7 Fitur Keren di Google Translate, Penerjemah Wajib Tahu

Di era digital saat ini, hampir semua orang memanfaatkan tools Google Translate dalam menerjemahkan. Nggak cuma orang dewasa lho yang sudah akrab dengan tools ini, anak-anak pun kini sudah tau kalau mau menerjemahkan bahasa asing tinggal buka translate di Google.

Sebenarnya Google Translate bukanlah satu-satunya aplikasi penerjemah ke bahasa asing. Masih banyak lagi jenis aplikasi lainnya seperti Microsoft Translator, Reverso, Linguee dan lainnya. Namun, alasan Google translate ini lebih popular salah satunya karena praktis bisa buka di browser tanpa harus install aplikasi.

Apa itu Google Translate?

Aplikasi Google Translate merupakan tools milik Google yang berfungsi untuk alih bahasa dari teks, dokumen, dan website ke bahasa-bahasa dunia yang kamu inginkan.

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah, bisa kamu unduh di ponsel atau bisa juga langsung mengaksesnya di browser melalui http://translate.google.co.id/. 

Terdapat pilihan alih bahasa yang cukup lengkap di dalam tools ini. Bukan hanya bahasa nasional suatu negara, kamu juga bisa menerjemahkan dalam bahasa daerah yang tercantum di layanan Google Translate.

Fitur-Fitur Keren Google Translate

Bagaimana menerjemahkan dengan Google? Perlu kamu ketahui bahwa Google memiliki banyak tawaran cara menerjemahkan bahasa melalui aplikasinya.

Kenali beberapa fitur keren aplikasi ini sehingga kamu bisa lebih mengetahui bagaimana cara menerjemahkan menggunakan fitur-fitur di Google Translate tersebut.

Nah, berikut ini beberapa fitur di Google Translate yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan teks atau dokumen ke bahasa yang kamu inginkan:

1. Menerjemahkan Teks

translate1

Fitur yang pertama adalah menerjemahkan teks. Misalnya kamu menemukan kalimat atau paragraf dalam bahasa tertentu yang ingin kamu terjemahkan ke bahasa lainnya, maka bisa menggunakan fitur ini. Caranya yakni:

  • Buka http://translate.google.co.id/.
  • Klik menu ‘Text’ dan atur bahasa asal dan akhir terjemahan.
  • Lalu ketik atau tempelkan kalimat yang ingin kamu terjemahkan.
  • Secara otomatis hasil terjemahan akan muncul di kotak sebelah kanan.

2. Menerjemahkan Dokumen

Guna mempermudah penggunanya, kamu juga bisa menerjemahkan teks dokumen panjang secara langsung di aplikasi ini. Misalnya kamu memiliki esai tiga sampai empat halaman yang ingin kamu terjemahkan ke bahasa lain, aplikasi ini bisa langsung menerjemahkannya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka http://translate.google.co.id/.
  • Klik menu ‘Document’ dan atur bahasa asal dan akhir terjemahan.
  • Masukkan file dokumen yang ingin kamu terjemahkan, tunggu beberapa saat lalu akan muncul opsi untuk mengunduh hasil terjemahan.
  • Unduh dan lihat hasil teks kamu sudah dalam bahasa yang kamu inginkan.
Baca Juga :  Cara Mengirim Video Lewat Google Drive Hp

3. Terjemahan Website

Kalau misalnya kamu punya blog dan ingin menerjemahkan halaman utama blog kamu tampil dengan bahasa yang kamu inginkan, layanan ini bisa kamu gunakan dengan mudah. Blog kamu akan terlihat, seperti blog luar negeri keren dengan bahasa-bahasa asing yang kamu inginkan.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka http://translate.google.co.id/.
  • Pilih menu ‘website’ lalu masukkan alamat URL blog yang kamu ingin terjemahkan.
  • Klik tanda panah biru dan lihat hasil tampilan blog kamu  sekarang.

4. Google Translate Kamera

Dalam kondisi tertentu terkadang kita harus mendokumentasikan catatan penting melalui foto. Sebuah tulisan panjang yang susah untuk ditulis ulang juga bisa kamu foto. Nah, melalui Google Translate kamera ini, kamu bisa menerjemahkan tulisan yang ada di foto kamu tersebut.

Penting kamu perhatikan, kualitas terjemahan Google Translate dalam hal ini tergantung pada kejelasan tulisan dalam foto yang kamu buat. Cara ini juga hanya berlaku pada aplikasi yang kamu gunakan di ponsel. Kamera ponsel secara otomatis bisa kamu pakai di sini.

Caranya mudah saja, kamu tinggal ketik ‘Google Translate’ di browser lalu akan muncul menu terjemahan yang di bagian kirinya terdapat tombol kamera. Klik tombol tersebut dan kamu bisa langsung memotret teks yang ingin kamu terjemahkan.

5. Menyimpan History Terjemahan

Mungkin saja hasil terjemahan kamu hilang atau terhapus, nah Google sudah menyiapkan history terjemahan tersebut di aplikasinya.

Pada bagian bawah halaman Google Translate, kamu bisa klik menu ‘history’. Selama kamu belum membersihkan riwayat terjemahan tersebut maka akan tertata rapi di sana dan bisa kamu unduh kembali.

6. Dengarkan Cara Membaca yang Benar

Tidak hanya Google Translate foto yang cukup bisa kamu manfaatkan dari aplikasi ini, di tools ini kamu juga bisa belajar cara pengucapan yang benar setiap kata, kalimat atau teks dokumen yang kamu terjemahkan.

Fitur ini tentu saja sangat membantu kamu yang sedang belajar bahasa asing. Bagaimana pengucapannya yang benar, Google akan membantu kamu.

Caranya cukup kamu klik ikon mikrofon yang ada di bagian bawah kotak. Kamu bisa mendengarkan pengucapan dari bahasa awal dan bahasa terjemahannya.

7. Google Translate Baru

New Google Translate terlihat lebih sempurna. Hampir mirip dengan kamus. Tidak hanya hasil terjemahan yang muncul di aplikasi ini, tetapi kamu juga bisa melihat bentuk-bentuk persamaan kata lainnya lengkap dengan penjelasannya.

Baca Juga :  Cara Melihat Jawaban Teman di Google Classroom

Hal ini akan lebih membantu kamu dalam memahami hasil terjemahan. Tentunya tidak hanya berdasarkan pada alat ini saja, tetapi kamu juga perlu memahami kaidah bahasa hasil terjemahan yang kamu buat.

Keunggulan dan Kelemahan Google Translate

Berdasarkan pada ulasan di atas, maka kamu tentunya menjadi tau apa saja keunggulan dari aplikasi ini. Walaupun banyak kelebihannya, Google Translate yang merupakan alat penerjemah tetap saja memiliki kelemahan.

Hasil translate Google tentu saja tetap beda kualitasnya dengan kamu yang memang belajar bahasa dengan mahir.

Keunggulan

Setelah kamu mencoba dan menggunakan tools Google Translate, kamu akan mengetahui beberapa catatan keunggulan aplikasi ini, yakni:

  • Mudah Digunakan. Cukup kamu buka di browser, masukkan teks dan hasil terjemahannya langsung keluar. Cepat, praktis dan mudah penggunaannya oleh siapa saja.
  • Pilihan Bahasa Lebih Banyak. Bukan cuma bahasa Inggris atau bahasa-bahasa terkenal di dunia, Google Translate juga memuat hampir semua bahasa asing dunia. Google translate English to Tagalog Filipina misalnya, translate to Bangla, atau bahkan bahasa-bahasa daerah di Indonesia seperti Jawa dan lainnya juga tersedia.
  • Opsi Fitur Lebih Lengkap. Google Translate menawarkan fitur penggunaan yang lebih lengkap. Nggak perlu install banyak aplikasi, cukup dengan satu tools ini saja sudah cukup membantu berbagai kebutuhan kamu dalam menerjemahkan. Lebih mudah, praktis, dan pastinya nggak perlu menghabiskan kuota memori ponsel untuk install aplikasi ini dan itu. Semuanya sudah terangkum di Google Translate.
  • Gratis. Keuntungan gratisan ini tentunya yang paling jadi alasan orang memilih Google Translate. Layanan full fitur, nggak perlu install, mudah penggunaannya dan tetap gratis. Kamu bisa menikmati Google Translate ini gratis 24 jam. Manfaatkan untuk berbagai kebutuhan berbahasa, menerjemahkan, dan kebutuhan komunikasi secara tertulis. Aplikasi ini juga sekaligus bisa membantu kamu mengasah kemampuan berbicara dalam bahasa asing dengan pengucapan yang tepat.

Kelemahan

Walaupun memiliki banyak keunggulan, tetap saja hasil kerja mesin ini memiliki kelemahan. Translate to English atau bahasa lainnya yang kamu lakukan di Google tetap perlu kamu koreksi ulang hasilnya.

Terutama jika yang kamu terjemahkan adalah teks-teks istilah dari bidang ilmu tertentu atau bukan bahasa yang umum. Perhatikan hasil terjemahan katanya, susunan kalimatnya, dan makna utuh dari hasil terjemahannya tersebut.

Kelemahan dari kerja mesin ini tentu saja bisa terlihat pada kondisi penerjemahan tertentu yang memunculkan makna dan kata-kata yang aneh. Jika kamu mengetahui kaidah bahasa terjemahannya, tentu saja kamu akan tahu kelemahan ini.

Oleh karena itu, jangan menggunakan hasil terjemahan mutlak dari Google Translate. Kamu perlu melakukan validasi hasil akhir dari terjemahan tersebut.

Tips Supaya Hasil Google Translate Bagus

tips supaya hasil rapi

Bagaimana caranya supaya hasil terjemahan menggunakan Google Translate ini tetap bagus? Ya, yang namanya alat hanya sebagai cara untuk membantu kerja kamu lebih mudah bukan? Bukan berarti kamu menyerahkan seutuhnya hasil terjemahan pada alat tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Token di Google Form

Hasil terjemahan Google text to speech mungkin tak ada masalah, tetapi hasil terjemahan teks perlu kamu cek ulang hasilnya.

Jika kamu ingin hasil terjemahan menggunakan Google Translate lebih bagus hasilnya, perhatikan beberapa tips berikut:

1. Memahami Kaidah Bahasa Terjemahan

Walaupun kamu sudah menggunakan aplikasi, jika ingin hasil terjemahannya bagus maka kamu tetap harus tahu kaidah susunan kalimat dari bahasa terkait yang kamu ingin terjemahkan.

Cara ini untuk membantu kamu dalam memeriksa hasil terjemahan. Kalau kamu paham kaidah bahasanya, maka kamu akan tahu mana hasil terjemahan yang salah. Bisa kamu cek dan langsung perbaiki.

2. Cek Ulang Hasil Terjemahan

Sekali lagi agar hasil terjemahan di Google Translate lebih sempurna, kamu perlu mengecek ulang hasil terjemahannya. Perhatikan perkata, susunan kalimat dan kaidah-kaidah lain yang tidak sesuai.

Pengecekan ini penting untuk mengetahui bagian mana saja yang tidak tepat dan perlu kamu perbaiki. Oleh karena itulah kamu butuh ilmu kaidah bahasa terkait untuk melakukan pengecekan.

3. Bandingkan dengan Aplikasi Lain

Langkah terakhir kamu bisa membandingkan hasil terjemahan dari Google Translate dengan aplikasi lainnya. Kamu bisa lihat mana hasil terjemahan yang lebih bagus dan tepat. Jangan lupa pastikan juga kamu memegang kamus bahasa untuk memastikan kaidah kebenaran artinya.

Kesimpulan

Aplikasi Google Translate menjadi salah satu aplikasi terjemahan yang cukup recommended dengan catatan sebagai berikut:

  • Pada terjemahan teks-teks pendek atau panjang yang bersifat umum, hasil terjemahannya cukup baik.
  • Jangan menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan naskah-naskah bahasa dengan disiplin ilmu khusus. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan kamu paham teori dasar materinya dan kaidah bahasa yang kamu gunakan.
  • Tools ini hanya bersifat membantu, mempermudah, dan memberikan alternative kerja yang lebih ringan, tetapi bukan berarti kamu menyerahkannya seratus persen pada mesin. Tetaplah berusaha menerjemahkan secara manual.

Kenali lebih detail setiap fitur yang ada di Google Translate sehingga kamu bisa lebih mendapatkan manfaatnya.

Di Google Translate baru misalnya, ada hal-hal yang bisa lebih mempermudah kamu dengan beberapa tambahan fiturnya. Pelajari dan manfaatkan fitur-fitur tersebut. Informasi lainnya seputar tools dan aplikasi keren bisa kamu simak di teknobgt.com.

Saat ini Google Translate jadi solusi komunikasi berbahasa tulis bagi siapa saja. Mau ngomong bahasa apa aja secara tertulis jadi lebih mudah. Kamu bisa tampil seolah-olah pintar berbahasa asing cukup dengan aplikasi penerjemah Google tersebut.

Leave a Comment