Penggunaan Wallpaper Artificial Intelligence bagi Penggemarnya

Pemilik laptop maupun HP tentu senang memasang latar belakang perangkat dengan gambar favorit. Bagi penggemar kecerdasan buatan tak jarang menggunakan wallpaper artificial intelligence sebagai motivasi maupun penyemangat sehari-hari.

Penggunaan Wallpaper Artificial Intelligence di HP

Pengguna smartphone tentu tidak asing lagi dengan wallpaper maupun lockscreen yang dapat mereka ganti sesuai keinginan. Mereka bisa memasang berbagai gambar atau foto sebagai wallpaper mereka. Namun pemilihan gambar sebaiknya memperhatikan resolusi supaya hasilnya tidak pecah.

Resolusi pada HP jenis Android dan iPhone berbeda. Pada Android, dapat menggunakan resolusi FHD+ atau 2K. Resolusi FHD+ berarti memakai standar 1080 piksel atau lebih. Sedangkan resolusi 2K umumnya menggunakan ukuran 3200 x 1440 WQHD.

Sedangkan, pada ponsel jenis iPhone resolusi wallpaper mengikuti resolusi dari layar ponsel dan berlaku pada semua tipe iPhone. Setiap tipe iPhone mempunyai ukuran berbeda. Ukuran resolusi pada iPhone 5 berbeda dengan iPhone 6 maupun tipe-tipe lainnya.

Penggunaan Wallpaper Artificial Intelligence di Laptop

Pada laptop atau komputer, wallpaper merupakan gambar yang terpasang di belakang deretan ikon pada desktop perangkat. Pemilik laptop dapat mengubah wallpaper pada menu Personalize dan masuk pada Desktop Background. Ada berbagai pilihan gambar bawaan laptop untuk dipilih.

Namun, jika pemilik tidak ingin menggunakan gambar bawaan sebagai wallpaper, maka mereka bisa mencari dan mengunduh terlebih dahulu wallpaper sesuai keinginan mereka. Sebaiknya, ukuran gambar untuk wallpaper adalah 1024 x 768 piksel atau lebih supaya hasilnya tidak pecah.

Baca Juga :  Icon Artificial Intelligence, Apa Fungsinya?

Berbagai gambar dapat pemilik laptop jadikan wallpaper. Bisa foto keluarga, foto anak, foto idol kesayangan, gambar pemandangan, maupun wallpaper artificial intelligence. Biasanya penggunaan wallpaper akan mempengaruhi mood hingga semangat kerja sang pemilik perangkat.

Robot Artificial Intelligence

Saat mendengar kata contoh kecerdasan buatan, beberapa benak pasti langsung tebayang ke robot. Ya, robot memang sebuah gagasan dengan dukungan artificial intelligence di dalamnya. Bentuknya dapat menarik perhatian hingga memantik imajinasi banyak orang.

1.      Robot Dengan Kecerdasan Buatan

Robot dengan dukungan artificial intelligence memiliki banyak sensor di dalamnya. Mulai dari sensor vibrasi, kamera 2D atau 3D, sensor proksimitas, sensor lingkungan, hingga akselerometer. Berbagai sensor tersebut mampu memberi data real-time yang mampu dianalisis oleh sistem.

Kecerdasan buatan dalam robot mengacu ke sistem dengan kelas luas untuk memungkinkan mesin mempunyai kemampuan layaknya manusia di tingkat lanjut. Maka dari itu tak heran jika robot dapat bergerak hingga berbicara seperti apa yang manusia lakukan.

2.      Autonomous Mobile Robot atau AMR

Sebuah robot dengan nama Autonomous Mobile Robot merupakan salah satu jenis robot umum yang menggunakan kecerdasan buatan. AMR mempunyai kemampuan menangkap informasi dengan kamera 3 dimensi serta sensor LiDAR dan menganalisis informasi tersebut.

AMR juga mampu menciptakan inferensi yang berdasarkan pada misi keseluruhan dan lingkungan. Pergerakan dan tindakan dari autonomous mobile robot dapat menyuguhkan hasil terbaik dalam penyelesaian tugas dan perintah yang ditujukan kepada mereka.

3.      Lengan Robot dan Cobot

Lengan robot atau robot terartikulasi merupakan penggunaan kecerdasan buatan dalam robot yang mampu menyelesaikan berbagai tugas maupun perintah dengan lebih akurat dan cepat. Melalui kamera 2 dimensi atau 3 dimensi, mesin mampu mendeteksi dan mengelompokkan suatu objek.

Baca Juga :  Apa Arti Token Ujian dan Cara Membuatnya

Cobot merupakan contoh dimana kecerdasan buatan akan melatih robot untuk dapat mengucapkan kalimat, memberi respon, hingga melakukan gesture layaknya manusia. Maka dari itu berbagai industri berlomba dalam menggunakan teknologi satu ini untuk meningkatkan keuntungan mereka.

Kemampuan Robot Artificial Intelligence

Robot dengan sistem kecerdasan buatan di dalamnya memiliki banyak sekali kemampuan yang harus mereka miliki supaya dapat berperilaku seperti manusia. Ilmuwan akan terus mengembangkan kemampuan tersebut hingga tercapai harapan mengenai penggunaan artificial intelligence.

1.      Robotika

Pembelajaran mesin terkait robotika menjadi ilmu yang sangat penting di masa sekarang. Bagaimana tidak, teknologi kecerdasan buatan akan terus berkembang progresif dalam berbagai bidang. Maka dari itu, sejak dahulu kala para ilmuwan sudah berjuang supaya artificial intelligence terus berkembang.

Adanya pembelajaran mesin pada robot dapat membuat robot memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai masalah maupun menjalankan perintah dengan baik. Pembelajaran mesin akan membantu robot untuk memperoleh data real-time dengan jumlah lebih besar dari pengalaman.

2.      NLP

NLP merupakan singkatan dari natural language processing atau pemrosesan bahasa alami. Salah satu jenis kecerdasan buatan ini dapat membantu robot dalam pemahaman bahasa manusia sesuai dengan ucapannya. Selain itu juga berguna untuk penggunaan kecerdasan buatan di berbagai bidang.

Dengan adanya natural language processing, sebuah robot mampu menyelesaikan berbagai tugas untuk berperilaku seperti manusia. Contohnya adalah menjawab berbagai pertanyaan dari manusia, menentukan adanya sentimen ucapan, serta mengenali ucapan yang ada.

3.      Percakapan

Robot dapat melakukan interaksi dengan manusia menuju tingkat berikutnya. Hal tersebut karena berbagai bentuk kecerdasan buatan di dalam robot, yaitu natural language processing, pembelajaran mesin, dan adanya berbagai data untuk meningkatkan kemampuan robot.

Dalam interaksi yang robot lakukan dengan manusia akan memberi kesan tersendiri. Bagaimana tidak, manusia akan dapat merasakan seperti berinteraksi dengan manusia lain, bukan dengan robot. Alasannya karena robot mampu memproses dialog, menangkap dialog, hingga memberi respon.

Baca Juga :  Microsoft Store Fix Diperbaiki di Windows 11, Fitur Pembaruan Lebih Baik

Penggunaan Artificial Intelligence di Media Sosial

Di era modern seperti sekarang, kecerdasan buatan semakin hidup berdampingan dengan manusia. Begitu pula pada media sosial. Berbagai media sosial seperti TikTok, Manga, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya melibatkan peran artificial intelligence dalam prosesnya.

1.      Tiktok

TikTok merupakan salah satu media sosial dengan penerapan pendekatan artificial intelligence modern di dalamnya. Produk turunan seperti machine learning dan recommendation engine juga berperan penting dalam aplikasi satu ini. Recommendation engine berperan pada fitur pemberi rekomendasi video pada pengguna.

Ada pula bentuk penggunaan artificial intelligence dalam TikTok yang berfungsi untuk menyaring konten. Sering disebut sebagai duo review, sistem akan mengidentifikasi kata kunci maupun gambar. Apabila terdeteksi melanggar, maka konten akan tertahan sementara yang kemudian mendapat tinjauan manusia.

2.      Instagram

Dalam aplikasi Instagram, terdapat filter make up. Berbeda dengan berbagai aplikasi edit video, menggunakan filter dalam Instagram akan mengubah konsep secara total. Hasil dari foto asli akan benar-benar seperti foto baru atau recreated. Tentu saja terdapat peran kecerdasan buatan di dalamnya.

Instagram menggunakan teknologi neural networks dan machine learning untuk adanya filter make up. Neural networks berguna untuk mendeteksi objek dan menganalisis tiap layernya. Kemudian, algoritma segera memproses hingga mengubah seluruh struktur dari foto tersebut.

Nah, itu dia beberapa penjelasan dari Techsbright terkait penggunaan wallpaper artificial intelligence serta beberapa penjelasan singkat tentang kegunaan kecerdasan buatan. Karena banyaknya manfaat, tak heran jika teknologi satu ini selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun oleh para ilmuwan.

Leave a Comment