Cara Mengubah Nama Link Google Drive

Cara mengubah nama link Google Drive merupakan pengetahuan yang terkesan sangat penting. Namun jika dilihat sekarang, ada banyak orang yang tidak menjalankan cara tersebut. Ini membuat link dikirim dengan kondisi panjang.

Sebenarnya mengirim link yang panjang tidak masalah. Itu karena, pengiriman link bisa dilakukan secara online dan orang lain bisa langsung klik link tersebut. Namun hal berbeda akan terasa jika link tidak dikirim secara online.

Ketika link dikirim secara offline, ada kemungkinan di mana orang lain yang melihat link tersebut kebingungan menuliskannya ulang. Oleh karena itu, jauh lebih tepat jika kamu memahami cara memendekkan link. Ini penting supaya orang lain bisa masuk ke link Google Drive tersebut walaupun harus mengetiknya sendiri.

cara mengubah nama link Google Drive
cara mengubah nama link Google Drive

Cara Mengubah Nama Link Google Drive

Jika kamu belum mengetahui cara ubah nama link di Google Drive, ulasan kali ini pasti membantu. Itu karena, ada beberapa cara yang terbukti efektif untuk dijalankan.

Tentu kamu tidak perlu mencoba semua cara yang diberikan. Cukup pilih saja opsi yang dirasa paling mudah. Oleh karena itu, berikut beberapa opsi yang bisa dipilih.

1. Cara Mengubah Nama Link Google Drive dengan ly

Opsi pertama saat mempelajari cara ubah nama link di Google Drive adalah dengan menggunakan Bit.ly. Bit.ly sendiri bisa dibilang sebagai salah satu situs terpopuler. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakannya saat ingin mengubah nama link.

Jika akan menggunakan Bit.ly, bukalah terlebih dahulu situsnya. Jika situs Bit.ly sudah terbuka, langsung saja buat akun. Kamu bisa membuat akun secara gratis sehingga proses bisa dilakukan tanpa membayar.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Kamera di Google Chrome

Dari sana, langsung saja kembali ke halaman utama situs dan kamu akan melihat tombol bertuliskan CREATE. Langsung saja klik tombol tersebut dan kamu akan menemukan sebuah kolom kosong. DI sini langsung saja masukkan link Google Drive yang ingin diubah.

Di sini kamu bisa langsung mengubah berbagai hal pada link tersebut. Namun untuk poin paling vital, ubahlah bagian costumize back half menjadi nama link yang sesuai dengan keinginan kamu. Terakhir langsung saja save dan link tersebut sudah bisa digunakan.

2. Cara Mengubah Nama Link Google melalui TinyURL

Cara yang juga bisa dilakukan memakai TinyURL. Jika dilihat di Indonesia, popularitas TinyURL memang tidak sebesar Bit.ly. namun untuk sekarang, TinyURL adalah satu-satunya situs yang bisa menyaingi Bit.ly.

Untuk mencoba cara ini, masuklah dulu ke situsnya di alamat tinyurl.com. Nantinya kamu bisa langsung memasukkan link Google Drive yang ingin diubah pada kotak sebelah atas. Selanjutnya masukkan link yang diinginkan di bawah link tersebut.

Jika linknya dirasa sudah benar, langsung saja klik “Make TinyURL!”. Dari sana kamu bisa langsung mengecek apakah linknya sudah bisa digunakan atau tidak. Jika link Google Drive langsung terbuka ketika link baru dimasukkan, ini membuktikan kalau prosesnya berhasil.

3. GG.gg

Cara yang juga bisa dilakukan memakai GG.gg. Keunggulan utama dari GG.gg ini terletak pada tampilannya yang sangat sederhana. Dengan tampilan sederhana tersebut, kamu tidak akan kesulitan ketika akan memakainya.

Untuk menggunakan cara ini, langsung saja buka situsnya di alamat gg.gg. jika sudah, masukkan link Google Drive pada kolom yang tersedia. Lakukan kostumisasi link dengan mengubahnya sesuai keinginan. Nantinya link tersebut bisa langsung kamu gunakan.

Baca Juga :  Solusi Google Form Tidak Bisa Diisi

4. id

S.id juga bisa menjadi opsi saat mencari cara mengubah nama link Google Drive. Bisa dikatakan, S.id ini adalah salah satu situs yang sekarang perkembangannya sangat baik. Untuk mencobanya, pertama masuklah dulu ke situs resmi S.id.

Setelah itu, lakukan login dengan menggunakan akun google yang dimiliki. Dari sana langsung saja masukkan link Google Drive yang ingin diubah dan tentukan link barunya. Dari sana link tersebut bisa langsung disimpan dan digunakan.

5. SafelinkU

Opsi terakhir untuk mengubah nama link Google Drive adalah dengan menggunakan SafelinkU. Untuk mencobanya, kamu bisa membuat akun gratis dulu di situs resminya. Situs resminya sendiri ada di alamat safelinku.com.

Dari sana, langsung saja masukkan link Google Drive pada kolom yang tersedia pada halaman utama. Jangan lupa untuk mengisi link baru yang diinginkan. Simpan perubahan tersebut dan link barunya sudah bisa digunakan.

Pastikan untuk tidak asal ketika akan memendekkan link. Jangan sampai menggunakan situs sembarangan yang sering tidak bisa diakses. Dari pada bingung, pilih saja salah satu cara mengubah nama link Google Drive di atas.

Leave a Comment