cara aktifkan komentar di YouTube

Cara Aktifkan Komentar di YouTube

Mochamad Ikhwana

Tidak semuanya komentar di YouTube memberikan kesan positif, beberapa diantaranya memberikan kesan negatif sehingga ketahuilah cara aktifkan komentar di YouTube. Agar komentar negatif tidak secara langsung menimbulkan dampak negatif.

Salah satu dampak negatif tersebut menurunnya rating YouTuber sehingga jumlah subscriber nya akan berkurang. Tentunya hal tersebut akan menurunkan popularitas YouTuber tersebut dan juga penghasilan yang akan diterimanya.

Seperti yang telah kita ketahui, YouTube bukan hanya sekedar untuk mendapatkan hiburan, melainkan untuk mendapatkan penghasilan. Dengan begitu, YouTuber harus menjaga kredibilitasnya agar jumlah subscribernya bisa dipertahankan.

cara aktifkan komentar di YouTube
cara aktifkan komentar di YouTube

Beberapa Cara Aktifkan Komentar di YouTube

YouTuber bisa mengatur sendiri komentar subscribernya di YouTube dengan menonaktifkan atau mengaktifkan kolom komentar tersebut. Hal itu dilakukan agar kontennya tidak mendapatkan cibiran dari subscriber nya.

Cibiran tersebut seringkali menurunkan popularitas seorang YouTuber hingga kehilangan popularitasnya dan tentunya akan kehilangan penghasilannya. Karena kedua hal tersebut sangat berkaitan. Semakin banyak subscriber semakin besar pendapatan.

Hanya, penting untuk diketahui bahwa subscriber baru bisa dengan mudahnya untuk subscribe atau unscrubsibe apabila konten tersebut dibanjiri dengan komentar negatif. Hal tersebut dapat menurunkan reputasinya.

Itulah mengapa pengelolaan kolom komentar ini penting diketahui. Dengan demikian, subscriber bisa mengetahui apakah konten tersebut positif atau negatif dengan mengetahui komentar-komentar tersebut.

Namun, apabila komentar didominasi dengan pendapat positif, maka sebaiknya kolom komentar dinyalakan. Dengan demikian, kita bisa memperlihatkan kepada semua viewer. Berikut ini beberapa cara mudah mengaktifkan komentar, yaitu:

1. Cara Aktifkan Komentar di Youtube Menggunakan Smartphone

Saat ini akses YouTube bisa melalui HP, sehingga lebih praktis. Dengan begitu cara untuk mengoperasikan YouTube lebih mudah. Termasuk bila ingin mengetahui cara mengaktifkan komentar, termasuk cara untuk mematikan komentar tersebut.

Kamu bisa mengunduh YouTube studio di smartphone kamu. Lalu tekan ikon hamburger untuk memunculkan pilihan menu lebih lengkap. Langkah selanjutnya, pilih video agar video terbaru yang diunggah bisa muncul.

Dalam menu video tersebut, akan menampilkan semua video yang pernah kamu unggah. Lalu pilihlah salah satu video yang ingin kamu matikan atau nyalakan komentarnya.

Langkah selanjutnya adalah Allow comment yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan. Dengan memilih fitur ini, kamu bebas memilih video yang akan kamu nyalakan komentarnya.

2. Menggunakan PC

Akses YouTube di komputer termasuk mudah karena tidak perlu lagi untuk mengunduhnya. Dengan begitu, kamu bisa langsung login ke YouTube dan setting kolom komentarnya.

Semudah akses YouTube di PC, begitu juga dengan cara aktifkan komentar di YouTube di PC juga sangat mudah. Kamu hanya perlu login ke akun YouTube kamu. Selanjutnya pilih profil karena ada banyak pilihan menu yang dapat dipilih setelah klik profil.

Langkah selanjutnya pilih your channel. Your Channel akan menampilkan video yang pernah kamu unggah sebelumnya. Dengan begitu, kamu bebas memilih video yang akan kamu aktifkan komentar nya.

Setelah memilih salah satu video tersebut, langkah selanjutnya adalah pilih menu edit video. Setelah itu, akan tampil laman YouTube Studio. Lalu pilih more options.

Lalu pilih comment and visibility. Setelah sebelumnya memilih comment and rating. Kamu bisa menentukan sendiri tampilan komen yang akan kamu nyalakan atau matikan pada menu tersebut.

Pentingnya Mengetahui Cara Aktifkan Komentar di YouTube

Popularitas seseorang bisa meningkat dengan mudahnya melalui YouTube. Terlebih jika ditunjang dengan komentar positif pada setiap video yang kamu unggah. Maka, kita lebih mudah untuk kamu mendapatkan rating lebih tinggi.

Maka dari itu, apabila kamu memiliki konten video yang berpotensi mengundang banyak orang untuk berkomentar positif, sebaiknya kamu menyalakan kolom komentar tersebut. Dengan begitu, kamu harus mengetahui cara mengaktifkan komentar.

Pentingnya mengetahui hal ini karena bukan hanya meningkatkan popularitas kamu tetapi kamu juga akan termotivasi dengan komentar positif tersebut untuk membuat konten video yang lebih baik lagi.

Kini, kamu tidak hanya tahu bagaimana untuk membuat konten video menarik tetapi juga mengetahui cara untuk meningkatkan rating video yang pernah dibuat dengan teknik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentarnya.

YouTube berhasil menarik banyak orang untuk menjadi bagian dari pembuat konten video di YouTube. Maka dari itu, pentingnya mengetahui cara aktifkan komentar di YouTube.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment