Apa Itu Sertifikat SSL Wildcard dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Situs web Anda harus aman, tidak peduli apakah itu situs e-niaga atau bisnis fisik. Situs Anda memerlukan sertifikat SSL untuk menjaga keamanan pelanggan dan melindungi bisnis Anda dari tanggung jawab hukum.

Umumnya, situs eCommerce memiliki beberapa subdomain bersama dengan domain utama. Anda memerlukan keamanan yang kuat dengan standar keamanan terbaru untuk melindungi semua subdomain ini.

Dalam hal ini, fungsi utama dari sertifikat SSL wildcard adalah melindungi lebih dari satu subdomain. Dengan demikian, jenis kartu SSL ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk perusahaan yang sedang tumbuh dan memperluas jaringan bisnis mereka ke ranah online.

Berikut informasi lengkap tentang SSL Wildcard, lima alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan perlindungan keamanan seperti itu, dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk membeli SSL Wildcard.

Apa Itu Sertifikat SSL Wildcard?

Halaman web normal memiliki struktur HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Salah satu cara untuk melindungi situs Anda adalah dengan mengubah format dari HTTP ke HTTPS (HTTP aman). Biasanya, bisnis dengan situs web besar harus memiliki beberapa subdomain (misalnya halaman checkout, blog, dll.), yang bisa jadi sulit karena setiap subdomain perlu dilindungi.

Sertifikat SSL wildcard adalah sertifikat SSL yang dapat melindungi semua subdomain. Anda dapat memastikan keamanan semua subdomain dan domain root tempat subdomain berada.

UKM dengan anggaran terbatas dapat membeli sertifikat Wildcard dengan harga murah yang menawarkan keamanan untuk seluruh situs web, termasuk domain utama dan subdomain terkait. Sertifikat SSL ini berfungsi untuk mengenkripsi semua lalu lintas antara browser dan server, termasuk lalu lintas yang mengalir antar server.

Baca Juga :  Yuk, Ulas Beberapa Pertanyaan Tentang Artificial Intelligence!

Dengan adanya detail sertifikat SSL pada sebuah website, setiap pelanggan dapat merasa lebih aman, karena ada jaminan atas keamanan informasi mereka.

Subdomain berfungsi sebagai ekstensi untuk domain Anda, yang dapat digunakan untuk membuat berbagai bagian di situs web utama Anda. Misalnya, jika situs web utama Anda adalah example.com, Anda dapat menyertakan bagian khusus foto. Bagian ini akan diberi nama dengan alamat Anda sendiri, misalnya photos.example.com.

Dengan bantuan sertifikat SSL wildcard multi-domain, subdomain memungkinkan penjelajahan yang aman dan memudahkan pengguna untuk menavigasi ke halaman web yang diinginkan tanpa perlu menavigasi ke halaman utama.

Lima Alasan Bisnis Anda Membutuhkan Sertifikat SSL Wildcard

Berikut adalah lima alasan mengapa situs web bisnis Anda memerlukan sertifikat SSL Wildcard:

1. Amankan Subdomain Tanpa Batas

Mungkin ada beberapa pertanyaan tentang jumlah subdomain yang dapat dilindungi atau terlindungi dengan satu sertifikat SSL wildcard. Keuntungan menggunakan sertifikat SSL ini adalah Anda dapat melindungi semua subdomain situs web Anda tanpa batas waktu.

2. Manajemen SSL Yang Mudah

Secara umum, mengamankan semua subdomain ini bisa sangat rumit. Anda perlu membeli sertifikat untuk setiap subdomain. Setelah itu, Anda perlu mengeluarkan sertifikat, menginstalnya satu per satu di setiap subdomain, menyiapkan server Anda dengan benar, dan mencatat semua tanggal perpanjangan.

Aspek lain yang dapat menjadi masalah harus diperhitungkan. Anda ingin membuatnya lebih sederhana.

Wildcard dapat menyederhanakan semua proses ini. Alih-alih untuk memiliki serangkaian sertifikasi, Anda hanya perlu mengelola satu saja. Pembelian dan masalah, instalasi dan hanya itu.

3. Hemat Biaya

Anda harus mengendalikan pengeluaran sebagai aturan yang tidak diucapkan. Dengan menjaga pengeluaran serendah mungkin, mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Misalkan Anda memiliki perusahaan dengan situs web yang mendukung 14-15 subdomain.

Baca Juga :  Apple Telah Meluncurkan Mouse Ajaib Baru, Dan Ya, Itu Masih Mengisi Daya Dari Bawah

Jika Anda ingin mengamankan setiap subdomain dan memberi mereka alamat HTTPS, biasanya Anda perlu mendapatkan struktur sertifikat SSL untuk setiap subdomain.

Biaya 14-15 sertifikat dapat secara efisien menambahkan hingga ribuan dolar per tahun jika Anda secara bersamaan membeli dan menginstal sertifikat untuk semuanya. Menurut pendapat saya, disarankan untuk membeli SSL wildcard untuk melindungi semua domain secara bersamaan, yang lebih hemat biaya.

4. Peningkatan Peringkat Google dan SEO

Misalkan sebuah situs web akan sukses di masa sekarang. Dalam hal yang ini, situs web harus dilengkapi dengan peningkatan SEO dengan tepat, peringkat pencarian yang lebih tinggi, dan otoritas yang lebih tinggi (otoritas domain) untuk mesin pencari (search engine) utama seperti Google, Yandex, CC Search, Yahoo dan Bing.

Berdasarkan perubahan algoritma Google, sebagian besar halaman SERP yang muncul di halaman pertama tampaknya merupakan situs web yang telah menerapkan pedoman keamanan menggunakan koneksi HTTPS. Untuk memberi lebih banyak opsi kepada webmaster, Google memutuskan untuk menambahkan HTTPS sebagai indikator peringkat ke algoritmenya.

Situs web dengan sertifikat SSL yang valid cenderung memiliki peringkat lebih tinggi daripada situs yang tidak menggunakan HTTPS.

5. Bangun Kepercayaan Pelanggan

Keberhasilan atau kegagalan sebuah situs web sangat tergantung pada kepercayaan pelanggannya. Di situs terkait e-commerce, Anda perlu mendapatkan kepercayaan dari pelanggan potensial Anda sehingga mereka bersedia memberikan informasi pembayaran dan detail pribadi mereka, termasuk informasi kartu kredit, alamat, dll.

Seperti yang dibahas di atas, implementasi sertifikat SSL wildcard berbiaya rendah memastikan privasi pelanggan saat berada di lokasi dan dapat mencegah penyadapan data saat transit. Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak calon pelanggan tidak mau berbisnis dengan situs web yang tidak aman.

Baca Juga :  Dari Wasit Hingga Merekrut Atlet, Kecerdasan Buatan Mengubah Industri Olahraga

Tidak memiliki sertifikat SSL yang tepat mungkin tampak murah, tetapi pada akhirnya akan merugikan bisnis Anda.

Cara Kerja Sertifikat SSL Wildcard

Sertifikat wildcard terbagi dalam dua kategori utama:

Sertifikat Domain Validasi (Domain Validated – DV) dapat diterbitkan dengan cepat setelah pembelian dilakukan. Namun, Anda harus dapat membuktikan kepemilikan pada domain tersebut.

Perusahaan yang terdaftar hanya dapat menggunakan sertifikat yang Divalidasi Organisasi (OV), dan informasi perusahaan Anda akan ditempatkan pada sertifikat. Namun, itu harus melalui proses validasi bisnis yang menyeluruh untuk disetujui. Ini memerlukan konfirmasi pendaftaran bisnis legal dan operasional.

Sertifikat SSL wildcard menyertakan kunci pribadi yang akan dibagikan di antara setiap subdomain. Kunci pribadi dibuat dengan permintaan Permintaan Penandatanganan Sertifikat (CSR) yang dikirim saat membuat sertifikat. Anda harus mentransfer kunci pribadi ke setiap server saat beberapa server digunakan saat sertifikat dibuat.

Berikut ini adalah alasan secara singkat mengapa bisnis Anda memerlukan sertifikat SSL Wildcard:

  • Mengamankan semua subdomain situs web Anda.
  • Menghemat biaya dan pada akhirnya menghemat waktu dan uang.
  • Bangun kepercayaan dan kredibilitas dengan pelanggan Anda.
  • Ini membantu Anda mematuhi peraturan industri.
  • Lindungi data Anda dari penjahat dunia maya.

Kesimpulan

Sertifikat SSL Wildcard adalah investasi penting untuk bisnis apa pun yang ingin melindungi data dan pelanggan mereka. Jadi, apa yang Anda tunggu? Beli Wildcard SSL sekarang juga dan jaga keamanan untuk bisnis Anda.

Leave a Comment