cara melihat jawaban teman di Google Classroom

Cara Melihat Jawaban Teman di Google Classroom

Mochamad Ikhwana

Saat ini mungkin banyak orang sudah familier dengan mengerjakan tugas di classroom. Ternyata ada cara melihat jawaban teman di Google Classroom sebagai salah satu langkah kalau kamu sudah stuck tidak tahu mau menjawab apa.

Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah mungkin sudah tidak asing lagi untuk mengumpulkan tugas di platform buatan Google ini. Kemudahan yang diberikan membuat Google Classroom menjadi pilihan beberapa guru untuk memberikan materi ataupun tempat pengumpulan tugas.

cara melihat jawaban teman di Google Classroom
cara melihat jawaban teman di Google Classroom

Berikut Beberapa Cara Melihat Jawaban Teman di Google Classroom

Jika kamu mengerjakan tugas menggunakan form kabar baik karena ada cara mudah lihat jawaban melalui Google Classroom. Adapun langkah mendapatkan jawabannya adalah sebagai berikut.

1. Melihat Jawaban Melalui Google Form

Pertama, buka link form melalui browser melalui handphone atau laptop. Selanjutnya klik kanan dan pilih bagian Inspect Element atau langsung shortcut Ctrl + U jika menggunakan laptop. Terakhir scroll hingga bagian paling bawah dan nantinya kamu akan menemukan kode script berisi jawabannya.

2. Cara Menjawab Melalui Isian Singkat

Cara mudah lihat jawaban teman di Google Classroom dapat terjadi karena pengajar bisa membuat dua jenis pertanyaan yaitu jawaban singkat dan pilihan ganda. Selanjutnya buat kamu yang ingin menjawab pertanyaan jawaban singkat melalui laptop begini caranya.

Pertama tentu saja buka melalui browser classroom.Google.com. Setelah melakukan login melalui akun Google selanjutnya adalah memilih kelas dan buka pada bagian Tugas Kelas. Selanjutnya klik pertanyaan, atau mungkin terkadang juga harus memilih Lihat Pertanyaan.

Kemudian masukkan jawabanmu untuk menjawab tugas pada kolom Jawaban Anda. Terakhir tinggal klik Serahkan untuk mengumpulkan jawaban. Kamu tidak akan bisa mengumpulkan jika tidak mengisi jawaban.

Sebagai pilihan opsional, kamu bisa menambahkan komentar kelas yang dapat dilihat banyak orang bisa dengan klik Tambahkan Komentar Kelas, masukkan apa saja yang ingin kamu komentar dan klik Posting.

Namun ada juga pilihan opsional jika ingin mengirimkan komentar pribadi atau pertanyaan kepada pengajar yaitu dengan klik pertanyaan pada menu Tambahkan Komentar Pribadi, masukkan seluruh komentarmu disana dan klik Posting ketika telah selesai.

3. Cara Menjawab Melalui Pilihan Ganda

Sedangkan untuk menjawab pada pertanyaan pilihan ganda bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut. Pertama buka aplikasi classroom. Kemudian buka kelas dan cari tugas yang ada.

Selanjutnya klik pertanyaan, atau mungkin terkadang juga harus memilih Lihat Pertanyaan. Kemudian pilih satu diantara beberapa opsi jawaban hingga selesai. Jika semua pertanyaan telah terjawab tinggal klik Serahkan untuk mengumpulkan.

4. Cara Melihat Jawaban Teman di Google Classroom Ketika Pengajar Mengizinkan

Sebenarnya tidak ada cara mudah lihat jawaban teman secara tepat karena tentu saja dari pihak developer akan memberikan keamanan tinggi agar tidak terjadi kecurangan.

Namun kamu bisa melihat dan membalas jawaban teman satu kelasmu jika pertanyaannya memerlukan jawaban singkat dan pengajar mengizinkan. Adapun cara melihatnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Sama seperti cara-cara sebelumnya berarti kamu harus buka aplikasinya terlebih dahulu dan buka tugas kelas. Kemudian pilih pertanyaan dan Lihat Jawaban Teman Sekelas. Pilihan opsional kamu bisa membalas jawaban teman sekelas dengan klik Balas, masukkan balasan, dan klik posting.

Cara Pengajar Lihat Jawaban Murid di Google Classroom

Walaupun tidak ada cara melihat jawaban teman di Google Classroom tapi tetap ada langkah-langkah untuk pengajar yang ingin menilai pekerjaan siswanya.

Pilihan pertama bisa pengajar lakukan dengan pengecekan secara langsung melalui postingan tugas yang telah diberikan. Atau pilihan lainnya melalui Google drive kemudian masuk pada folder tugas yang diberikan.

Langkah seperti ini adalah yang paling mudah menurut kami. Kemudian kalau kamu seorang pengajar ada cara melihat jawaban melalui Google Classroom dan bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, buka classroommu dan klik pada postingan tugas yang kamu berikan. Kemudian, kalau pada nama siswamu ada tanda turn in berarti kamu bisa melihat jawabannya melalui classroom. Namun jika siswa tersebut masih berlabel Assign berarti dia belum mengerjakan tugas yang diberikan. Kalau begitu berarti kamu belum bisa melihat jawaban tugasnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa secara spesifik seorang siswa tidak bisa melihat jawaban temannya kecuali jika teman tersebut secara personal sukarela berbagi. Itulah berbagai macam penjelasan dari cara melihat jawaban teman di Google Classroom.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment