Tips Mudik Lebaran dan Aman Naik Kendaraan Pribadi Saat Pandemi

Tips Mudik Lebaran dan Aman Naik Kendaraan Pribadi Saat Pandemi

Mudik Lebaran seringkali menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, kondisi pandemi beberapa tahun terakhir membuat pemerintah punya waktu untuk membatasi mobilitas sehingga mudik juga sudah dilarang.

Namun, tahun ini pemerintah mengeluarkan kebijakan membolehkan pulang kampung bagi masyarakat. Dengan demikian, momen lebaran bisa dirayakan di rumah bersama kerabat.

Jika Anda salah satu yang berencana mudik tahun ini, pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan khusus seperti mobil agar lebih aman dan nyaman. Agar traveling dengan mobil semakin menyenangkan, yuk simak 4 hal berikut yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Vaksinasi Segera

Sebelum pulang, pastikan untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk mendapatkan vaksin dosis penuh (ditambah booster jika memungkinkan). Karena vaksin akan membantu tubuh Anda lebih tahan terhadap serangan virus, membuat Anda lebih tenang selama perjalanan.

Sebaiknya jangan menunda vaksinasi sampai waktunya pulang karena antibodi dari vaksin baru akan terbentuk 1-2 minggu setelah vaksinasi. Dengan pra-vaksinasi Anda tidak akan merasakan efek KIPI (Post Vaccination Follow Up Events) seperti malaise atau demam dalam perjalanan pulang. Tentu Anda tidak ingin rencana pulang Anda terganggu oleh penyakit akibat efek KIPI, bukan?

Selain vaksinasi, persiapan ekstra harus dilakukan dalam perjalanan pulang selama masa pandemi. Misalnya membawa peralatan protokol kesehatan yaitu hand sanitizer untuk bepergian, tisu antiseptik, semprotan disinfektan, obat-obatan, masker tambahan, dll.

2. Rencanakan rute yang akan dilalui

Selama 2 tahun Anda belum pulang untuk Lebaran, Anda mungkin perlu mengingat rute untuk pulang. Jadi cobalah untuk membuat rencana rute mana yang ingin Anda tuju.

Misalnya, memilih jalan tol, jalan utama atau jalan alternatif yang praktis dan bebas hambatan untuk menghindari kemacetan. Tentukan juga kapan harus berhenti di beberapa rest area untuk beristirahat dalam perjalanan.

Baca Juga :  Bagaimana Mengetahui Bahwa WhatsApp Telah Dibaca Bahkan Dengan Centang Biru Dinonaktifkan

3. Istirahat yang cukup

Pulang kampung yang biasanya dilakukan menjelang Lebaran saat Ramadhan, menjadi tantangan tersendiri, karena tetap harus dilakukan saat berpuasa. Ada baiknya Anda beristirahat sejenak sebelum berangkat agar tubuh tidak terlalu lelah dalam perjalanan jauh.

Dengan kondisi tubuh yang sehat, bugar dan istirahat. Perjalanan akan lebih tenang.

Jika perlu, Anda bisa membawa makanan untuk berbuka puasa. Buka puasa di dalam kendaraan dapat mengurangi risiko terpapar virus dalam kondisi saat ini.

4. Periksa apakah mobil yang akan dipakai sudah siap

Sangat penting untuk memastikan kondisi mobil dan kesiapannya untuk pulang. Apalagi jika Anda sudah lama tidak membawa mobil. Anda bisa mengecek kondisi komponen utama mobil, seperti aki, mesin, ban, rem, lampu depan dan kandungan bahan bakar.

Ini 4 hal yang bisa kamu persiapkan untuk menyambut tradisi mudik Lebaran tahun ini. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan alat yang ingin digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.