Posisi Pekerjaan Kecerdasan Buatan Tingkat Pemula

Selama beberapa tahun terakhir, pandemi memang berdampak pada berbagai sektor tidak terkecuali untuk pekerjaan dan ekonomi. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan industri artificial intelligence. Pekerjaan kecerdasan buatan tingkat pemula pun sampai saat ini terus berkembang.

Perkembangan Kecerdasan Buatan dalam Pekerjaan

Techsbright mengatakan kecerdasan buatan mencakup berbagai jenis kasus penggunaan mulai dari pengendalian karakter dalam video game hingga pengereman mobil secara otomatis. Seorang ahli juga mengatakan bahwa seriign dengan kebutuhan, maka kemampuan pemecahan masalah oleh AI juga ikut bertambah.

Untuk menggunakan AI dan algoritma pembelajaran mesin ini maka perlu menciptakan produk yang lebih personal, cerdas dan juga intuitif. Selain itu menggunakan data dari platform yang telah menunjukkan bahwa ketertarikan pekerjaan AI memang paling banyak peminat khususnya di Amerika.

Hal ini bisa menjadi gambaran untuk negara lain bahwa setiap posisi dalam pekerjaan AI ini menawarkan gaji rata-rata hingga 95 juta atau lebih. Untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini, pengusaha harus mencari pekerja dengan kemampuan dan keterampilan tertentu di bidang AI tersebut.

9 Pekerjaan AI Paling Diminati

Ada banyak kemampuan dan keterampilan yang harus diminati oleh setiap pekerja dengan keahlian kecerdasan buatan ini. beberapa di antaranya seperti pengalaman pengembangan perangkat lunak, komunikasi yang hebat, analisa data dan pemrograman serta JavaScript dan juga Python.

1.      Insinyur Perangkat Lunak

Ada juga insinyur perangkat lunak yang akan menerapkan prinsip rekayasa pada perangkat lunak untuk fungsi pengembangan, desain, pemeliharaan dan pengujian. Banyak dari mereka memiliki latar belakang pendidikan berupa ilmu komputer dan juga sistem informasi.

Baca Juga :  Fitur Microsoft Teams, Pelajari Tentang Fitur Dan Cara Menggunakannya

Rekayasa perangkat lunak semakin berkembang dengan banyaknya lulusan dari jurusan tersebut yang diperlukan oleh perusahaan besar. Mengingat bahwa sampai saat ini perkembangan kecerdasan buatan memang sangat meningkat.

Insinyur perangkat lunak menjadi salah satu posisi pekerjaan yang paling banyak dicari hingga angka 60 persen lebih. Bahkan saat ini di Asia Pasifik sendiri, ketrampilan ini jadi keahlian paling laris di dunia kerja khususnya bidang kecerdasan buatan.

Di masa depan sendiri, insinyur perangkat lunak akan memiliki prospek yang paling bagus di masa depan. Dalam beberapa tahun terakhir ini pun perusahaan e-commerce juga tidak kalah menariknya dari perusahaan retail secara fisik. Kisaran gajinya yakni antara 20 sampai 25 juta per bulannya.

2.      Data Scientist

Data Scientist merupakan profesi di bidang data yang cukup populer sampai saat ini. Seperti yang sudah Anda tahu bahwa komponen paling penting untuk perusahaan agar bisa berkembang adalah dengan mengumpulkan dan mengolah data yang ada. Begitupun dalam pengaplikasian AI.

Dengan data perusahaan tersebut, maak bisa memperbaiki strategi bisnis, meningkatkan penjualan hingga menentukan cara promosi produk paling efektif. Tugas utamanya adalah mengolah big data dengan jumlah yang sangat besar, beragam dan terkumpul dalam waktu yang super singkat.

3.      Insinyur Perangkat Lunak Senior

Mungkin posisi ini masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Insinyur perangkat lunak akan bertugas melakukan analisa, menyusun spesifikasi, membuat rekayasa, implementasi dan validasi rancangan untuk menjawab pertanyaan dan permasalahan yang ada dalam masyarakat.

Profesi ini sebenarnya hampir mirip seperti programmer dan system analyst. Perbedaannya adalah seorang software engineer harus menguasai SDLC atau Software Development Life Cycle sebagai modal untuk mengembangkan perangkat lunak tersebut.

Baca Juga :  Bentuk Pengaplikasian Kecerdasan Buatan dalam Sistem Tenaga

4.      Machine Learning Engineer

Sementara untuk profesi ini adalah orang yang berfokus pada pembuatan, penelitian dan perancangan kecerdasan buatan untuk berjalan sendiri dalam melakukan otomatisasi model secara prediktif. Seorang machine learning engineer mampu membuat dan mempelajari prediksi dalam mesin.

Berikutnya, Machine Learning Engineer biasanya akan bekerja sebagai bagian dari tim ilmu data dengan jumlah lebih besar dan berkomunikasi bersama ilmuhewan data, analis data dan administrator hingga arsitek data. Selain itu juga bertindak sebagai perantara antara ilmuwan darat dan konstruksinya.

5.      Insinyur Data

Ada beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh insinyur data sebagai alasan mereka memiliki kisaran gaji setiap bulannya cukup tinggi. Bahkan tidak heran apabila mereka justru mendapatkan penghasilan dalam dolar bukan lagi dalam Rupiah Indonesia.

Beberapa tugasnya adalah mendapatkan wawasan dari data untuk melakukan pertimbangan selanjutnya. Selain itu yakni melakukan konversi data sebagai salah satu bentuk analisa data. Berikutnya menulis query pada data hingga pemeliharaan arsitektur dan desain pada keseluruhan data.

6.      Software Developer

Profesi ini juga menunjukkan angka kebutuhan yang paling tinggi. Karirnya terus berkembang dan diminati seiring dengan perkembangan teknologi dan beralihnya pekerjaan manusia jadi serba digital. Mereka memiliki tanggung jawab dalam melakukan pengawasan, perencanaan dan pemeliharaan.

Software developer diharuskan mempunyai kualifikasi baik teknis maupun non teknis. Mereka harus mempunyai keahlian di bidang perangkat lunak yang wajib ada di dalam bisnis terlepas dari jenis industri apa saja.

7.      Arsitek Perangkat Lunak

Arsitek perangkat lunak akan membicarakan tentang pembangunan rencana desain untuk menggali berbagai jenis elemen yang membentuk sistem. Hal ini menunjukkan bagaimana mereka akan bekerja sama dalam memenuhi persyaratan sistem tersebut. Tim pengembangan penting melakukannya.

Baca Juga :  Manfaat Internet Ketika Menyusun Laporan Tugas

Tidak mudah untuk menjadi seorang arsitek perangkat lunak sehingga jangan heran apabila gaji mereka pun juga sangat tinggi setiap bulannya. Desain perangkat lunak ini memiliki tujuan untuk membantu pengembang dalam mengubah persyaratan sistem menjadi sebuah implementasi.

8.      Ilmuwan Data Senior

Dengan posisi yang lebih tinggi di tingkat senior, ilmuwan data memiliki tugas dan tanggung jawab lebih kompleks. Mereka harus merapikan berbagai kumpulan data yang acak dan juga tidak beraturan dalam jumlah sangat banyak untuk mengelompokkannya menggunakan pemodelan dan kode matematika.

Selanjutnya mereka harus melaksanakan, menyusun dan validasi algoritma mutakhir untuk melakukan analisa berbagai sumber data untuk mencapai hasil sesuai targetnya. Berikutnya juga menggunakan konsep matematika untuk analisis data secara lebih luas dan canggih dalam data ilmiah tersebut.

9.      Full Stack Developer

Posisi pekerjaan kecerdasan buatan tingkat pemula berikutnya adalah full stack developer yang merupakan seorang ahli teknologi dengan kemampuan memperbaiki front end atau back end dalam sebuah aplikasi. Maka dari itu, orang yang bekerja di posisi ini harus familiar dan paham dengan tampilan utama khususnya user interface.

Pekerja di posisi sini memang tidak harus menguasai semua jenis teknologi namun setidaknya paham akan kebutuhan klien dan mengembagkannya ke dalam sebuah aplikasi. Jadi tugas utama mereka adalah sebagai pengembang perangkat lunak yang memiliki kemampuan sesuai dari permintaan.

Pekerjaan kecerdasan buatan tingkat pemula ternyata ada cukup banyak dalam berbagai jenis posisi. Hal ini sebanding dengan tingkat kebutuhan dari perusahaan untuk memerlukan ketrampilan dan keahlian tersebut. Mengingat bahwa AI saat ini sangat berperan dalam pengembangannya.

Leave a Comment