Google Formulir tidak bisa diisi

Penyebab Google Formulir Tidak Bisa Diisi

Mochamad Ikhwana

Saat ini penggunaan Google form sudah umum digunakan. Namun terkadang ada saja kendala Google Formulir tidak bisa diisi tanpa tahu penyebabnya. Pada pembahasan kali ini akan kami beri tahu beberapa kemungkinan mengapa hal tersebut terjadi.

Mungkin terkadang kendala yang kamu hadapi seperti tidak dapat mengisi nama, alamat, atau pengisian lainnya. Kendala-kendala tersebut dapat diatasi kalau kamu sudah tahu penyebabnya. Adapun beberapa kendalanya akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

Google Formulir tidak bisa diisi
Google Formulir tidak bisa diisi

Lima Alasan Google Formulir Tidak Bisa Diisi

Permasalahan Google Formulir yang tidak dapat diisi setidaknya terjadi karena lima hal. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Browser Error

Permasalahan Google Formulir tidak bisa diisi pertama ketika Google form tidak dapat diisi atau dipencet yaitu karena browser yang digunakan untuk mengakses formulir dalam keadaan sedang error.

Sebenarnya kesalahan seperti ini tidak hanya terjadi pada form milik Google saja tetapi kamu juga dapat temukan kendala dalam kasus hampir serupa pada semua produk Google jika browser yang digunakan keadaan not responding akibat bug.

Melihat permasalahan ini, solusi yang dapat kami tawarkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menghapus browser error tersebut, kemudian mengunduh dan install browser lain. Setelah mengunduh browser baru kemungkinan G-form yang kamu gunakan akan kembali berfungsi secara normal.

2. Browser Tidak Diperbarui

Kendala dari Google Formulir tidak bisa diisi selanjutnya adalah karena browser tidak diperbarui. Ini biasanya berdampak pada browser yang not responding ketika mengakses situs apapun termasuk form tersebut.

Permisalan mudahnya sama seperti manusia semakin tua namun tidak diberi suplemen tambahan, tentu saja aktivitasnya akan semakin menurun. Begitu juga dengan browser yang tidak diperbarui untuk versi terbarunya, tentu akan menurun tingkat pengerjaannya.

Langkah mudah untuk mengatasi permasalahan ini sudah pasti dengan memperbarui browser yang kamu gunakan. Setelah diperbarui harapannya gangguan tersebut hilang dengan sendirinya dan form dapat digunakan secara normal.

3. Cache Browser Tidak Dihapus

Lagi-lagi permasalahan selanjutnya muncul dari penggunaan browser. Penyebab dari tidak bisa diisi atau dipencet bisa timbul karena history cache browser atau sampahnya bertumpuk akibat sudah lama tidak dibersihkan atau dihapus.

Walaupun terlihat sepele namun nyatanya hal tersebut sangat berdampak pada performa penggunaan browser tersebut, salah satunya error dan Google Formulir tidak bisa diisi.

Solusi dalam permasalahan tersebut tentu saja cuma satu yaitu membersihkan cache browser yang ada. Ada dua opsi dalam menghapusnya yaitu yang pertama kamu dapat langsung membersihkannya menggunakan fitur clear cache dalam browser tersebut. Atau kedua dapat menghapus menggunakan bantuan aplikasi fitur cache browser lainnya.

4. Perangkat Error

Identifikasi masalah keempat yaitu karena terdapat error pada perangkat yang digunakan. Hal ini bisa terjadi apalagi jika perangkat tersebut telah digunakan dalam jangka waktu lama.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa coba memperbaiki sumber error dari perangkat tersebut. Setelah diperbaiki kamu dapat mulai mencoba mengisi formulirnya kembali apakah sudah bisa atau tidak.

Kalau berhasil berarti permasalahannya memang dari perangkat namun jika tidak mungkin permasalahannya dari hal lain. Opsi lain jika kamu merasa Google Formulir tidak bisa diisi karena perangkat yang error berarti bisa gunakan perangkat berbeda terlebih dahulu.

Jika ternyata form tersebut mampu digunakan pada perangkat lain berarti memang terdapat kerusakan dari perangkat sebelumnya. Namun jika pada perangkat lain juga tidak bisa diisi berarti memang ada suatu kesalahan dari formulirnya.

5. Internal Error

Dugaan kesalahan terakhir yang bisa terjadi adalah karena internal yang error. Identifikasi terakhir ini bisa menjadi dugaan kuat apabila kamu telah melakukan perbaikan pada masalah di atas namun gangguan-gangguan pada Google form tersebut tetap terjadi.

Tidak ada solusi tepat untuk mengatasi gangguan tersebut, kamu hanya bisa menunggu hingga pihak Google melakukan maintenance sehingga form bisa secepatnya diisi.

Dari banyaknya penyebab dan solusi tersebut tahu kah kamu bahwa terkadang formulir tidak bisa diisi karena pembuat form meminta pengisi harus login email terlebih dahulu. Sehingga apabila kamu membuka form melalui link tanpa login email tentu saja tidak bisa mengisinya.

Solusi dari permasalahan ini tentu saja kamu harus login email terlebih dahulu baru bisa mengisi secara normal. Itulah beberapa penyebab dan solusi apabila Google Formulir tidak bisa diisi.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment