Mengatasi IDM Google Drive File yang Tidak Terdeteksi

Adanya fitur IDM Google Drive menjadi lebih mudah untuk mengunduh file dalam waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan mengunduh menggunakan browser biasa. apalagi jika ukuran file yang relatif besar, memiliki risiko untuk gagal sangat besar.

Berbeda jika kamu mulai untuk menggunakan IDM yang memiliki tingkat kegagalannya relatif lebih rendah. Bahkan IDM memiliki fitur untuk melakukan pause dan melanjutkan unduhan pada waktu selanjutnya dengan cara melakukan refresh link download.

Hanya saja ada saja kejadian kendala yang kamu alami salah satunya file yang ada pada Google Drive tidak terdeteksi di Internet download manager. Jika sudah seperti ini kamu bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasinya pada pembahasan berikut ini.

IDM Google Drive
IDM Google Drive

Penyebab File Google Drive Tidak Terdeteksi di IDM

Dengan menggunakan fitur IDM untuk melakukan download file dari Google Drive menjadi lebih mudah dan juga kecepatan yang relatif lebih baik dibandingkan menggunakan browser.

Tetapi ada saja kondisi seperti file download yang tidak terdeteksi sehingga proses download terganggu dan semakin lama. Jika sudah seperti ini, proses yang kamu harus tunggu akan terus-terusan dilakukan oleh browser yang digunakan.

Ada beberapa penyebab yang bisa terjadi ketika IDM Google Drive mengalami masalah seperti ini. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Jaringan tidak stabil

Salah satu alasan mengapa proses download tidak berjalan adalah jaringan internet yang tidak stabil. Masalah internet yang terkoneksi pada perangkat kamu sangat berpengaruh pada kelancaran dan kecepatan proses pengunduhan.

Baca Juga :  Cara Menghapus Bot Telegram dengan Mudah

Cara mengeceknya, jika kamu menggunakan wifi pastikan sinyalnya penuh jika tidak coba untuk melakukan reset router ada wifi, jika kamu menggunakan internet menggunakan kabel LAN maka bisa lepaskan dulu kabel RJ45 beberapa saat lalu sambungkan lagi.

Restart perangkat dan cek lagi koneksinya sudah stabil atau belum. Terakhir untuk kamu yang menggunakan jaringan data seluler pastikan sinyal yang tersedia sudah kuat dan tidak digunakan oleh pengguna lain.

2. Mengubah alamat URL

Selanjutnya, jika IDM Google Drive tidak bisa mendeteksi file, salah satu penyebabnya adalah link tersebut sudah kadaluwarsa sehingga pengunduhan tidak bisa dilanjutkan. Biasanya masalah ini juga terjadi karena banyaknya unduhan file yang dilakukan dalam waktu 24 jam terakhir.

Mengatasi Masalah IDM Google Drive yang Tidak Terdeteksi

Setelah mengetahui penyebab dari masalah yang terjadi akibat file tidak terdeteksi oleh IDM. Kamu bisa mengatasinya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami sebutkan.

Cara pengunduhan menggunakan IDM untuk mengunduh file trouble di Google Drive masih sangat bisa dilakukan. Jangan langsung menyerah pada saat pengunduhan tidak berhasil pada percobaan pertama.

Setelah mengecek jaringan sudah stabil, dan Anda tidak mengunduh banyak file dalam 24 jam terakhir. Apalagi file yang kamu unduh dengan ukurannya yang relatif besar, ikutilah beberapa langkah ini untuk mengatasi IDM Google Drive yang tidak bisa terdeteksi.

1. Klik ikon titik tiga

Langkah pertama kamu bisa klik ikon yang berbentuk titik tiga berbaris ke bawah yang biasanya terletak pada bagian kanan atas Google chrome atau browser lainnya yang kamu gunakan.

2. Pilih more tools

Selanjutnya pilih more tools atau pengaturan lainnya, setelah itu kamu akan membuka beberapa menu baru. Disitu kamu pilihlah extension.

Baca Juga :  Kontrol Penggunaan Gadget Pada Anak-Anak, Cegah Kecanduan Gadget

3. Masuk ke halaman extension

Setelah memilih menu extension, kamu akan menemukan jendela baru extension. Pada halaman tersebut muncul plugin IDM, jika tidak menemukannya kamu bisa menambahkannya terlebih dahulu. Caranya langsung cari saja plugin IDM di browser chrome lalu pasang prosesnya tidak akan memakan waktu lama.

4. Restart atau relaunch aplikasi browser

Terakhir setelah mengikuti proses perbaikan IDM Google Drive agar bisa mendeteksi file lagi. close terlebih dahulu browser tersebut dan buka kembali browser yang kamu gunakan seperti Google chrome.

Cobalah untuk mengulangi lagi pengunduhan file tersebut, internet download manager sudah bisa mendeteksi file yang ingin kamu download. Untuk para pengguna perangkat PC atau laptop yang masih kesulitan untuk mengunduh file, terutama yang berukuran besar bisa langsung coba gunakan IDM.

Pastikan jaringan internet stabil dan link yang digunakan masih aktif belum kadaluarsa. Maka proses pengunduhan menggunakan software IDM Google Drive bisa dilakukan tanpa kendala apapun.

Leave a Comment