Mengenal Fitur YouTube yang Jarang Diketahui

Hampir semua orang di seluruh dunia saat ini menggunakan fitur YouTube. Biasanya, YouTube digunakan untuk mengunggah atau menonton video. Bahkan, para content creator kini mengandalkan YouTube untuk mengunggah video buatannya.

YouTube sendiri memiliki segudang fitur canggih. Hal itulah yang membedakan YouTube dengan platform lainnya. Selain itu, masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja fitur YouTube beserta kegunaannya.

Jika kamu masih belum tahu fitur-fitur tersebut, tentunya artikel ini akan cukup membantu. Artikel ini akan membahas lebih rinci mengenai YouTube platform.

Apa itu Platform YouTube?

apa itu youtube

Seperti yang kita ketahui, YouTube adalah situs berbagi video yang menjadi situs terbesar di dunia. Ketika kamu ingin menonton sebuah video, pastinya akan membuka website atau aplikasi YouTube.

Ada berbagai video yang bisa kamu temukan di YouTube, mulai dari video klip, tutorial, film pendek, vlog, hingga acara televisi. Semuanya bisa diakses dengan mudah melalui satu platform saja.

YouTube pertama kali rilis pada 2005 silam di San Mateo, California, Amerika Serikat. Awalnya, YouTube didirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim.

Pada Oktober 2006, YouTube dibeli oleh perusahaan Google Inc. dalam bentuk saham sebesar 1,65 miliar dolar AS. Angka yang fantastis, bukan? Hal itu menjadikan akuisisi terbesar kedua Google.

Kini, YouTube memiliki algoritma untuk menilai apakah sebuah video punya kualitas baik dan direkomendasikan kepada penonton. Selain itu, algoritma YouTube juga mengalami perubahan setiap tahunnya.

Meski begitu, ada faktor penting yang selalu diperhatikan oleh YouTube, yaitu engagement. Jadi, YouTube bakal menilai jumlah penonton yang meninggalkan komentar, like, hingga membagikan video kamu. Selanjutnya, YouTube akan melihat bagaimana engagement-nya.

Kegunaan Fitur YouTube Terbaru

kegunaan fitur youtube

Selain mengunggah dan menonton video, fitur di YouTube juga memiliki fungsi lain. YouTube juga meluncurkan sejumlah fitur baru selama 2022. Pengguna hingga content creator pun cukup terbantu dengan adanya fitur tersebut. Berikut adalah daftarnya:

1. Pinch to Zoom

YouTube mengumumkan sejumlah fitur terbaru beserta perubahan desain di aplikasinya. Fitur tersebut adalah Pinch to Zoom, di mana para pengguna bisa merasakan pengalaman menonton yang berbeda.

Bahkan, fitur ini sudah bisa digunakan di perangkat iOS dan Android. Jadi, kamu hanya perlu mencubit layar untuk memperbesar video saat sedang menonton. Layaknya foto, kamu bisa melihat detail objek di dalam video secara jelas.

Baca Juga :  Cara Membuat GIF Di Twitter Dengan Kamera HP, Sangat Mudah!

2. Precise Seeking

Selanjutnya, YouTube merilis fitur Precise Seeking di platformnya. Lewat fitur tersebut, kamu bisa memutar bagian video yang ingin diputar kembali. Jika ingin menggunakan fitur yang ada di YouTube ini, kamu tinggal menggeser layar HP saja.

Setelah itu, aplikasi bakal menampilkan potongan gambar di setiap bagian video. Jadi, kamu bisa memilihnya sesuai keinginan. Fitur Precise Seeking kini sudah hadir di YouTube Desktop dan Mobile.

3. Mengubah Video Panjang Jadi 60 Detik

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui fitur ini. YouTube juga meluncurkan konten Shorts yang hampir sama dengan TikTok dan Instagram Reels.

Saat kamu mengunggah video berdurasi panjang, maka nantinya akan muncul fitur bertuliskan ‘Create’ dengan isi ‘Edit into a Short’. Jika kamu memilih opsi itu, maka video panjang bisa diubah dengan durasi hingga 60 detik.

4. Mengatur Kecepatan Video

Fitur Speed Video dapat membantu kamu jika sedang menonton video di YouTube. Kamu bisa mengatur kecepatan video sesuai keinginan, apakah videonya terlalu cepat atau lambat.

Pengaturan kecepatan video yang bisa kamu pilih adalah mulai dari 1,25 hingga 1,75 untuk mempercepat video. Sedangkan untuk memperlambat video, kamu bisa memilih 0,25 hingga 0,75.

4 Jenis Aplikasi YouTube dan Fungsinya

Setelah mengetahui fitur YouTube, ada juga beberapa aplikasi lain yang bisa kamu gunakan. Beberapa aplikasi ini masih berada di dalam platform YouTube. Beberapa aplikasi ini masih berada di dalam platform YouTube.

1. YouTube Kids

Anak-anak dapat mengeksplorasi minatnya dalam berbagai konten video yang cocok dengan usianya. Selain itu, konten di YouTube Kids juga aman ditonton oleh anak-anak.

Kamu bisa mengunduh aplikasi YouTube Kids di App Store, Google Play, hingga mengaksesnya di browser. Konten yang tersedia di YouTube Kids adalah video musik hingga edukasi.

2. YouTube Music

Melalui YouTube Music, kamu bisa mendengarkan berbagai lagu. Selain itu, kamu juga bisa menemukan lagu baru di YouTube Music. YouTube Music terdiri dari dua versi, yaitu gratis dan premium.

YouTube Music juga menyediakan koleksi lagu yang lengkap. Kemudian, fitur penelusurannya sangat mudah. YouTube Music juga menyediakan koleksi lagu yang lengkap.

Kemudian, fitur penelusurannya sangat mudah. Jika kamu lupa judul lagunya, maka hanya perlu mengetikkan liriknya saja. Kemudian, YouTube akan mencarinya secara otomatis.

3. YouTube Premium

YouTube Premium merupakan langganan berbayar yang menghadirkan pengalaman menonton video lebih baik. Saat berlangganan YouTube Premium, kamu bisa menikmati video tanpa terganggu iklan.

Apabila ingin menonton video secara offline, kamu tinggal unduh saja. Menariknya, kamu masih tetap bisa menonton video meskipun keluar dari aplikasi YouTube.

Baca Juga :  Hati-Hati Diblokir Oleh Facebook Karena Anda Tidak Mengaktifkan Fungsi Protect

4. YouTube Studio

YouTube Studio merupakan wadah bagi para kreator. Di sini, para kreator bisa membangun channel, berinteraksi dengan penonton, hingga menghasilkan uang dari monetisasi YouTube.

Aplikasi ini bisa digunakan di laptop dan smartphone secara gratis. YouTube Studio juga didukung oleh berbagai fitur terbaru untuk memaksimalkan performa konten.

Keunggulan YouTube

YouTube juga menawarkan berbagai keunggulan lain. Meski ada beberapa aplikasi lain, tetapi YouTube masih menjadi pilihan utama banyak orang. Lalu, apa saja kelebihan YouTube?

1. Mendapatkan Penghasilan dari Google Ads

Saat mendaftarkan akun YouTube ke Google Ads, maka kamu akan mendapatkan penghasilan dari penonton yang mengklik iklan di video. Namun, ada syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Syaratnya, kamu harus memiliki reputasi yang baik dengan YouTube. Kedua, channel kamu memiliki 4.000 jam waktu tontonan selama 12 bulan terakhir. Terakhir, channel YouTube kamu harus memiliki minimal 1.000 subscribers.

2. Menyaksikan Tayangan Video yang Terlewat

Kini, hampir seluruh stasiun televisi di dunia memiliki akun resmi di YouTube. Tujuan stasiun televisi hadir di YouTube adalah mengunggah dokumentasi acara yang sebelumnya sudah tayang di TV.

Tentunya, hal tersebut cukup membantu penonton TV yang ketinggalan informasi. Lalu, stasiun televisi juga terkadang mengunggah kembali tayangan lama untuk mengajak penonton bernostalgia.

3. Banyak Kategori Konten

Siapa pun sekarang bisa mengunggah dan menonton video tanpa batas di YouTube. Sifatnya yang terbuka membuat YouTube menampilkan jenis konten yang bervariasi.

Contohnya, kreator yang mengunggah video kuliner, tips skincare, hingga tutorial. Tak bisa dipungkiri, hal itu membuat YouTube makin diminati oleh masyarakat sampai saat ini.

4. Menangani Konten Berbahaya

YouTube memiliki hak untuk menentukan konten video yang bisa diunggah atau tidak. Dalam hal ini, YouTube memiliki tim untuk memantau video yang dilaporkan pengguna, kemudian menghapusnya.

Video yang dihapus sudah disesuaikan dengan Pedoman Komunitas YouTube. Nantinya, peninjau akan mengevaluasi video yang dilaporkan berdasarkan Kebijakan dan Pedoman Komunitas YouTube.

5. Bisa Transkrip Video

Transkrip menjadi salah satu keunggulan YouTube yang bisa kamu gunakan untuk mencari teks di aplikasi YouTube. Jika ingin transkrip teks video, maka kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Kamu hanya perlu membuka videonya, kemudian klik titik tiga. Nantinya, akan muncul pilihan “Show Transcript”. Setelah itu, kamu bisa mencari transkrip teks sesuai waktunya.

Algoritma YouTube yang Harus Dipelajari

Foto: Unsplash/CardMapr.nl

Bagi kamu yang ingin memaksimalkan video di YouTube, maka harus memperhatikan beberapa hal. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang sudah tersedia di YouTube. Berikut adalah bagian algoritmanya:

1. Search

Fitur pencarian memungkinkan pengguna YouTube untuk menemukan sebuah video. Cara kerja fitur ini adalah memasukkan kata pencarian sesuai video yang kamu cari.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video Cocok Untuk YouTuber Pemula

Lalu, YouTube akan menampilkan beberapa video yang dianggap relevan dengan kata pencarian kamu. Melalui algoritma tersebut, video paling atas adalah konten berkualitas dan berkaitan dengan kata pencarian yang dimaksud.

2. Trending

Fitur yang satu ini merupakan hasil algoritma YouTube, yakni mengumpulkan berbagai video populer. Nantinya, video populer yang masuk Trending akan berbeda di setiap negara.

YouTube sendiri memperbarui video paling populer setiap 15 menit. Hal yang bisa dijadikan acuan algoritma YouTube untuk menilai video trending adalah jumlah penayangan, seberapa cepat video ditonton, usia video dengan waktu diunggah, hingga performanya.

3. Subscription

Fitur Subscription membantu kamu untuk menemukan banyak video dari akun channel YouTube yang disukai. Kamu bisa melihat tombol Subscribe berwarna merah di bagian bawah video.

Apabila sudah mengikuti di channel YouTube tertentu, maka setiap video yang baru diunggah akan muncul di beranda. Hal itu masih menjadi bagian dari algoritma YouTube.

  1. Recommended Videos

Saat masuk ke halaman beranda YouTube, kamu akan melihat berbagai video rekomendasi yang sesuai referensimu. Aktivitas tersebut juga masuk dalam algoritma YouTube. Video yang direkomendasikan berkaitan dengan riwayat pencarian dan channel YouTube yang diikuti.

Selain itu, video rekomendasi juga muncul dari aktivitas pengguna yang menonton video tersebut hingga selesai. Jika menonton sampai selesai, maka tandanya video itu memiliki kualitas baik dan akan direkomendasikan oleh YouTube.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai keunggulan fitur, jenis aplikasi, keunggulan, hingga algoritma YouTube. Jika kamu ingin membuat konten di channel YouTube kamu, maka pahami dulu kegunaan fitur hingga algoritmanya. Kamu bisa menjadi seorang kreator hanya dengan satu platform saja!

Khusus tampilan, YouTube menghadirkan desain ambient mode yang akan menampilkan efek cahaya. Nantinya, efek cahaya tersebut akan senada dengan warna video pada bagian bawah player, termasuk saat aplikasi menggunakan tema Dark Mode.

Pada update fitur tersebut, YouTube meningkatkan kemampuan tema Dark Mode di situs, aplikasi mobile, dan smart TV. Dengan begitu, tema Dark Mode bakal memiliki warna hitam yang lebih menonjol.

YouTube juga menampilkan video berdurasi panjang yang butuh waktu lama untuk ditonton. Pastinya, kamu ingin membagikan video tersebut kepada orang terdekat, tetapi terhalang durasi.

Saat ini, kamu bisa berbagi video dengan durasi tertentu. Misalnya, kamu ingin membagikan video di menit 12:10. Kamu tinggal buka videonya dan klik “Share”. Selanjutnya, ada kotak “Start at” di bagian kiri bawah, kemudian isi menit dan detiknya. Jadi, kamu tinggal salin link dan bagikan saja.

Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai YouTube beserta berita teknologi lainnya di teknobgt.com.

Leave a Comment