Contoh Kecerdasan Buatan

Saat ini, Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi pusat perhatian dunia. Bagaimana tidak? Deep Blue, komputer yang bisa mengalahkan Garry Kasparov di tahun 1990-an di catur profesional dalam waktu singkat. Kemampuan itu diprogram untuk membantu orang bekerja lebih efisien.

Terkait dengan itu, AI memiliki dua kategori, yaitu AI Lemah (Weak AI) dan AI Kuat (Strong AI). AI yang lemah dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu, seperti menjawab pertanyaan berdasarkan masukan pengguna atau bermain catur. Sedangkan AI yang kuat dirancang dengan sistem yang bersifat kognitif seperti manusia. Ketika AI yang kuat diberikan, sistem ini akan memberikan solusi yang baik tanpa peran manusia. Anda akan belajar sendiri untuk memecahkan masalah baru.

Disadari atau tidak, kecerdasan buatan sering digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut ulasan 10 kecerdasan buatan yang kita gunakan setiap hari.

1. Streaming Video atau Musik

Streaming telah menjadi salah satu media hiburan favorit dunia. Bagaimana tidak? Program ini dapat mengakses video atau musik apa pun dengan mudah dan cepat. Saat kita melakukan streaming video, program akan menampilkan kualitas sesuai dengan kemampuan sinyal kita.

Biasanya ketika Anda mulai membuka aplikasi streaming, aplikasi akan menyajikan konten terbaru atau tren saat ini. Bahkan tanpa permintaan Anda, aplikasi akan menyajikan konten yang direkomendasikan berdasarkan rekam jejak atau riwayat pencarian yang Anda lakukan. Program ini dibuat agar pengguna dapat tetap streaming.

2. Search Engine

Anda pasti tidak asing lagi dengan SE seperti Google, Bing dan Yahoo. Search Engine tersebut dikenal dengan keterampilannya yang serba tahu. Pada kenyataannya, kecerdasan dihasilkan melalui kontribusi komunitas global yang saling berbagi pengetahuan melalui tulisan atau artikel. Sebagian besar mesin pencari selalu bersaing untuk memberikan aksesibilitas yang tinggi agar pengguna merasa nyaman menjelajah internet.

Baca Juga :  Awas, Aplikasi Berbahaya Ini Beredar di Play Store

AI di mesin pencari terletak pada sistem dalam mempelajari kebiasaan penggunanya. AI umumnya akan memberikan berita atau informasi kepada pengguna sesuai dengan kebiasaan mereka saat mencari informasi.

3. Fitur Selfie

Saat Anda mengambil gambar dengan kamera smartphone, Anda sering kali harus menambahkan fitur yang ada di kamera Anda. Baik itu berupa filter, editing, beauty, dll. Ada juga beberapa program kamera yang menyediakan akses wajah sehingga Anda dapat mengubah wajah Anda dari muda ke tua. Fitur yang satu ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau AI berupa deteksi wajah, kualitas, dan warna. Jadi Anda tidak perlu lagi repot mengedit gambar Anda agar lebih keren.

4. GPS

Global Positioning System (GPS) adalah teknologi yang relatif kompleks. Teknologi pintar yang satu ini menggunakan big data di dalam proses pembuatannya. Bayangkan, untuk merekam semua perjalanan di dunia secara detail bisa Anda akses melalui GPS ini. GPS dapat dengan mudah mendeteksi kemacetan lalu lintas atau jalan yang mulus dengan simbol berwarna. Anda juga akan diberikan beberapa pilihan jalan atau rute tercepat untuk menghindari pada kemacetan.

Layanan GPS lain yang menggunakan kecerdasan buatan adalah fungsi melihat posisi di dunia secara nyata 3 dimensi. Pembuatan rute GPS dilakukan oleh mobil-mobil yang berkeliling dunia untuk mengambil gambar dengan kamera 360. Wah keren cara buat gps ini.

5. Pesan Ojek Online

Saat Anda memesan motor atau mobil secara online, Anda akan diperlihatkan keberadaan tempat-tempat motor atau mobil berada. Urutan ini selalu otomatis acak dalam pemilihan driver yang akan Anda pilih dengan berbagai kriteria. Aplikasi ojek online ini sangat efektif digunakan karena munculnya berbagai layanan seperti pesan antar makanan atau belanja. Selain itu, untuk menikmati fitur-fitur tersebut, Anda hanya membutuhkan smartphone Anda. Aplikasi ini sangat membantu Anda terutama ketika Anda membutuhkan logistik secara tiba-tiba.

Baca Juga :  Kecerdasan Buatan di Layanan IT dan Pendidikan, Apa Saja Contohnya?

Program ini selalu mengupdate intelijen dari waktu ke waktu. Jadi tidak disalahgunakan oleh pengguna dan driver. Pengemudi dapat menentukan jam kerjanya sendiri tanpa harus dipaksa untuk bekerja dengan jam kerja yang panjang. Oleh karena itu, beberapa kota terkadang tidak lagi menerima rekrutmen karena memiliki jumlah pengemudi yang berlebihan.

6. Video Game

Video game juga menggunakan AI atau kecerdasan buatan dalam hal simulasi dan struktur pada pembuatannya. Itulah yang membuat video game masa kini terbentang dalam 3 dimensi yang menyerupai kehidupan nyata. Dalam perkembangannya, sebagian besar pengembang game menggunakan kecerdasan buatan berupa program yang dapat membaca teknik dari game pengguna. Kemudian kecerdasan buatan atau AI akan menyesuaikan dengan cara melawan pengguna dengan level yang berbeda.

7. Internet Marketing

Internet marketing pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda yang memiliki bisnis toko online. Memasarkan suatu produk atau jasa secara online sangat memudahkan para pengusaha untuk menjual produknya dengan cepat. Pengusaha toko online tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar karyawan menjual produk.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sarana periklanan terbesar saat ini bukan lagi televisi, melainkan internet yang telah banyak digunakan oleh masyarakat. Melalui internet marketing, iklan akan secara otomatis disebarkan kepada pengguna sesuai dengan segmentasi pasar. AI akan bekerja untuk menyediakan iklan kepada pengguna berdasarkan history atau riwayat pengguna.

8. Media Sosial

Jejaring sosial selalu menjadi program favorit orang-orang dari masyarakat kelas atas. Pasalnya, program ini telah menjadi sarana berbagi dan kepedulian terhadap masyarakat luas. Anda bisa dengan mudah menemukan teman-teman Anda yang sudah lama tidak bertemu untuk saling mengirim foto dan video. Kemudahan dan kecepatan yang diberikan oleh berbagai macam program media sosial ini menggunakan kecerdasan buatan atau AI. Salah satunya adalah pertemanan yang berdasarkan nomor kontak yang mana kontak tersebut anda simpan. Biasanya, Anda sering menemukan kontak teman Anda secara tidak sengaja, padahal Anda tidak memintanya.

Baca Juga :  Apa, Kelebihan dan Kekurangan Artificial Intelligence?

9. Translator

Program terjemahan bahasa juga menggunakan kemampuan kecerdasan buatan. Penerjemah atau translator sekarang ini sudah memiliki kecanggihan rekaman suara. Anda tinggal merekam suara Anda, lalu penerjemah akan menerjemahkannya ke bahasa pilihan Anda. Selain itu ada juga penerjemah dengan kamera. Arahkan kamera ke tulisan tanpa memotret, maka tulisan akan berubah dengan sendirinya.

10. Belanja Online

Seberapa sering Anda membeli melalui toko online? Mudah, murah dan praktis. Program belanja online memiliki ribuan atau jutaan produk yang dapat Anda temukan. Saat Anda membukanya melalui halaman beranda, Anda akan menemukan beberapa produk yang dapat Anda pilih dari berbagai kategori hingga barang semurah atau sekecil apa pun.

Aplikasi AI di toko online biasanya terdapat pada rekomendasi produk yang ditampilkan di halaman beranda. Rekomendasi ini datang dari program yang selalu mempelajari kebiasaan Anda dalam mencari atau membeli produk.

Saya lebih suka kepada orang yang bermalas melakukan pekerjaan yang hebat, karena dia akan selalu berusaha mencari berbagai macam cara yang mudah untuk melakukannya, kata Bill Gates.

Cukup sekian penjelasan 10 kecerdasan buatan yang kita gunakan setiap hari. Pada pemeriksaan lebih dekat, penggunaan kecerdasan buatan tersebar luas. Intinya, kecerdasan buatan bertujuan untuk memudahkan manusia mengakses apapun dengan mudah, cepat dan nyaman.

Kecerdasan buatan sangat berpengaruh dari campur tangan seorang programmer. Namun, Anda juga bisa melakukannya dengan proses yang cukup sederhana. Jika Anda tertarik untuk belajar pemrograman, Anda bisa mengikuti pendidikan pemrograman melalui Dicoding. Anda akan menemukan berbagai macam spesialisasi yang menarik minat Anda dan kurikulum pembelajaran yang mengikuti standar internasional.

Leave a Comment