Cara Cek Status Penerima BSU 2022 Melalui kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Cara Cek Status Penerima BSU 2022 Melalui kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT Upah Subsidi sebesar Rp 600.000 masih berlangsung, dengan pencairan tahap pertama dimulai pada 12 September.

Program subsidi upah BSU atau BLT tahun ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022. Salah satunya, penerima manfaat harus menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.

Untuk pendaftaran penerima BSU 2022 bisa dilakukan secara online melalui website Kementerian Ketenagakerjaan (kemnaker.go.id), dan website BPJS Ketenagakerjaan, bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Cara Cek Online Penerima BSU 2022

Verifikasi penerima subsidi upah BSU atau BLT 2022 melalui kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id sebagai berikut:

Cek Penerima BSU atau Subsidi Upah 2022 Melalui kemnaker.go.id

Sebelum mengakses apakah Anda terdaftar sebagai penerima BSU atau tidak, Anda harus memiliki akun di halaman kemnaker.go.id, yang membutuhkan data berupa nomor KTP, nama lengkap, nama ibu kandung, alamat email dan nomor handphone yang aktif.

Setelah memiliki akun, ada tiga langkah verifikasi subsidi upah BSU atau BLT melalui kemnaker.go.id, sebagai berikut:

  1. Buka https://kemnaker.go.id dan masuk atau login dengan akun terdaftar
  2. Isi detail pribadi Anda seperti gambar profil, tentang, status hubungan, dan jenis lokasi
  3. Setelah itu, jika Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU maka akan muncul notifikasi bahwa Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU sesuai dengan langkah-langkah penyampaian data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Tenaga Kerja.

Sebagai informasi, data yang diterima Kementerian Tenaga Kerja akan diverifikasi ulang. Jika pekerja memenuhi syarat dan kriteria, maka pekerja tersebut akan ditetapkan sebagai penerima subsidi upah BSU atau BLT 2022.

Baca Juga :  Spoiler One Piece 1045 Fakta Mengejutkan Pada Hito Hito No Mi. Efek Hebat Terjadi Pada Luffy

Adapun status penetapan dan penyaluran bantuan subsidi upah dapat dipantau secara berkala melalui laman Kemennaker.go.id. Rincian pemberitahuan BSU atau BLT subsidi upah 2022 di Kemennaker.go.id.

Cek Penerima BSU melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Langkah untuk pengecekan penerima subsidi upah BSU atau BLT tahun 2022 melalui laman BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Akses laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Pada halaman utama, scroll ke bawah dan akan muncul tulisan “Apakah Anda calon penerima BSU?”
  3. Isi NIK Anda, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor ponsel dan alamat email saat ini
  4. Setelah semua data yang dimasukkan benar, klik tombol “Lanjutkan” dan sistem akan mengambil data sesuai yang dimasukkan.

Jika data yang sudah dimasukkan tadi termasuk dalam calon penerima BSU, maka akan muncul notifikasi seperti dibawah ini:

“Anda lolos untuk proses verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Gaji (BSU), untuk selanjutnya proses validasi dilakukan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Proses verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Peraturan Nomor 10 Tahun 2022 Perpres Kementerian Tenaga Kerja”.

Sedangkan untuk mengetahui status penetapan sebagai penerima manfaat BSU dan pencairan subsidi upah dapat dikonsultasikan secara berkala melalui laman kemnaker.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.