserahkan pekan depan. Dia mengatakan pembayaran akan dilakukan secara bertahap hingga 21 April 2022.

“Pekan depan kita mulai pendistribusian sehingga sesuai instruksi presiden, BLT minyak goreng akan didistribusikan pada bulan Ramadhan atau paling lambat seminggu sebelum Lebaran,” kata Susiwijono kepada media briefing BLT minyak goreng BLT, Jumat (4 Agustus 2022).

Sasaran penerima bantuan sosial ini dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama 20,65 juta, yang masuk dalam daftar program sembako (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Kriteria pendistribusian pertama adalah Kementerian Sosial, sehingga pendistribusian dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Demikian ditulis Instagram @kemensosri, dikutip pada Sabtu (4/4/2022).

Jadi bisa cek di cekbansos.kemensos.go.id. Melalui laman tersebut, masyarakat dapat melihat daftar penerima BPNT dan PKH menurut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan menurut kategori penerima menurut MLSA.

Berikut cara pengecekan penerima BPNT dan PKH:

  1. Kunjungi https://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Isikan data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa tempat tinggal Anda
  3. Tulis nama Anda sesuai KTP
  4. Masukkan kode 4 huruf di kolom kode
  5. Jika kode hurufnya tidak jelas, klik kolom kode untuk mendapatkan kode baru
  6. Kemudian klik tombol cari

Sistem kontrol Kementerian Sosial mencari nama penerima sesuai DTKS. Oleh karena itu, jika nama penerima tidak terdaftar di DTKS, maka bantuan sosial tidak dapat diberikan.

Sedangkan tahap kedua yakni penerima 2,5 juta PKLW akan disalurkan langsung ke TNI/Polri di 540 wilayah/kota. Kriteria kedua adalah 2,5 pedagang kaki lima warung (PKLW).

Baca Juga :  Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng Cair April 2022

Total bantuan yang akan dialokasikan untuk BLT minyak goreng adalah Rp 6,9 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari Rp 6,2 triliun untuk 20,65 juta orang dalam daftar BPNT dan PKH. Selain itu, Rp 750 miliar akan dibagi menjadi PKLW 2,5 juta.