cara mengaktifkan komentar YouTube

Cara Mengaktifkan Komentar YouTube

Mochamad Ikhwana

Bagi content creator, cara mengaktifkan komentar YouTube merupakan salah satu hal penting yang wajib dilakukan. Sebagai upaya optimalisasi menaikkan rating video, sekaligus sebagai sarana menampung pendapat penonton.

Perlu diketahui bahwa YouTube merupakan platform saluran streaming video, yang saat ini paling banyak diminati masyarakat seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, penggunanya telah mencapai 139 juta orang setara 50% total penduduk di Tahun 2022.

Bagi para content creator, platform satu ini merupakan media paling cocok untuk menyalurkan kreativitas mereka. Di sini siapapun termasuk kamu, dapat membuat channel (saluran) sekaligus mengunggah hasil video buatanmu.

Meskipun mengasyikkan, YouTube tidak jarang menampilkan sisi gelap berupa komentar negatif penonton terhadap video orang lain. Hal ini juga dapat terjadi kepada kamu, sehingga penting mengetahui cara aktifkan komentar di YouTube maupun menonaktifkannya.

Jika dirasa kamu membutuhkan pendapat orang lain untuk mengembangkan channel, sebaiknya nyalakan fitur commentar. Namun jika ingin menghindari komentar negatif, kamu dapat menonaktifkan dan mengontrol siapa saja yang dapat berpendapat pada video.

cara mengaktifkan komentar YouTube
cara mengaktifkan komentar YouTube

YouTube Platform Digital yang Hadirkan Fitur dan Desain Paling Kekinian

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengaktifkan komentar YouTube, kamu perlu tahu fitur dan desain baru yang dimilikinya. Perubahan yang dimaksudkan mengklaim bahwa akan membuat aplikasi terasa jauh lebih mudah untuk di gunakan.

Kamu akan diberikan pengalaman menonton lebih modern, maupun kemudahan akses saat melakukan share video. Jangan khawatir perubahan ini saat ini dapat langsung dilihat melalui perangkat yang kamu gunakan untuk share dan nonton video.

YouTube menghadirkan fitur baru berupa pinch-to-zoom ke aplikasi di ponsel maupun tablet. Fitur ini dapat digunakan pada perangkat iOS maupun Android, memungkinkan kamu untuk memperbesar video hingga 8 kali.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencubitkan jari pada layar ponsel untuk melihat detail video. Bukan hanya melalui ponsel, fitur terbaru lainnya juga tersedia pada desktop maupun perangkat seluler.

cara mengaktifkan komentar YouTube maupun menonaktifkan, kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Sehingga kamu pastinya akan lebih mudah mendapatkan tiap moment tepat, saat ingin menonton video YouTube.

Tampilan baru yang dimilikinya tentu saja memberikan pengalaman menonton secara lebih modern dan imersif. Pembaruan ini tentu saja dinilai menghadirkan efek warna baru yang tidak membosankan, dalam video-video yang ditonton oleh pengguna.

Bukan hanya itu tampilan baru dengan warna latar belakang gelap, gambar mini sekaligus tombol yang membulat memberikan tambahan keunikan. Navigasi menjadi lebih mudah dari tautan, sekaligus pembaruan pada proses keanggotaan saluran pada perangkat seluler.

Cara Mengaktifkan Komentar YouTube Dengan Langkah Mudah di Ponsel

Bagi para content creator, kolom komentar merupakan salah satu wadah dalam melakukan komunikasi dengan penonton video mereka. Melalui fitur ini, para viewers dapat memberikan kritik maupun saran yang membangun kepada para pencipta konten.

Dikutip melalui laman Support Google, kamu dapat melakukan cara mengaktifkan komentar YouTube dengan sangat mudah hanya lewat HP. Di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Pertama, kamu cukup melakukan pengunduhan aplikasi YouTube Studio pada ponsel masing-masing. Proses pengunduhan ini dapat dilakukan melalui Google Play Store bagi pengguna Android serta App Store bagi pengguna iOS.
  2. Setelahnya buka aplikasi tersebut dan tekan icon 3 titik di kiri atas untuk memunculkan menu berikutnya, sebagai langkah kedua.
  3. Ketiga, setelah menu baru terbuka di sebelah kiri Pilihlah menu video untuk memunculkan pengaturan video yang telah diunggah.
  4. Keempat, jangan lupa lakukan proses pencarian padahal video yang ingin kamu aktifkan komentarnya.
  5. Untuk memudahkan proses pencarian, klik judul video yang ingin diaktifkan. Setelah menemukannya kamu dapat mengklik video tersebut. Sebagai langkah ke 5, pilihlah logo pensil di sudut kanan atas ponsel.
  6. Pilihan selanjutnya pun akan muncul, kamu dapat pindah ke bagian Advance Settings sebagai langkah ke 6 cara mudah aktifkan komentar di YouTube. Menu ini berada di sebelah menu basic info,untuk mengubah pilihan komentar.
  7. Tampilan menu baru akan terbuka, terakhir kamu dapat memilih dan klik Menu Allow Comment.

Itu dia cara yang bisa kamu aplikasikan dengan langkah mudah. Kamu dapat memilihnya, sebagai cara mengaktifkan komentar YouTube maupun mematikannya di Channel masing masing.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment