Tips Mengoptimalkan Bisnis Anda di Instagram

Tips Mengoptimalkan Bisnis Anda di Instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial paling populer di kalangan anak muda. Platform media sosial atau medsos mempunyai berbagai macam fitur kreatif yang bisa dapat anda gunakan untuk bisnis. Dari feed, story, live, hingga IGTV. Fitur-fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk menjangkau audiens Anda.

Ingin menggunakan fitur Instagram untuk bisnis? Fitur mudah yang bisa Anda gunakan adalah hastag. Anda juga bisa menggunakan hashtag khusus menyesuaikan dengan bisnis Anda.

Hindari menggunakan terlalu banyak hashtag. Instagram menyediakan Insights untuk setiap profil bisnis di Instagram. Kehadiran fitur ini dapat membantu bisnis lebih memahami karakteristik audiens mereka.

Melalui Insights, mereka dapat menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten dan berapa banyak konten yang akan diposting dalam sehari.

Ada Bantuan Algoritma

Platform ini menyediakan algoritma untuk membantu Anda mengunggah 10 konten sekaligus. Pada fungsi ini, Anda tidak merasa terganggu. Algoritma Instagram secara bertahap akan menampilkan unggahan Anda kepada pengikut. Jangan lupa tunjukkan karaktermu. Berteman dengan konsumen dan hasilkan interaksi. Gunakan fitur asli seperti umpan, cerita, siaran langsung, untuk IG TV.

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, Anda bisa memasang iklan dengan biaya mulai dari Rp 20.000.

Akhir-akhir ini, jejaring sosial sering dilihat sebagai sarana penjualan. Salah satunya adalah Instagram.

Pada platform ini, penjual dapat “memamerkan” produk mereka dan mempromosikannya kepada pengguna Internet. Untuk menarik perhatian dan menarik konsumen, penjual sering menawarkan promosi dan produk gratis (hadiah) kepada warga.

Bahkan tidak jarang para pemasar menggunakan jasa influencer untuk meng-endorse produknya.

Selain memiliki tampilan yang menarik, platform ini juga memiliki potensi pasar yang sangat menarik. Setidaknya ada satu miliar pengguna yang mengakses Instagram setiap bulan. Jika Anda tertarik untuk “berjualan” di media ini, setidaknya kita bisa menerapkan lima tips di bawah ini.

Baca Juga :  Tips Mudik Lebaran dan Aman Naik Kendaraan Pribadi Saat Pandemi

5 tips yang bisa membuat bisnis Anda menarik untuk pengguna Instagram.

1. Tonjolkan Karakter Utamanya Pada Bisnis

Profil Instagram adalah toko online untuk bisnis. Karena itu, tonjolkan karakter utama bisnis untuk memudahkan bisnis Anda dengan bisnis lain.

Anda dapat membuat nama bisnis yang menarik, melengkapi data biografi, dan menampilkan feed dengan foto dan video berkarakter berkualitas tinggi.

Tampilan ini dapat menarik perhatian konsumen. Gunakan beberapa subjudul untuk menyampaikan narasi merek dan kisah produk.

2. Format Vertikal atau Lurus Keatas

Format vertikal adalah format baru yang mampu menangkap perhatian pelanggan dengan cepat melalui kontennya yang menempati seluruh layar.

Platform ini menyediakan beberapa fitur yang menyajikan konten berformat vertikal, seperti Stories dan Live. Anda bisa mencuri perhatian pelanggan dengan menampilkan konten kreatif di Instagram Stories dan Live.

FYI, Indonesia adalah negara dengan kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Secara global, 52 persen pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka merasa lebih tertarik pada suatu merek atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories.

3. Hasilkan Interaksi Dengan Pengikut Anda

Jangan lupa untuk menjalin komunikasi dua arah dengan followers melalui fitur polling dan dengan aktif menjawab pertanyaan. Anda dapat menjalankan kontes untuk membantu menyebarkan berita tentang tagar merek kepada anggota komunitas yang lebih besar.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur interaktif seperti stiker survei dan mengajukan pertanyaan kepada saya. Semakin banyak Anda berinteraksi dengan pengikut Anda, semakin aktif mereka dalam memberi Anda umpan balik dan semakin banyak waktu yang mereka habiskan untuk melihat konten yang Anda unggah.

Baca Juga :  Twibbon Lailatul Qadar 2022 Desain Unik dan Menarik, Cocok Untuk Dibagikan di Media Sosial

4. Perhatikan Hashtag

Ada satu miliar pengguna Instagram aktif bulanan di seluruh dunia. Lebih dari 200 juta akun dari mereka mengunjungi profil bisnis setiap hari.

Menariknya, dua dari tiga kunjungan ke profil bisnis berasal dari orang yang bukan pengikut. Menggunakan tagar yang tepat penting bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan pelanggan potensial.

Misalnya, Kaloka Pottery, sebuah UKM Yogyakarta, mampu menjangkau pasar Timur Tengah melalui tagar.

Dua manfaat utama menggunakan hashtag adalah menemukan calon pelanggan dan inspirasi produk atau berkolaborasi dengan pembuat konten lain, dan membuat calon pelanggan menemukan bisnis Anda.

Strategi penggunaan hashtag juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis. Anda dapat membuat hash (hashtag) khusus yang unik untuk sifat bisnis Anda atau menggunakan hashtag relevan yang sudah ada. Umumnya, tiga hingga lima hashtag dalam sebuah postingan sudah cukup efisien.

5. Promosikan Konten Terbaik

Platform ini menyediakan berbagai format iklan untuk feed dan story. Fitur promosi ini memungkinkan bisnis Anda menjangkau audiens yang lebih besar. Misalnya, promosikan feed dan iklan carousel.

Untuk menarik perhatian, Anda dapat membuat tampilan konten iklan Anda yang mirip dengan tampilan cerita pengguna. Tujuannya agar mereka tidak merasa asing dengan iklan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.